MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA VIDEO MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DRIBLING SEPAKBOLA

  • Yasir Hidayat Universitas Pendidikan Ganesha
  • , I Nyoman Kanca Universitas Pendidikan Ganehsa
  • I Ketut Semarayasa Universitas Pendidikan Ganehsa
Keywords: Model Pembelajaran, Media Video, Sepakbola

Abstract

Permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana bentuk proses pendidikan kooperatif yang memakai media video untuk meningkatkan motivasi dari nilai dribbling sepakbola pada peserta didik. Tujuan dari pengolahan untuk mengetahui kegiatan pelajaran NHT pada siswa. hasil tersebut memakai metode eksperimen, popopulasi kelas XI SMA Negeri 1 Sapeken, Sebanyak 100 orang, tehnik pengambilan sampel dengan simpel random sampling, yang dihasilkan XI MIA I dengan jumlah 25 sebagai kelompok kontrol dan eksperimen XI MIA 2 dengan jumlah 25. Hasil analisa menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windos bahwa nilai regu eksperimen, 91,96 dan kontrol 58,36. hal ini menunjukkan 91,96>58,36 signifikan pada tes teori yang didapatkan melalui uji-t 0.00 p<0,05 sehingga dirangkum pada metode pelajaran kooperatif NHT supaya dapat menghasilkan hasil belajar dribbling sepakbola secara signifikan.

References

Alkindi, M. I., Dwi Pradipta, G., & Zhannisa, U. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Teaching Games for Understanding (TGfU) terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli pada Siswa Kelas XI di SMA N 2 Slawi. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.53869/jpdm.v1i1.135.

Bile, R. L., Tapo, Y. B. O., & Desi, A. K. (2021). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Tradisional sebagai Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Penjakora, 8(1), 71. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30752.

Hasanah, N. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran PJOK secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 189–196. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295

Indrayogi, I., & Rudi, R. (2020). Pengaruh Latihan Soccer Like Games Terhadap Peningkatan Keterampilan Passing dalam Permainan Sepakbola. Journal Respecs, 2(2),73https://doi.org/10.31949/jr.v2i2.2253.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262.

Jumadi, F., Laksana, A. A. N. P., & Prananta, I. G. N. A. C. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK pada Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Melalui Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Rekreasi, 7(2), 423–440.https://doi.org/10.5281/zenodo.5027642.

Kanca, I Nyoman. (2010a). Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha

Karim, B. A. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Education and Learning Journal, 1(2), 102. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.54.

Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media ELearning pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65.

Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1343.

Pradana,A.A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Premiere : Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–93. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.128.

Riadin, A., & Jailani, M. (2019). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi dengan Menerapkan Model Cooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dan Tipe IOC (Inside Outside Circle) Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 60–70. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1042.

Wijaya, M. A. (2015). Developing Fundamental Movement Based Cooperative Learning Model in Primary School. Vol. 2. No. 1. ISSN 2335-8407. Tersedia pada http://pps.unj.ac.id/journal/ijer.

Winnarty, S. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together dan Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Jurnal Pendidikan Dan Budaya, 5(9). https://doi.org/10.0503/wp.v5i9.119.

Yulanda, M. T., & Desyandri, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai,4(3).https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.747.

Published
2022-05-28
How to Cite
Yasir Hidayat, , I Nyoman Kanca, & I Ketut Semarayasa. (2022). MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA VIDEO MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DRIBLING SEPAKBOLA . Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(1), 38-44. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i1.1890