Educational Games and Sports to Increase the Knowledge of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) in Shaping Social Behavior
Abstract
Guru berperan dalam membentuk kepribadian siswa, untuk menjadi seorang guru harus menyelesaikan pembelajaran yang dilaksanakan di jenjang perguruan tinggi. Tantangan guru saat ini bukan hanya sekedar transfer ilmu pengetahuan saja, akan tetapi nilai karakter dan perilaku sosial yang baik juga penting dan tidak boleh diabaikan. Perilaku sosial akan memberikan dampak yang positif jika diwujudkan melalui perbuatan yang baik dan begitu pula sebaliknya. Aspek dalam membentuk perilaku sosial siswa sekolah dasar dapat dilakukan melalui permainan dan olah raga yang dikonseptualisasikan sedemikian rupa sehingga mampu menciptakan komunikasi dan interaksi yang baik. Nilai-nilai sosial yang ada dapat dijadikan sebagai sarana pembentukan perilaku siswa sekaligus penanaman nilai-nilai karakter. Tujuan pengabdian kepada masyarakat yang diberikan kepada mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar adalah karena mereka adalah calon guru yang nantinya akan mengemban tugas penting dalam menciptakan siswa yang berakhlak mulia dan berbudi luhur, oleh karena itu sangat penting untuk menambah pengetahuan siswa salah satunya dapat dilakukan melalui bentuk permainan dan olah raga yang dijadikan sebagai sarana pendidikan dalam mengimplementasikan aspek perilaku sosial yang baik.
References
Anik Indramawan. 2020. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Keluarga Bagi Perkembangan Kepribadian Anak.” J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam 1(1): 109–19. doi:10.53429/j-kis.v1i1.122.
Arini, Wahyu, and Endang Lovisia. 2019. “Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi Rawas.” Thabiea : Journal of Natural Science Teaching 2(2): 95–104. doi:10.21043/thabiea.v2i2.5950.
Basuki, Sunarno. 2017. “Pendekatan Saintifik Pada Penjasorkes Dalam Rangka Membentuk Jati Diri Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 12(2): 117–24. doi:10.21831/jpji.v12i2.17111.
Djollong, Andi Fitriani. 2017. “Dasar, Tujuan Dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam Di Indonesia (Basis, Objectives, and Scope Islamic Education In Indonesia).” Al-Ibrah VI(1): 11–29.
Faiz, Aiman, Kama Abdul Hakam, Sofyan Sauri, and Yadi Ruyadi. 2020. “Internalisasi Nilai Kesantunan Berbahasa Melalui Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 29(1): 13–28. doi:10.17509/jpis.v29i1.24382.
Hadi, Abdul. 2019. “Moralitas Pancasila Dalam Konteks Masyarakat Global: Mengkaji Pendidikan Kewarga Negaraan Untuk Penguatan Nilai Moral Dalam Konteks Globalisasi.” Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains 8(2): 123–38. doi:10.19109/intelektualita.v8i2.4661.
Inah Ety Nur. 2015. “Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa.” Al-Ta’dib 8(2): 150–66. https://core.ac.uk/download/pdf/231137475.pdf.
Irhas, Mohamad, Dyah Sugandini, Agus Sukarno, Mohamad Kundarto, Rahajeng Arundati, and Nona Berliana. 2020. Perilaku Pro-Lingkungan Pada Mahasiswa.
Kamriana, Ana. 2022. “Pentingnya Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Sejak Usia Dini Di Era Digital.” GUAU; Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2(6): 331–40. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau.
Khusniyah, Nurul Lailatul. 2018. “Peran Orang Tua Sebagai Pembentuk Emosional Sosial Anak.” Qawwam 12(1): 87–101. doi:10.20414/qawwam.v12i1.782.
Kusumawati, Dian, and Dwi Agung Kurniawan. 2018. “Budaya Olahraga Dayung Terhadap Interaksi Sosial Masyarakat Desa Klidang Lor Kabupaten Batang.” Jendela Olahraga 3(Januari): 86–93.
Kusumawati, Dian, Ade Bagus Primadoni, Masri, Karimuddin, Novi Lidya Isdarianti, and Zulfikar. 2023. “PKM Mahasiswa PGSD Dalam Pembelajaran Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Aspek Sosial.” 2(2): 82–91.
Musyarofah, Abdurrahman Ahmad, and asobi Niki Suma. 2021. Konsep Dasar IPS.
Nurdin, Nurdin. 2021. “Guru Honorer Dalam Upaya Memperoleh Status Kepegawaian Tenaga Pendidik Pegawai Negeri Sipil.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (2): 10–19. doi:10.37985/murhum.v2i2.46.
Rohmansyah, Nur Aziz. 2017. “Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Olahraga Sebagai Media Pengembangan Karakter Siswa.” PENJAKORA №3: с.30.
Setiardi, Dicky. 2017. “Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak.” Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam 14(2). doi:10.34001/tarbawi.v14i2.619.
Sukaesih, Sukaesih. 2023. “Pengaruh Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Kemandirian Remaja Di Sekolah Menengah Atas.” Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal 5(4): 1099–1116. doi:10.47467/reslaj.v5i4.2133.
Syahra, Rusydi. 2003. “Modal Sosial: Konsep Dan Aplikasi.” Jurnal Masyarakat dan Budaya 5(1): 1–22. http://www.jurnalmasyarakatdanbudaya.com/index.php/jmb/article/view/256.
Wiyanto, Agus, Tubagus Herlambang, Dani Samet Pratama, and Donny Anhar Fahmi. 2021. “PKM Tes Dan Pengukuran Kekuatan Pebulutangkis Junior.” 2(2): 82–91.
Yanuardianto, Elga. 2019. “Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran Di Mi).” Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1(2): 94–111. doi:10.36835/au.v1i2.235.
Copyright (c) 2024 GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.