Cultivating an Attitude of Religious Moderation for Students at SD Eppata II Batu Aji Batam
Abstract
Abstract:
Religious moderation is a manner of view, attitude, and behavior that always takes a position in the middle, is always fair, and is diligent in religion. Generalities also emphasize the importance of tolerance and respect for one another's religious differences and differing views. Religious moderation is a multicultural road that entices all religions in Indonesia by upholding the values, tolerance, and harmony between religions. This is to enable all believers to honor one another and understand sesame. Religious moderation also focuses on increased mutual compassion, equality, and understanding among religious people. The PKM team (devotion to society) conducted a study with the eppata ii stone aji batam elementary, with the program for the implanting of religious imposition for students. This PKM activity is done to help learners in the use of the Christian language and values and to improve the quality of the learning process. The result of this activity is that students can understand how to respect one another, tolerate one another, and understand how to act politely toward others.
Keyword: Moderation, Religion, And Learne
Abstrak
Moderasi beragama merupakan cara pandang, sikap, dan perilaku yang selalu mengambil posisi di tengah-tengah, selalu bertindak adil, dan tekun dalam beragama. Moderasi beragma juga menekankan pentingnya toleransi dan saling menghargai perbedaan agama dan pandangan yang berbeda. Moderasi beragama merupakan jalan tengah multicultural Indonesia yang mengakomodir semua agama yang ada di Indonesia dengan cara menegakkan nilai-nilai luhur, toleransi, dan kerukunan antar umat beragama. Hal ini bertujuan agar semua umat beragama dapat saling menghormati dan memahami sesame. Moderasi beragama juga berfokus pada peningkatan rasa saling kasih sayang, kesetaraan, dan pemahaman antar umat beragama. Tim PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) melakukan suatu penelitian ke SD Eppata II Batu Aji Batam, dengan program penanaman sikap moderasi beragama bagi pelajar. Kegiatan PKM ini dilakukan untuk membantu peserta didik dalam penggunaan berbahasa dan nilai-nilai kekristenan dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah pelajara dapat memahami bagaimana caranya saling menghormati, saling bertoleransi satu dengan yang lain, dan memahami bagaimana cara bertata kerama yang sopan terhadap orang lain.
Kata Kunci: Moderasi, Agama, dan Peserta didik
References
Dosen, Saedo Marbun. “PERAN GURU PAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK.” Jurnal Pendidikan Kristen Dan Gereja; Mawar Saron 4, no. 1 (2021): 67–87.
M. Kholis Amrullah, Lutfiatuz Zahro’, M. Irfan Islamy. “MODERASI BERAGAMA: PENANAMAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN FORMAL DAN NONFORMAL.” Jurnal Studi Keislaman Nizham Hukum Islam 9, no. 2 (2021): 57–69. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/nizham.v9i02.4308.
Merensiana, Hale. “Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Kristiani Bagi Generasi Alpha.” Jurnal Teruna Bhakti 5, no. 1 (2022): 1–13.
Nasution, Mardiah Kalsum. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11, no. 1 (2017): 9–16.
Qur, Pembelajaran Al-, A N Di, and Mushola Nur. “No Title” 01, no. 1 (2021): 142–59.
Safira, Bahrun, and Siti Naila Fauzia. “Analisis Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Perkembangan Bahasa Anak.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini 6, no. 1 (2021): 11–20.
Savira, Annisa’ Ni’ma, Rahma Fatmawati, Muchammad Rozin Z, and Muhammad Eko S. “Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif.” Factor M 1, no. 1 (2018): 43–56. https://doi.org/10.30762/f_m.v1i1.963.
Septian, Rahmat Yudhi, Maria Botifar, and Deri Wanto. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Moderasi Beragama Siswa Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan 14, no. 2 (2022): 198–213. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v14i2.679.
Siregar, Viktor Deni, and Fredik Melkias Boiliu. “Pendidikan Agama Kristen Humanis Sebagai Pendekatan Dalam Membina Sikap Toleransi Beragama” 8 (2023): 10–17.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.