PENGARUH GURU DALAM MENUMBUHKAN NILAI NORMA KESOPANAN PADA SISWA TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI IPS 1 MAN 3 BANYUWANGI

  • Fajariyah Anik Maturohmah Program Studi PPKn FKIP Universitas PGRI Banyuwangi
  • Roudhotul Jannah Program Studi PPKn FKIP Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Nilai norma kesopanan merupakan suatu aturan yang berharga dalam sekolah dan kehidupan sehari-hari yang mengatur tingkah laku siswa agar lebih sopan terhadap guru/orang yang lebih tua, aturan tersebut berasal dari kebiasaan-kebiasaan di sekolah agar lebih menghargai orang lain. Kedisiplinan siswa yaitu kepatuhan seorang siswa kepada tata tertib sekolah dan suatu sikap yang selalu tepat waktu, patuh, taat, sadar, dan tanggung jawab serta menjalankan aturan-aturan yang berlaku. Metode pengumpulan data kuesioner tertutup, interview bebas terpimpin, observasi, dan dokumen. Metode analisa data yang digunakan regresi ganda dua prediktor.Hasil penelitian ini memperoleh data  minor pertama bahwa Freg=6,805 ≥Ftabel 5% =4,10 maksudnya ada pengaruh guru dalam membimbing siswa terhadap kedisiplinan kelas XI IPS 1 di MAN 3 Banyuwangi semester genap tahun ajaran 2016/2017. Dari hasil analisa data minor kedua Freg=26,321 ≥ Ftabel5%=4,10 maksudnya ada pengaruh sopan santun terhadap peningkatan kedisiplinan kelas XI IPS 1 di MAN 3 Banyuwangi semester genap tahun ajaran 2016/2017. Dari hasil analisa data mayor bahwa Freg =38,787 ≥ Ftabel 5% = 3,25 maksudnya ada pengaruh guru dalam menumbuhkan nilai norma kesopanan pada siswa terhadap peningkatan kedisiplinan siswa kelas XI IPS 1 di MAN 3 Banyuwangi Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta

Asmani, Ma’mur Jamal. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta:Laksana

Bahri, Syaiful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta

Basrowi, dan Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor : Ghalia Indonesia

Elfindri, dan Lilik Hendrajaya. 2012 Pendidikan Karakter Kerangka, Metode dan Aplikasi untuk Pendidik dan Profesional. Jakarta:Baduose Media

Mahmud.2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia

Rusmini. 2012. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/konseling/article/ download/1004/91. Diakses pada tanggal 02 April 2017 Pukul 12:45

Slameto.2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta

Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Published
2017-12-22
How to Cite
MaturohmahF. A., & JannahR. (2017). PENGARUH GURU DALAM MENUMBUHKAN NILAI NORMA KESOPANAN PADA SISWA TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI IPS 1 MAN 3 BANYUWANGI. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/135
Section
Articles