MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA VIDEO MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DRIBLING SEPAKBOLA
Abstract
Permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana bentuk proses pendidikan kooperatif yang memakai media video untuk meningkatkan motivasi dari nilai dribbling sepakbola pada peserta didik. Tujuan dari pengolahan untuk mengetahui kegiatan pelajaran NHT pada siswa. hasil tersebut memakai metode eksperimen, popopulasi kelas XI SMA Negeri 1 Sapeken, Sebanyak 100 orang, tehnik pengambilan sampel dengan simpel random sampling, yang dihasilkan XI MIA I dengan jumlah 25 sebagai kelompok kontrol dan eksperimen XI MIA 2 dengan jumlah 25. Hasil analisa menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windos bahwa nilai regu eksperimen, 91,96 dan kontrol 58,36. hal ini menunjukkan 91,96>58,36 signifikan pada tes teori yang didapatkan melalui uji-t 0.00 p<0,05 sehingga dirangkum pada metode pelajaran kooperatif NHT supaya dapat menghasilkan hasil belajar dribbling sepakbola secara signifikan.
References
Alkindi, M. I., Dwi Pradipta, G., & Zhannisa, U. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Teaching Games for Understanding (TGfU) terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli pada Siswa Kelas XI di SMA N 2 Slawi. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.53869/jpdm.v1i1.135.
Bile, R. L., Tapo, Y. B. O., & Desi, A. K. (2021). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Tradisional sebagai Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Penjakora, 8(1), 71. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30752.
Hasanah, N. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran PJOK secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 189–196. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295
Indrayogi, I., & Rudi, R. (2020). Pengaruh Latihan Soccer Like Games Terhadap Peningkatan Keterampilan Passing dalam Permainan Sepakbola. Journal Respecs, 2(2),73https://doi.org/10.31949/jr.v2i2.2253.
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262.
Jumadi, F., Laksana, A. A. N. P., & Prananta, I. G. N. A. C. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK pada Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Melalui Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Rekreasi, 7(2), 423–440.https://doi.org/10.5281/zenodo.5027642.
Kanca, I Nyoman. (2010a). Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha
Karim, B. A. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Education and Learning Journal, 1(2), 102. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.54.
Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media ELearning pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65.
Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1343.
Pradana,A.A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Premiere : Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–93. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.128.
Riadin, A., & Jailani, M. (2019). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi dengan Menerapkan Model Cooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dan Tipe IOC (Inside Outside Circle) Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 60–70. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1042.
Wijaya, M. A. (2015). Developing Fundamental Movement Based Cooperative Learning Model in Primary School. Vol. 2. No. 1. ISSN 2335-8407. Tersedia pada http://pps.unj.ac.id/journal/ijer.
Winnarty, S. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together dan Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Jurnal Pendidikan Dan Budaya, 5(9). https://doi.org/10.0503/wp.v5i9.119.
Yulanda, M. T., & Desyandri, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai,4(3).https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.747.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.