PENGARUH GURU DALAM MENUMBUHKAN NILAI NORMA KESOPANAN PADA SISWA TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI IPS 1 MAN 3 BANYUWANGI
Abstract
Nilai norma kesopanan merupakan suatu aturan yang berharga dalam sekolah dan kehidupan sehari-hari yang mengatur tingkah laku siswa agar lebih sopan terhadap guru/orang yang lebih tua, aturan tersebut berasal dari kebiasaan-kebiasaan di sekolah agar lebih menghargai orang lain. Kedisiplinan siswa yaitu kepatuhan seorang siswa kepada tata tertib sekolah dan suatu sikap yang selalu tepat waktu, patuh, taat, sadar, dan tanggung jawab serta menjalankan aturan-aturan yang berlaku. Metode pengumpulan data kuesioner tertutup, interview bebas terpimpin, observasi, dan dokumen. Metode analisa data yang digunakan regresi ganda dua prediktor.Hasil penelitian ini memperoleh data minor pertama bahwa Freg=6,805 ≥Ftabel 5% =4,10 maksudnya ada pengaruh guru dalam membimbing siswa terhadap kedisiplinan kelas XI IPS 1 di MAN 3 Banyuwangi semester genap tahun ajaran 2016/2017. Dari hasil analisa data minor kedua Freg=26,321 ≥ Ftabel5%=4,10 maksudnya ada pengaruh sopan santun terhadap peningkatan kedisiplinan kelas XI IPS 1 di MAN 3 Banyuwangi semester genap tahun ajaran 2016/2017. Dari hasil analisa data mayor bahwa Freg =38,787 ≥ Ftabel 5% = 3,25 maksudnya ada pengaruh guru dalam menumbuhkan nilai norma kesopanan pada siswa terhadap peningkatan kedisiplinan siswa kelas XI IPS 1 di MAN 3 Banyuwangi Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta
Asmani, Ma’mur Jamal. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta:Laksana
Bahri, Syaiful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta
Basrowi, dan Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor : Ghalia Indonesia
Elfindri, dan Lilik Hendrajaya. 2012 Pendidikan Karakter Kerangka, Metode dan Aplikasi untuk Pendidik dan Profesional. Jakarta:Baduose Media
Mahmud.2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia
Rusmini. 2012. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/konseling/article/ download/1004/91. Diakses pada tanggal 02 April 2017 Pukul 12:45
Slameto.2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta
Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta