Cultivating an Attitude of Religious Moderation for Students at SD Eppata II Batu Aji Batam

  • Rita Evimalinda Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam
  • Rikardo Dayanto Butar-Butar Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam
  • Evans Dusep Dongoran Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam
  • Hanyta Priscila Harahap Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam
  • Viktor Deni Siregar STT REAL Batam
  • Yunira Nababan Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam
  • Nia Lorena Hutagalung Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam
  • Selvinus Yohame Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam
  • Devina Romauli Nadapdap Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam
  • Kristina Natalia Siregar Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam
  • Rasmita Br. Sitepu Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam
  • Ester Br. Simbolon Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam
  • Suzaya Bitia Silsilia Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam
  • Vera Angelyna Pakpahan Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam
Keywords: Moderation, Religion, Students

Abstract

Abstract:

Religious moderation is a manner of view, attitude, and behavior that always takes a position in the middle, is always fair, and is diligent in religion. Generalities also emphasize the importance of tolerance and respect for one another's religious differences and differing views. Religious moderation is a multicultural road that entices all religions in Indonesia by upholding the values, tolerance, and harmony between religions. This is to enable all believers to honor one another and understand sesame. Religious moderation also focuses on increased mutual compassion, equality, and understanding among religious people. The PKM team (devotion to society) conducted a study with the eppata ii stone aji batam elementary, with the program for the implanting of religious imposition for students. This PKM activity is done to help learners in the use of the Christian language and values and to improve the quality of the learning process. The result of this activity is that students can understand how to respect one another, tolerate one another, and understand how to act politely toward others.

Keyword: Moderation, Religion, And Learne

Abstrak

Moderasi beragama merupakan cara pandang, sikap, dan perilaku yang selalu mengambil posisi di tengah-tengah, selalu bertindak adil, dan tekun dalam beragama. Moderasi beragma juga menekankan pentingnya toleransi dan saling menghargai perbedaan agama dan pandangan yang berbeda. Moderasi beragama merupakan jalan tengah multicultural Indonesia yang mengakomodir semua agama yang ada di Indonesia dengan cara menegakkan nilai-nilai luhur, toleransi, dan kerukunan antar umat beragama. Hal ini bertujuan agar semua umat beragama dapat saling menghormati dan memahami sesame. Moderasi beragama juga berfokus pada peningkatan rasa saling kasih sayang, kesetaraan, dan pemahaman antar umat beragama. Tim PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) melakukan suatu penelitian ke SD Eppata II Batu Aji Batam, dengan program penanaman sikap moderasi beragama bagi pelajar. Kegiatan PKM ini dilakukan untuk membantu peserta didik dalam penggunaan berbahasa dan nilai-nilai kekristenan dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah pelajara dapat memahami bagaimana caranya saling menghormati, saling bertoleransi satu dengan yang lain, dan memahami bagaimana cara bertata kerama yang sopan terhadap orang lain.

Kata Kunci: Moderasi, Agama, dan Peserta didik

References

Beragama, Moderasi, Wacana Dan, Implementasi Dalam, and U I N F A S Bengkulu. “KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA DI INDONESIA Menangani Masalah Di Tidak Terdapat Pada Bangsa Lain Di Dunia . Toleran , Dan Maslahat Yang Menunjukan Beberapa Di Beragama Indonesia Sikap Yang Moderat Dalam Kehidupan Beragama Di Desa Sidodadi Kabupaten Nan” VII (2022): 221–29.
Dosen, Saedo Marbun. “PERAN GURU PAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK.” Jurnal Pendidikan Kristen Dan Gereja; Mawar Saron 4, no. 1 (2021): 67–87.
M. Kholis Amrullah, Lutfiatuz Zahro’, M. Irfan Islamy. “MODERASI BERAGAMA: PENANAMAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN FORMAL DAN NONFORMAL.” Jurnal Studi Keislaman Nizham Hukum Islam 9, no. 2 (2021): 57–69. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/nizham.v9i02.4308.
Merensiana, Hale. “Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Kristiani Bagi Generasi Alpha.” Jurnal Teruna Bhakti 5, no. 1 (2022): 1–13.
Nasution, Mardiah Kalsum. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11, no. 1 (2017): 9–16.
Qur, Pembelajaran Al-, A N Di, and Mushola Nur. “No Title” 01, no. 1 (2021): 142–59.
Safira, Bahrun, and Siti Naila Fauzia. “Analisis Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Perkembangan Bahasa Anak.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini 6, no. 1 (2021): 11–20.
Savira, Annisa’ Ni’ma, Rahma Fatmawati, Muchammad Rozin Z, and Muhammad Eko S. “Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif.” Factor M 1, no. 1 (2018): 43–56. https://doi.org/10.30762/f_m.v1i1.963.
Septian, Rahmat Yudhi, Maria Botifar, and Deri Wanto. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Moderasi Beragama Siswa Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan 14, no. 2 (2022): 198–213. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v14i2.679.
Siregar, Viktor Deni, and Fredik Melkias Boiliu. “Pendidikan Agama Kristen Humanis Sebagai Pendekatan Dalam Membina Sikap Toleransi Beragama” 8 (2023): 10–17.
Published
2023-07-05
How to Cite
EvimalindaR., Dayanto Butar-ButarR., Dusep DongoranE., Priscila HarahapH., SiregarV. D., NababanY., Lorena HutagalungN., YohameS., Romauli NadapdapD., Natalia SiregarK., Br. SitepuR., Br. SimbolonE., Bitia SilsiliaS., & Angelyna PakpahanV. (2023). Cultivating an Attitude of Religious Moderation for Students at SD Eppata II Batu Aji Batam. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1185-1194. https://doi.org/10.36526/gandrung.v4i2.2922