PENGEMBANGAN PAKET PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PRODI PENDIDIKAN PANCASILA & KEWARGANEGARAAN DENGAN MODEL DICK, CAREY, DAN CAREY DI UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI

  • Roudhotul Jannah Program Studi PPKn FKIP Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama Islam diarahkan untuk meningkatkan keyakinan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran agama Islam dari pebelajar, di samping untuk membentuk kesalehan sosial. Permasalahan pembelajaran pendidikan agama Islam pada hakekatnya ada dua macam yaitu menghadapi tantangan internal dan tantangan eksternal. Permasalahan tersebut dipandang perlu dicarikan solusi pemecahannya, maka pengembang mengembangkan paket pembelajaran pendidikan agama Islam terfokus pada variabel metode, sebab dalam metode pembelajaran terdapat strategi pembelajaran sebagai dasar pengembangan paket pembelajaran. Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model Dick, Carey, dan Carey (2001). Adapun hasil uji coba ahli untuk bahan ajar, panduan pembelajar, dan panduan pebelajar berada dalam kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar sangat signifikan terbukti dengan adanya perbedaan nilai pretest dan post tes sebesar 28.232. Artinya paket pembelajaran sangat efektif untuk peningkatan hasil belajar.

References

Bahar, Asmaniar. 2008. Penilaian Ranah Afektif Pembelajaran PKn melalui Model Value Clarification Technique (VCT) Games. Jurnal Pembelajaran. Volume 30. Padang: Universitas Negeri Padang Press

Dick, Carey, dan Carey. 2001. The Systematic Design of Instruction. Fifth Edition. Addison Wesley Longman

Degeng, I.N.S. 1997. Strategi Pembelajaran : Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP Malang dan Biro Penerbitan Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia.

___________.1997. Asumsi dan Landasan Teoretik Desain Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pembelajaran: Teori dan Penelitian. Tahun 5 Nomor 1. Jakarta: IPTPI bekerjasama dengan Program Pascasarjana IKIP Malang.

Gafur, Abdul. 2004. Penerapan Konsep dan Prinsip Pembelajaran Kontekstual dan Desain Pesan dalam Pengembangan Pembelajaran dan Bahan Ajar. Prawiradilaga dan Siregar (Eds). Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Gani, Hamsu Abdul. 1996. Pemberian Rangkuman dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Teknologi Pembelajaran: Teori dan Penelitian. Tahun 4 Nomor 1. Jakarta: IPTPI bekerjasama dengan Program Pascasarjana IKIP Malang.

_______. 1997. Strategi Pengorganisasian Pengajaran Berdasarkan Analisis Hirarki Belajar. Jurnal Teknologi Pembelajaran: Teori dan Penelitian. Tahun 5 Nomor 1. Jakarta: IPTPI bekerjasama dengan Program Pascasarjana IKIP Malang.

Hasan, Ahmad Sonhadji K. 1999. Penelitian sebagai Dasar Penyusunan Desain Pengajaran Teknik. Jurnal Teknologi Pembelajaran: Teori dan Penelitian Tahun 7 Nomor 1 April. Jakarta: IPTPI bekerjasama dengan Program Pascasarjana IKIP Malang.

Kholidah, Lilik Nur. 2004. Pendidikan Agama Islam Berpendekatan Pemecahan Masalah di Perguruan Tinggi sebagai Bentuk Aplikasi Internalisasi Nilai-nilai Agama bagi Mahasiswa. Pendidikan Nilai, 11 (2): 48-56

Kohlberg, Lawrence. 1995. Tahap-tahap Perkembangan Moral. Yogyakarta: Kanisius

Muhaimin, dkk. 1996. Strategi Belajar Mengajar (Penerapannya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama). Surabaya: CV Citra Media.

Seels, B.B dan Richey. 1994. Instructional Technology: The Definition, and Domain of the Fielas. Washington. DC: AECT.

Smaldino. 2001. Instructioanal Technologi and Media for Learning. Pearson

Soesilowindradini. 1996. Pengaruh Jenis dan Ukuran Huruf Buku Teks terhadap Pemahaman Bahan Bacaan Siswa Kelas I, II, III, dan IV SD dengan IQ Normal. Jurnal Teknologi Pembelajaran: Teori dan Penelitian. Tahun 4 Nomor 1. Jakarta: IPTPI bekerjasama dengan Program Pascasarjana IKIP Malang.

Sutiah. 2008. Pengembangan Model Bahan Ajar Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Kontekstual di SMA Kelas X Kota Malang. Desertasi tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP Malang.

Toenlioe, A.J.E. 1999. Profil Buku Teks IPS SD. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP Malang.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2006. Jakarta: Citra Umbara.

Widodo, CS & Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: EMK

Published
2016-12-03
How to Cite
JannahR. (2016). PENGEMBANGAN PAKET PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PRODI PENDIDIKAN PANCASILA & KEWARGANEGARAAN DENGAN MODEL DICK, CAREY, DAN CAREY DI UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(1). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/31
Section
Articles