PENGARUH APLIKASI SENAM E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK DASAR SENAM LANTAI GERAKAN ROLL DEPAN PADA SISWA DI SMAN 1 SURADE
Abstract
Media pendidikan berbasis aplikasi android ialah sesuatu yang baru dalam dunia pembelajaran, media pendidikan ini umumnya telah berupa suatu aplikasi pembelajaran maupun aplikasi yang muat modul serta bahan belajar. Aplikasi senam e-learning adalah aplikasi senam yang dapat di unduh di playstore, untuk membantu, dan mempermudah dalam proses pembelajaran karena gerakannya mudah di pahami dan di mengerti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 36 siswa kelas 11 SMAN 1 Surade. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil uji - t pretest dan posttest teknik dasar roll depan dengan nilai T - hitung 6.620 dan T - tabel 2.030 dengan nilai p = 0,000 . Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai t - hitung > t - tabel dan probabilitas signifikasi kurang dari 0.05 . Maka berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat di simpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, hipotesis yang menyatakan "Ada pengaruh yang signifikan aplikasi senam e-learning untuk meningkatkan teknik dasar roll depan pada siswa SMAN 1 Surade ", dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut metode aplikasi senam e-learning memiliki pengaruh terhadap teknik dasar roll depan. Metode aplikasi senam e-learning mempengaruhi signifikan dalam riset ini persentase kenaikan membuktikan perihal yang positif ialah sebesar 25%.
References
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.
Fitron, M., & Mu’arifin, M. (2022). Survei Tingkat Persepsi Siswa Terhadap Konsep Pendidikan Jasmani Di Sekolah Menengah Atas. Sport Science and Health, 2(5), 264–271. https://doi.org/10.17977/um062v2i52020p264-271
Gustiawati, R., Fahrudin, F., Kurniawan, F., & Indah, E. P. (2019). Pengembangan Pendekatan Evaluasi the Most Significant Change Technique Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2), 125–129. https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7624
Hasanudin, Hasmyati, Syahruddin, & Juhanis. (2019). Pengembangan media belajar guling depan pada Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMP. 174–177.
Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. PT Refika Aditama.
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(2), 8–12. https://doi.org/10.33627/re.v3i2.417
Manalu, D. L., Dwiyogo, W. D., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Latihan Kekuatan Pada Matakuliah Spesialisasi Kondisi Fisik Dasar Untuk Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan. Sport Science and Health, 2(1), 49–57.
Mukhid. (2020). Metodologi Penelitian.
Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Implementasi Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (Alfabeta).
Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113-121. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113–121.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. ALVABETA.
Suryani. (2019). Metodologi penelitian. In Model Prakatis Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.
Syafei, M. M., Abduloh, & Hidayat, T. (2019). Survey Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Senam Kelas Ix Smp 2 Klari. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 7(1), 86–98.
Titting, Fellyson, Hidayah, Taufik, Pramono, & Harry. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Android Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma. Journal of Physical Education and Sports, 5(2), 120–126. https://doi.org/10.15640/jpesm
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.