MODEL PEMBELAJARAAN JARAK PENDEK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Akis Mayanto Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia
  • Muhamad Syamsul Taufik Universitas Suryakancana
  • Adi Wijayanto IAIN Tulungagung
  • Soleh Solahuddin Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Bangkit Seandi Taroreh Universitas Bina Dharma Palembang
Keywords: Model Pembelajaran, Lari Jarak Pendek dan Siswa

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan produk baru yang dipakai dalam pembelajaran lari jarak pendek pada siswa SMP, Penelitian ini merupakan jenis peneltiian pengembangan dengan metode RND dari Borg and Gall, subjek penelitian ini adalah 120 siswa sekolah menengah pertama yatu tiga sekolah di kabupaten Bogor. Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ciawi Bogor, Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ciawi Bogor dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Ciawi Bogor. Teknik Pengumpulan data dengan cara observasi, studi dokumentasi, wawancara dan tes, analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif, pengembangan model melalui uji coba terbatas, uji coba luas dan uji efektiifitas. Hasil statistik dengan uji signifikansi perbedaan dengan SPSS 16 dapat hasil nilai t -23.542 taraf signifikasni 0,05 dengan p-value = 0.00 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara model sebelum dan sesudah diberi model pembelajaran untuk sekolah menengah pertama pada lari jarak pendek, dapat disimpulkan (1) Model pembelajran lari jarak pendek dapat diterapkan pada siswa sekolah menengah pertama (2) Model pembelajran lari jarak pendek efektif dapat meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek pada siswa sekolah menengah pertama.

Author Biographies

Akis Mayanto, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia

Muhamad Syamsul Taufik, Universitas Suryakancana

Pendidikan Jasmani kesehatan dan Rekreasi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Suryakancana

Soleh Solahuddin, Universitas Sriwijaya, Indonesia

Pendidikan Jasmani

References

Abrasyi et al. (2018). Model Latihan Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal Sport Area, 3(2), 168–178.

Asep Ardiyanto, Pamuji Sukoco S. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional 119. Jurnal Keolahragaan, 2(1), 119–129.

Asyhar, R., & Soedarto Harjono, H. (2012). Pengembangan Media Audio-Visual Pembelajaran Lari Jarak Pendek Untuk Siswa Smp. Tekno-Pedagogi, 2(1), 1–21.

Bolter, N. D., Petranek, L. J., & Dorsch, T. E. (2018). Coach, parent, and administrator perspectives on required coaching education in organized youth sport. International Journal of Sports Science and Coaching, 13(3), 362–372. https://doi.org/10.1177/1747954117735718

Bompa, T., & Carrera, M. (2015). Conditioning Young Athletes.

Febrianti, R. (2013). Pengembangan materi atletik melalui permainan atletik. Semarang, Universitas Negeri Semarang, 2(1).

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Epdf.Pub_Educational-Research-an-Introduction-7Th-Edition.Pdf.

Gantois, P., Elisa, M., Ferreira, C., Lima-junior, D. De, Nakamura, Y., Batista, G. R., Fonseca, F. S., & De, L. (2019). Effects of mental fatigue on passing decision- making performance in professional soccer athletes. European Journal of Sport Science, 0(0), 1–21. https://doi.org/10.1080/17461391.2019.1656781

Haqiyah, A., Mulyana, M., Widiastuti, W., & Riyadi, D. N. (2017). The Effect of Intelligence, Leg Muscle Strength, and Balance Towards The Learning Outcomes of Pencak Silat with Empty-Handed Single Artistic. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 2(2), 211. https://doi.org/10.26737/jetl.v2i2.288

Hasibuan, M. H. (2019). Pengembangan Model Latihan Passing Dan Receiving The. Gladi Jurnal, 5(1), 217–240.

