MINAT MAHASISWA PJKR DALAM BELAJAR MATAKULIAH ATLETIK PADA MASA PANDEMI COVID_19
Abstract
Pembelajaran daring adalah sebuah media pembelajaran yang menggunakan dan memanfaatkan teknologi, yang digunakan untuk interaksi dalam proses pembelajaran. Pembelajaran daring dapat membantu memutus rantai penyebaran Covid-19, sekolah dianggap menjadi sebuah tempat penyebaran Covid_19, oleh karena itu sekolah harus ketat dalammenerapkan prokes. Hasil dari kesimpulan penelitian dalam pelaksanaan pembelajaran mata kuliah atletik yang dilaksanakan menggunakan sistem perkuliahan daring di masa pandemik Covid_19 pada_mahasiswa Program studi PJKR dengan hasil rata-rata berada pada katagori sangat tinggi, dengan ketertarikan mengikuti perkuliahan atletik. Dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan daring dosen harus pintar dalam memotivasi dan menyediakan metode dan media yang menarik dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Kegiatan praktik Atletik dilaksanakan pada masa pandemi Covid_19 mengunakan sistem daring mahasiswa memperlihatkan dari dirinya perasaan yang membahagiakan, karena dapat memberikan keterlibatan secara aktif, perhatian dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini terdapat kekurangan diharapkan kedepannya penelitian selanjutnya dapat memberikan manfaat yang lebih baik dalam penelitian kedepannya. Jenis Metode penelitian dalam penelitian ini adalah mengunakan deskriptif kuantitatif. Mahasiswa yang mengikuti kelas atletik yang berjumlah 42 mahasiswa sekaligus sebagai populasi. Hasil dari kesimpulan penelitian dalam pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan 4 indikator pada mata kuliah atletik yang dilaksanakan menggunakan sistem daring di masa pandemic covid-19 yang dilaksanakan pada mahasiswa Program studi PJKR dengan hasil rata-rata berada pada katagori sangat tinggi dengan jumlah mahasiswa 22 sebanyak 69,25%, dengan ketertarikan mengikuti perkuliahan atletik, dengan kategori Tinggi dengan rata-rata sebanyak 7 mahasiswa dengan persentase 23,43%, untuk karegori Sedang sebanyak 2 mahasiswa dengan persentase 6,4% sedangkan tidak ada mahasiswa pada kategori rendah dan sangat rendah.
References
Agustina, T., & Sanjaya, F. (2016). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pokok Bahasan Transformasi Ditinjau dari Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Toi di SMK N 2 Depok. Journal Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/11799/1/3424_Efektivitas+Penerapan+Model+Pembelajaran.pdf
Aminah, S., Radita, N., & Widodo, S. (2021). Eksperimentasi Pembelajaran Daring Dengan Video Conference Pada Program Studi Teknik Informatika di Masa Pandemi. Teknika, 10(1), 37–42. https://doi.org/10.34148/teknika.v10i1.323
Basri, M. H., & Firdaus, N. W. R. (2020). LATIHAN SPEED, AGILITY AND QUICKNESS(SAQ) UNTUK MENINGKATKAN KELINCAHAN PADA ATLET FUTSAL PUSLATCAB TAHUN 2020. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga, 5(2), 62–65.
Hasanah, N. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 189–196. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295
Irwanto, E., & Farhanto, G. (2021). Anxiety Pembelajaran Daring di Era Covid-19 : pada Matakuliah Praktikum. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 264–269.
Lekalaet, A. ., Souisa, M., & Anaktototy, J. (2021). Realitas Penilaian Psikomotor Dalam Pembelajaran PJOK Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas X-Mia SMAN 8 Ambon. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga, 6(2), 233–242.
Lutfianto, I., & Herpandika, R. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android dalam Pembelajaran Renang untuk Siswa Kelas X SMA Negeri di Tulungagung. Jurnal Pendidikan …, 7(2), 392–411.
Mubaligin, H., Candra, A. T., & Rahmat, L. I. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Metode Bermain Lompat Dan Loncat Lingkaran Berjenjang Kelas VII MTs Negeri 11 Banyuwangi. Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olahraga (KEJAORA), 3(1), 162–171.
Nopiyanto, Y. E. (2021). Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Filsafat Olahraga Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(3), 177–181.
Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa penjas pada mata kuliah filsafat penjas dan olahraga. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(2), 61. https://doi.org/10.31258/jope.2.2.61-69
Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 71–76.
Putra, H. D. (2011). Pembelajaran Geometri dengn Pendekatan SAVI Berbantuan Wingeom untuk Meningkatkan Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 1–11.
Rini, Y. S. (2019). Pendidikan: Hakekat, Tujuan, Dan Proses.
Widiutama, P. A., Adi, I. P. P., & Semarayasa, I. K. (2021). Motivasi Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 71. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.35433
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.