Pengembangan Buku Ajar Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Olahraga Permainan Kecil
Abstract
Masalah yang ditemui peneliti adalah kurang aktifnya mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan pada mata kuliah startegi pembelajaran penjas, hal itu disebabkan kurangnya sumber belajar yang digunakan di kelas dan belum adanya buku ajarĀ yang sesuai dengan materi perkuliahan. Dalam hal ini peneliti bertujuan ingin mengembangkan buku ajar strategi pembelajaran Pendidikan jasmnai yang sesuai dengan peserta didik, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran pendidikan jasmani, penelitian ini membahas tentang pengembangan buku ajar strategi pembelajaran penjas melalui olahraga permainan kecil. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode pengembangan (R&D). Pengembangan buku ajar menggunakan model 4D dari Thiagarajan (1947) yang model pengembangan ini terdiri atas empat tahap pengembangan yaitu define, design, develop, dan dessiminate atau diadaptasi menjadi model 4-P, yaitu Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap kualitas belajar mahasiswa dan praktek mengajar yang dilakukan mahasiswa saat turun ke sekolah. Buku ajar tersebut dirancang dan dikembangkan melalui olahraga permainan kecil, buku ajar ini telah melalui tahap validasi dari beberapa ahli yang telah ditentukan dan telah dilakukan uji coba terbatas. Hasil dari penelitian menunjukkan pengembangan buku ajar strategi pembelajaran Pendidikan jasmani melalui olahraga permianan kecilĀ yang meliputi tahap defenisi dengan hasil dalam bentuk pemetaan pembelajaran dan kebutuhan mahaisswa.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.