Hidayatulloh, D. T., Asmawi, M., Sujiono, B., & Jakarta, U. N. (2018). Model Latihan Berbasis Permainan Meningkatkan Daya Tahan Cardiorespiratory Atlet Pencaksilat Usia SMP. Journal Sport Area, 3(2), 131–139. 2018.vol3(2).

https://doi.org/https://doi.org/10.25299/sportarea.

Kao, S. F., Hsieh, M. H., & Lee, P. L. (2017). Coaching competency and trust in coach in sport teams. International Journal of Sports Science and Coaching, 12(3), 319–327. https://doi.org/10.1177/1747954117710508

Kramers, S., Turgeon, S., Bean, C., Sabourin, C., & Camiré, M. (2020). Examining the roles of coaching experience and coach training on coaches’ perceived life skills teaching. International Journal of Sports Science and Coaching.

https://doi.org/10.1177/1747954120922367

Lufthansa, L., Susilo, S., Zaini, M., Kusmawati, W., Rah, P., Pawitra, A., Anugraini, A. P., Budi, I., & Malang, U. (2019). Pengembangan Buku Ajar Ilmu Gizi Olahraga : Studi Motivasi Dan Hasil Belajar Development Of Sports Nutrition Textbook : Study Of Motivation And Learning Results. Journal Sport Area, 4(2), 327–338. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(1).3863 How

Mitchell, L. J. G., Rattray, B., Fowlie, J., Saunders, P. U., & David, B. (2020). The impact of different training load quantification and modelling methodologies on performance predictions in elite swimmers. European Journal of Sport Science, 0(0), 1–29. https://doi.org/10.1080/17461391.2020.1719211

MS. Taufik. (2019). Hubungan Tingkat Konsentrasi Dengan Keterampilan Bermain Futsal Unit Kegiatan Mahasiswa Futsal Universitas Suryakancana Dalam Olahraga. Gladi Jurnal UNJ, 10(02), 68–78.

https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.21009/GJIK.102.01

Perani, I., Hidasari, F. P., & Triansyah, A. (2015). Pembelajaran Lari Jarak Pendek Menggunakan Pendekatan Permainan Lari Bola Keranjang Pada Siswa Sd. Jurnal Untan, 2(2), 1–9.

Prasetya et al., T. D. (2018). JUARA : Jurnal Olahraga. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2). http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/juara

Putro, B. N., Kurniawan, A., & Fudin, M. S. (2018). Pengembangan Buku Pedomanman To Man Defense Bola Basket Untuk Pelatih. Journal Sport Area, 3(2), 111. 2018.vol3(2).2326 https://doi.org/10.25299/sportarea.

Septiadi & Widiastuti, H. (2019). MODEL LATIHAN SPEED Endurance Berbasis Senam Pencak Silat Untuk Usia Remaja. Journal Sport Area, 4(2), 285–293. 2019.vol4(2).1803 https://doi.org/https://doi.org/10.25299/sportarea.

Tawing Trenggalek. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Lari Cepat 100M Melalui Metode Latihan Akselerasi. Vol., 2(1), 24–29.

Http://Journal.Unublitar.Ac.Id/Pendidikan/Index.Php/Riset_Konseptual

Teatro, C., Thompson, M., Kulinna, P. H., Van Der Mars, H., & Kwan, J. Y. (2017). Coaching behaviors and stakeholders’ views of coaches’ efficacy. International Journal of Sports Science and Coaching, 12(4), 452–460.

https://doi.org/10.1177/1747954117718094

Widiastuti, & Pramudito Hutomo. (2018). Meningkatan Keterampilan Lompat Jauh Gaya. 09(01) JUARA : Jurnal Olahraga. JUARA : Jurnal Olahraga, 56–67.

Published
2021-04-12
How to Cite
Akis Mayanto, Muhamad Syamsul Taufik, Adi Wijayanto, Soleh Solahuddin, & Bangkit Seandi Taroreh. (2021). MODEL PEMBELAJARAAN JARAK PENDEK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 114-120. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1174

Most read articles by the same author(s)