PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PRODI PPKN FKIP DI UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI
Abstract
Salah satu usaha yang dapat di lakukan pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu dengan mengembangkan variasi strategi pembelajaran sehingga dapat terciptanya pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Permasalahan pembelajaran yang sering terjadi ketika proses belajar mengajar berlangsung yaitu kurang antusiasnya peserta didik dalam menimbah ilmu agama Islam dan ketika peserta didik dihadapkan suatu permasalahan mereka cendrung kurang menggunakan kreativitas untuk berfikir atau membaca buku tapi lebih percaya dengan dunia maya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP di Universitas PGRI Banyuwangi yang menempuh mata kuliah Pendidikan Agama Islam semester Genap tahun akademik 2015/2016.
Penerepan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB) dalam mata kuliah pendidikan agama Islam dikatakan baik karena dilihatdari hasil penelitian setiap siklus mengalami peningkatan yaitu siklus satu peserta didik yang mencai kreteria ketuntasan sebesar 20%, siklus kedua peserta didik mencapai kreteria ketuntasan sebesar 33%, dan pada siklus ketiga peserta didik mencapai kreteria ketuntasan sebesar 80%.
References
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar.Jakarta:PT.Bumi Aksara
Oemar, Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara
Hapmita,_portalgaruda.org/article.php?article=287164&val=7228&title=PENERAPAN%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20PENINGKATAN%20KEMAMPUAN%20%20BERFIKIR%20(SPPKB)%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20IPS%20TERPADU.
Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan Kela. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.
Sanjaya,W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Media Grup
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.
Ridwan.2005. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung : Alfabeta Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Syaiful, Sagala. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problema Belajar Mengajar. Bandung : Alfabeta Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: Citra Umbara, 2006), Hlm.72
https://www.academia.edu/30608678/Analisis_Konsep_Pendidikan_Perspektif_Ki_Hajar_Dewantara