MODEL PEMBELAJARAAN JARAK PENDEK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan produk baru yang dipakai dalam pembelajaran lari jarak pendek pada siswa SMP, Penelitian ini merupakan jenis peneltiian pengembangan dengan metode RND dari Borg and Gall, subjek penelitian ini adalah 120 siswa sekolah menengah pertama yatu tiga sekolah di kabupaten Bogor. Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ciawi Bogor, Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ciawi Bogor dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Ciawi Bogor. Teknik Pengumpulan data dengan cara observasi, studi dokumentasi, wawancara dan tes, analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif, pengembangan model melalui uji coba terbatas, uji coba luas dan uji efektiifitas. Hasil statistik dengan uji signifikansi perbedaan dengan SPSS 16 dapat hasil nilai t -23.542 taraf signifikasni 0,05 dengan p-value = 0.00 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara model sebelum dan sesudah diberi model pembelajaran untuk sekolah menengah pertama pada lari jarak pendek, dapat disimpulkan (1) Model pembelajran lari jarak pendek dapat diterapkan pada siswa sekolah menengah pertama (2) Model pembelajran lari jarak pendek efektif dapat meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek pada siswa sekolah menengah pertama.
References
Abrasyi et al. (2018). Model Latihan Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal Sport Area, 3(2), 168–178.
Asep Ardiyanto, Pamuji Sukoco S. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional 119. Jurnal Keolahragaan, 2(1), 119–129.
Asyhar, R., & Soedarto Harjono, H. (2012). Pengembangan Media Audio-Visual Pembelajaran Lari Jarak Pendek Untuk Siswa Smp. Tekno-Pedagogi, 2(1), 1–21.
Bolter, N. D., Petranek, L. J., & Dorsch, T. E. (2018). Coach, parent, and administrator perspectives on required coaching education in organized youth sport. International Journal of Sports Science and Coaching, 13(3), 362–372. https://doi.org/10.1177/1747954117735718
Bompa, T., & Carrera, M. (2015). Conditioning Young Athletes.
Febrianti, R. (2013). Pengembangan materi atletik melalui permainan atletik. Semarang, Universitas Negeri Semarang, 2(1).
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Epdf.Pub_Educational-Research-an-Introduction-7Th-Edition.Pdf.
Gantois, P., Elisa, M., Ferreira, C., Lima-junior, D. De, Nakamura, Y., Batista, G. R., Fonseca, F. S., & De, L. (2019). Effects of mental fatigue on passing decision- making performance in professional soccer athletes. European Journal of Sport Science, 0(0), 1–21. https://doi.org/10.1080/17461391.2019.1656781
Haqiyah, A., Mulyana, M., Widiastuti, W., & Riyadi, D. N. (2017). The Effect of Intelligence, Leg Muscle Strength, and Balance Towards The Learning Outcomes of Pencak Silat with Empty-Handed Single Artistic. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 2(2), 211. https://doi.org/10.26737/jetl.v2i2.288
Hasibuan, M. H. (2019). Pengembangan Model Latihan Passing Dan Receiving The. Gladi Jurnal, 5(1), 217–240.
Hidayatulloh, D. T., Asmawi, M., Sujiono, B., & Jakarta, U. N. (2018). Model Latihan Berbasis Permainan Meningkatkan Daya Tahan Cardiorespiratory Atlet Pencaksilat Usia SMP. Journal Sport Area, 3(2), 131–139. 2018.vol3(2).
https://doi.org/https://doi.org/10.25299/sportarea.
Kao, S. F., Hsieh, M. H., & Lee, P. L. (2017). Coaching competency and trust in coach in sport teams. International Journal of Sports Science and Coaching, 12(3), 319–327. https://doi.org/10.1177/1747954117710508
Kramers, S., Turgeon, S., Bean, C., Sabourin, C., & Camiré, M. (2020). Examining the roles of coaching experience and coach training on coaches’ perceived life skills teaching. International Journal of Sports Science and Coaching.
https://doi.org/10.1177/1747954120922367
Lufthansa, L., Susilo, S., Zaini, M., Kusmawati, W., Rah, P., Pawitra, A., Anugraini, A. P., Budi, I., & Malang, U. (2019). Pengembangan Buku Ajar Ilmu Gizi Olahraga : Studi Motivasi Dan Hasil Belajar Development Of Sports Nutrition Textbook : Study Of Motivation And Learning Results. Journal Sport Area, 4(2), 327–338. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(1).3863 How
Mitchell, L. J. G., Rattray, B., Fowlie, J., Saunders, P. U., & David, B. (2020). The impact of different training load quantification and modelling methodologies on performance predictions in elite swimmers. European Journal of Sport Science, 0(0), 1–29. https://doi.org/10.1080/17461391.2020.1719211
MS. Taufik. (2019). Hubungan Tingkat Konsentrasi Dengan Keterampilan Bermain Futsal Unit Kegiatan Mahasiswa Futsal Universitas Suryakancana Dalam Olahraga. Gladi Jurnal UNJ, 10(02), 68–78.
https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.21009/GJIK.102.01
Perani, I., Hidasari, F. P., & Triansyah, A. (2015). Pembelajaran Lari Jarak Pendek Menggunakan Pendekatan Permainan Lari Bola Keranjang Pada Siswa Sd. Jurnal Untan, 2(2), 1–9.
Prasetya et al., T. D. (2018). JUARA : Jurnal Olahraga. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2). http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/juara
Putro, B. N., Kurniawan, A., & Fudin, M. S. (2018). Pengembangan Buku Pedomanman To Man Defense Bola Basket Untuk Pelatih. Journal Sport Area, 3(2), 111. 2018.vol3(2).2326 https://doi.org/10.25299/sportarea.
Septiadi & Widiastuti, H. (2019). MODEL LATIHAN SPEED Endurance Berbasis Senam Pencak Silat Untuk Usia Remaja. Journal Sport Area, 4(2), 285–293. 2019.vol4(2).1803 https://doi.org/https://doi.org/10.25299/sportarea.
Tawing Trenggalek. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Lari Cepat 100M Melalui Metode Latihan Akselerasi. Vol., 2(1), 24–29.
Http://Journal.Unublitar.Ac.Id/Pendidikan/Index.Php/Riset_Konseptual
Teatro, C., Thompson, M., Kulinna, P. H., Van Der Mars, H., & Kwan, J. Y. (2017). Coaching behaviors and stakeholders’ views of coaches’ efficacy. International Journal of Sports Science and Coaching, 12(4), 452–460.
https://doi.org/10.1177/1747954117718094
Widiastuti, & Pramudito Hutomo. (2018). Meningkatan Keterampilan Lompat Jauh Gaya. 09(01) JUARA : Jurnal Olahraga. JUARA : Jurnal Olahraga, 56–67.
Copyright (c) 2021 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.