PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SMP CITRA MULIA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar teknik passing dalam permainan sepakbola melalui media audiovisual Pada Siswa SMP Citra Mulia Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan pada siklus I, dan 3 kali pertemuan di siklus II yang dirancang melalui empat tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Citra Mulia sebanyak 25 orang. Pengambilan data menggunakan instrumen tes psikomotor, afektif dan kognitif dalam RPP. Indikator Keberhasilan pembelajaran mencapai 80 %-100% ketuntasan secara Klasikal. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar passing dalam permainan sepakbola melalui media audiovisual dengan ketuntasan pada siklus I adalah 19 orang dengan persentase 76 % dan terjadi peningkatan ketuntasan pada siklus II adalah 25 orang dengan persentase 100 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar passing dalam permainan sepakbola pada siswa SMP Citra Mulia Makassar.
References
Amin, A. A. (2020). Efektivita Belajar Menendang Bola Pada Permainan Sepakbola Melalui Modifikasi Alat Bantu Bola Plastik Pada Siswa Kelas VII.A SMP Hang Tuah Makassar. Eprints Universitas Negeri Makassar, 1(1), 1–9. http://eprints.unm.ac.id/18804/
Ardyanto, S. (2018). Peningkatan Teknik Servis Pendek Pada Bulutangkis Melalui Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Penjas, 4(3), 21–32. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/723
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1), 78–92. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Cakrawijaya, M. H., & Suhardianto. (2019). Metode Latihan Bervariasi Dapat Meningkatkan Kemampuan Dribling Sepakbola Siswa Smp Negeri 2 Borong Sinjai. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 7, 11–18. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/index
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Hamdani, R., Santoso, N. P. B., & Karisma, S. Y. (2021). Pengaruh latihan pass go dan drill passing terhadap tingkat akurasi passing dalam sepakbola pada anak usia 8-10 tahun ssb satria 11 jatipuro karanganyar tahun 2021. Jurnal Ilmiah Spirit, 21(2), 77–86.
Haris, F., Mukhtarsyaf, F., & Liza. (2018). Pengembangan Model Belajar Motorik Berbasismedia Auto Visual Bagi Siswa Sdn Di Kecamatan Kuranji Padang. Jurnal Stamina, 1(1), 359–369. http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/113
Kadek, H. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil belajar Sepakbola Dalam Pembelajaran Penjas Siswa Negeri 8 Gowa. Sustainability (Switzerland), 4(1), 1–9. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/22
Kurniawan, R., Agung, A. . G., & Tegeh, I. M. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Dasar Sepak Bola Dengan Konsep Quantum Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 5(2), 179–188. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20374
Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1), 8–16. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanolahraga/article/view/950
Pahliwandari, R. (2016). Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(2), 154–164. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/article/view/383
Prasetyo, M. S., & Setiabudi, M. A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam Pada Pembelajaran Sepakbola Dengan Audiovisual. Jurnal Kejaora, 2(2), 29–43.
Ramadan, G. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(1), 1. https://doi.org/10.33222/juara.v2i1.27
Septiadi, W., Sungkawa, M. G. G., & Taufik, M. S. (2019). Peningkatan keterampilan shooting kaki bagian dalam melalui audio-visual. Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 09(1), 1–7.
Simbolon, M. E. M., Lestari, N., Monica, Armanto, T., & Alfarras, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Audio Visual saat Pandemi Covid-19 di Bangka Belitung. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 1–8.
Suhardianto. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Servis Backhand Dalam Permainan Bulu Tangkis Melaui Metode Inquiry Pada Siswa Smp Negeri 4 Ponrang Kabupaten Luwu. Indonesian Journal of Physical Activity, 1(1), 1–13. https://www.ijophya.org/index.php/ijophya/article/view/4
Sukadi. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Penjaskes Dalam Sepak Bola Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Karangjati Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Merdeka Mengajar, 2(2), 43–49. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JMM/article/view/771
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.