PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN FOREHAND DROPSHOT BULUTANGKIS PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMPN 2 TRAWAS MOJOKERTO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model model latihan pukulan dropshot bulutangkis.Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan model latihan pukulan forehand dropshot bulutangkis bagi siswa ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Trawas dapat digunakan. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan Brog and Gall(1988) dalam terjemahaan prof. sugiyanto. Bahwa model latihan forehand dropshot bulutangkis sangatlah penting dikembangkan setelah dilakukan observasi dan dilakukan pengujian melalui analisis dari penilaian ahli , dan uji coba lapangan dengan kelompok kecil dan kelompok besar dalam situasi sebenarnya.
Berdasarkan oberservasi dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar kepada siswa adalah: data hasil evaluasi yang diperoleh presentase keseluruhan pada uji coba kelompok kecil yaitu 78,7% data tersebut memenuhi kriteria baik dari presentase keseluruhan ujicoba kelompok besar adalah 80% data tersebut memenuhi kriteria baik. Berdasarkan keseluruhan hasil analisis data yang diperoleh bahwa pengembangan model latihan pukulan forehand dropshot bulutangkis dapat membantu pembelajaran siswa dan dapat digunakan sebagai buku panduan pengembangan model latihan forehand dropshot bulutangkis pada siswa ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Trawas kab.Mojokerto Tahun pelajaran 2016-2017.
References
Aksan, H. 2012. Mahir Bulutangkis. Bandung: Nuansa Cendekia
Ardhana, W. 2002.Konsep Penelitian Pengembangan dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.
Ardi. 2010.Meningkatkan Latihan Kondisi Fisik.Jurnal Ilmu Olahraga, VOL.8, No. 1, Januari- Juni 2010
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Bafirman, H.B. 2013.Kontribusi Fisiologi Olahraga Mengatasi Resiko Menuju Prestasi Optimal. Jurnal Media Ilmu keolahragaan, VOL.3, Edisi 1, Juli 2013, ISSN 2088-6802
Bloomfield, C. J., & Barber, B. L., 2011.Developmental experiences during extracurricular activities and Australian adolescents’ self-concept: Particularly important for youth from disadvantaged schools,JournalOfLeadership Education, 11, 84-101.
Brog R Walter; Gall Meredith D; 1989.Education Research; And Intruduction, dalam buku Winarno, M.E. 2007.Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Bompa, T.O. 1990. Theory and Methodology of Training. Kendall/Hant : IOWA of University.
Chabib, T. 2003. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Djie, T. 2003.Pedoman Praktis Bulutangkis.Jakarta. PB PBSI
Grace, T. 1996.Bulutangkis Petunjuk Praktis Untuk Pemula Dan Lanjut.Jakarta. PT Raja Grafindo Persada
Harsono.1997. Pengertian Hubungan Kekuatan Otot dengan Olahraga Atletik. Jakarta. CV.Tambak Kusuma
Harsono.1988. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta: Tambak Kesuma
Mahardika, S.M.Evaluasi Pengajaran. Surabaya. Unesa Universty Press
Massoni, E. 2011.Positive Effects of Extra Curricular Activities on Students,Essai,9, 83-87
Nana, S. 2006. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar: Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.