Pengembangan Buku Ajar Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Olahraga Permainan Kecil

  • Ade Kurniawan Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hayudi Hayudi Universitas Muhammadiyah Sorong

Abstract

Masalah yang ditemui peneliti adalah kurang aktifnya mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan pada mata kuliah startegi pembelajaran penjas, hal itu disebabkan kurangnya sumber belajar yang digunakan di kelas dan belum adanya buku ajarĀ  yang sesuai dengan materi perkuliahan. Dalam hal ini peneliti bertujuan ingin mengembangkan buku ajar strategi pembelajaran Pendidikan jasmnai yang sesuai dengan peserta didik, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran pendidikan jasmani, penelitian ini membahas tentang pengembangan buku ajar strategi pembelajaran penjas melalui olahraga permainan kecil. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode pengembangan (R&D). Pengembangan buku ajar menggunakan model 4D dari Thiagarajan (1947) yang model pengembangan ini terdiri atas empat tahap pengembangan yaitu define, design, develop, dan dessiminate atau diadaptasi menjadi model 4-P, yaitu Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap kualitas belajar mahasiswa dan praktek mengajar yang dilakukan mahasiswa saat turun ke sekolah. Buku ajar tersebut dirancang dan dikembangkan melalui olahraga permainan kecil, buku ajar ini telah melalui tahap validasi dari beberapa ahli yang telah ditentukan dan telah dilakukan uji coba terbatas. Hasil dari penelitian menunjukkan pengembangan buku ajar strategi pembelajaran Pendidikan jasmani melalui olahraga permianan kecilĀ  yang meliputi tahap defenisi dengan hasil dalam bentuk pemetaan pembelajaran dan kebutuhan mahaisswa.

Published
2018-11-06
How to Cite
KurniawanA., & HayudiH. (2018). Pengembangan Buku Ajar Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Olahraga Permainan Kecil. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 3(2), 178-187. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/210