SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENJASKES DI SMP SE-KECAMATAN LALAN, MUSI BANYUASIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan kesehatan di SMP se-Kecamatan Lalan. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian jenis survei. Penelitian ini juga menggunakan desain deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 11 sekolah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 5 sekolah diantaranya, SMP Negeri 1 Lalan, SMP Negeri 2 Lalan, SMP Negeri 3 lalan, SMP Negeri 4 Lalan, SMP Tri Budi Mulia. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi sebagai alat pengambilan data untuk mencatat hasil dari survei. Dari hasil perhitungan kondisi sarana dan prasarana ketiga cabang olahraga yaitu Atletik, Permainan dan Aktivitas Ritmik menunjukkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan pada SMP Negeri 1 Lalan sebesar 32,36% dalam kategori kurang memadai, SMP Negeri 2 Lalan sebesar 29,52% dalam kategori kurang memadai, SMP Negeri 3 Lalan sebesar 41% dalam kategori cukup memadai, dan SMP Tri Budi Mulia sebesar 12,6% dalam kategori sangat kurang memadai. Sedangkan rerata hasil perhitungan keseluruhan sarana dan prasarana penjaskes di SMP se-Kecamatan Lalan sebesar 28,71% atau dalam kategori kurang memadai.
References
Al Asad, H, et.al. (2020). Survei Sarana dan Prasarana Olahraga di SMP Negeri Sekecamatan Prabumulih Timur. Jurnal Muara Olahraga, 3 (1): 11-20. (Ejournal.Stkip-Mmb.Ac.Id/Index.Php/Pjkr 11, 2020)
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian Suatu Pedekatan Praktek. Jakarta: Rhineka Cipta.
Arham. S. (2019). Celebes Education Review. Celebes Education Review, 1(April), 53–58.
Barnawi & Arifin. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Iyakrus, I. (2019). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan,7(2). https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8110
Khikmah, A & Winarno M. E. (2017). “Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di Madrasah Tsanawiyah (MTs) se-Kecamatan Klojon Kota Malang pada Semester Ganjil Tahun 2017”. Indonesia Journal of Sports and Physical Education, 1 (1): 12-19.
Kristiyandaru, A. 2010. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Natal, Y. R., & Bate, N. (2020). Manajemen Pengelolaan Sarana dan Prasarana PJOK. Jurnal Altius: Jurnal Olahraga dan Kesehatan, 9(2), 70–82.
Pratiwi, E. (2020). Buku Ajar Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bening Media Publishing: Palembang.
Pratomo, A. T. (2012). Survei Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kota Purbalingga Tahun 2012. Skripsi. Semarang: UNNES
Putra, M. A. A., & Khory, F. D. (2021). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Di Sma/Smk Negeri Se-Kota Mojokerto. 3–7.
Rahayu, E. T. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Soepartono. (2000). Sarana dan Prasarana pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Cabang. DepartemenPendidikan dan Kebudayaan.
Soleh, A. A. (2014). Survei Sarana dan Prasarana Penjasorkes di SLTP Negeri se-Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2012-2013. Journal of Physical Education, Sport, Health and recreations, 3(10): 133-139
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.