PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN FOREHAND DROPSHOT BULUTANGKIS PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMPN 2 TRAWAS MOJOKERTO

  • RATNO SUSANTO IKIP Budi Utomo Malang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model model latihan pukulan dropshot bulutangkis.Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan model latihan pukulan forehand dropshot bulutangkis bagi siswa ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Trawas dapat digunakan. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan Brog and Gall(1988) dalam terjemahaan prof. sugiyanto. Bahwa model latihan forehand dropshot bulutangkis sangatlah penting dikembangkan setelah dilakukan observasi dan dilakukan pengujian melalui analisis dari penilaian ahli , dan uji coba lapangan dengan kelompok kecil dan kelompok besar dalam situasi sebenarnya.

Berdasarkan oberservasi dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar kepada siswa adalah: data hasil evaluasi yang diperoleh presentase keseluruhan pada uji coba kelompok kecil yaitu 78,7% data tersebut memenuhi kriteria baik dari presentase keseluruhan ujicoba kelompok besar adalah 80% data tersebut memenuhi kriteria baik. Berdasarkan keseluruhan hasil analisis data yang diperoleh bahwa pengembangan model latihan pukulan forehand dropshot bulutangkis dapat membantu pembelajaran siswa dan dapat digunakan sebagai buku panduan pengembangan model latihan forehand dropshot bulutangkis pada siswa ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Trawas kab.Mojokerto Tahun pelajaran 2016-2017.

References

Aksan, H. 2012. Mahir Bulutangkis. Bandung: Nuansa Cendekia

Ardhana, W. 2002.Konsep Penelitian Pengembangan dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ardi. 2010.Meningkatkan Latihan Kondisi Fisik.Jurnal Ilmu Olahraga, VOL.8, No. 1, Januari- Juni 2010

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Bafirman, H.B. 2013.Kontribusi Fisiologi Olahraga Mengatasi Resiko Menuju Prestasi Optimal. Jurnal Media Ilmu keolahragaan, VOL.3, Edisi 1, Juli 2013, ISSN 2088-6802

Bloomfield, C. J., & Barber, B. L., 2011.Developmental experiences during extracurricular activities and Australian adolescents’ self-concept: Particularly important for youth from disadvantaged schools,JournalOfLeadership Education, 11, 84-101.

Brog R Walter; Gall Meredith D; 1989.Education Research; And Intruduction, dalam buku Winarno, M.E. 2007.Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Bompa, T.O. 1990. Theory and Methodology of Training. Kendall/Hant : IOWA of University.

Chabib, T. 2003. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Djie, T. 2003.Pedoman Praktis Bulutangkis.Jakarta. PB PBSI

Grace, T. 1996.Bulutangkis Petunjuk Praktis Untuk Pemula Dan Lanjut.Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

Harsono.1997. Pengertian Hubungan Kekuatan Otot dengan Olahraga Atletik. Jakarta. CV.Tambak Kusuma

Harsono.1988. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta: Tambak Kesuma

Mahardika, S.M.Evaluasi Pengajaran. Surabaya. Unesa Universty Press

Massoni, E. 2011.Positive Effects of Extra Curricular Activities on Students,Essai,9, 83-87

Nana, S. 2006. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar: Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Published
2017-12-15
How to Cite
SUSANTOR. (2017). PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN FOREHAND DROPSHOT BULUTANGKIS PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMPN 2 TRAWAS MOJOKERTO. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/127