PENGARUH APLIKASI SENAM E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK DASAR SENAM LANTAI GERAKAN ROLL DEPAN PADA SISWA DI SMAN 1 SURADE

  • Fresa Dera Ramdani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Mury Syafei Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Fahrudin Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi, Senam, E-learning

Abstract

Media pendidikan berbasis aplikasi android ialah sesuatu yang baru dalam dunia pembelajaran, media pendidikan ini umumnya telah berupa suatu aplikasi pembelajaran maupun aplikasi yang muat modul serta bahan belajar. Aplikasi senam e-learning adalah aplikasi senam yang dapat di unduh di playstore, untuk membantu, dan mempermudah dalam proses pembelajaran karena gerakannya mudah di pahami dan di mengerti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 36 siswa kelas 11 SMAN 1 Surade. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil uji - t pretest dan posttest teknik dasar roll depan dengan nilai T - hitung 6.620 dan T - tabel 2.030 dengan nilai p = 0,000 . Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai t - hitung > t - tabel dan probabilitas signifikasi kurang dari 0.05 . Maka berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat di simpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, hipotesis yang menyatakan "Ada pengaruh yang signifikan aplikasi senam e-learning untuk meningkatkan teknik dasar roll depan pada siswa SMAN 1 Surade ", dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut metode aplikasi senam e-learning memiliki pengaruh terhadap teknik dasar roll depan. Metode aplikasi senam e-learning mempengaruhi signifikan dalam riset ini persentase kenaikan membuktikan perihal yang positif ialah sebesar 25%.

References

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Fitron, M., & Mu’arifin, M. (2022). Survei Tingkat Persepsi Siswa Terhadap Konsep Pendidikan Jasmani Di Sekolah Menengah Atas. Sport Science and Health, 2(5), 264–271. https://doi.org/10.17977/um062v2i52020p264-271

Gustiawati, R., Fahrudin, F., Kurniawan, F., & Indah, E. P. (2019). Pengembangan Pendekatan Evaluasi the Most Significant Change Technique Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2), 125–129. https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7624

Hasanudin, Hasmyati, Syahruddin, & Juhanis. (2019). Pengembangan media belajar guling depan pada Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMP. 174–177.

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. PT Refika Aditama.

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(2), 8–12. https://doi.org/10.33627/re.v3i2.417

Manalu, D. L., Dwiyogo, W. D., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Latihan Kekuatan Pada Matakuliah Spesialisasi Kondisi Fisik Dasar Untuk Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan. Sport Science and Health, 2(1), 49–57.

Mukhid. (2020). Metodologi Penelitian.

Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Implementasi Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (Alfabeta).

Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113-121. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113–121.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. ALVABETA.

Suryani. (2019). Metodologi penelitian. In Model Prakatis Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.

Syafei, M. M., Abduloh, & Hidayat, T. (2019). Survey Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Senam Kelas Ix Smp 2 Klari. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 7(1), 86–98.

Titting, Fellyson, Hidayah, Taufik, Pramono, & Harry. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Android Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma. Journal of Physical Education and Sports, 5(2), 120–126. https://doi.org/10.15640/jpesm

Published
2022-11-18
How to Cite
Fresa Dera Ramdani, Muhammad Mury Syafei, & Fahrudin. (2022). PENGARUH APLIKASI SENAM E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK DASAR SENAM LANTAI GERAKAN ROLL DEPAN PADA SISWA DI SMAN 1 SURADE. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(2), 133-137. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2138