Training on Preparation of Traditional Games as Teaching Materials for Elementary School Level Pjok Teachers
Abstract
Tujuan dari pengabdian ini adalah dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru pendidikan jasmani dalam merancang permainan tradisional sebagai bahan ajar POK ditingkat sekolah dasar. Pengabdian ini menggunakan metode ceramah melalui aplikasi zoom. penugasan, pengukuran hasil, dan tindak lanjut hasil. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil analisis data Posttest menunjukkan nilai persentase sebanyak 83,1%%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil dari pelatihan ini guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan terjadi perubahan setelah diberi pelatihan dalam merancang suatu permainan. Sehingga pengabdian ini efektif dan dapat mencapai tujuan yang telah diharapkan dalam kegiatan ini
References
Fadli, Z. (2014). Membentuk Karakter Anak dengan Olahraga Tradisional. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(2), 38–44.
Herpandika, R. P., & Yuliawan, D. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Salah Satu Pemecahan Masalah Karakter Bangsa. 1–5.
Kurniawan, A. W., Heynoek, F. P., & ... (2021). Peningkatan kemampuan guru pendidikan jasmani dalam merancang permainan dan olahraga dalam situasi wabah corona (covid 19). PROMOTIF: Jurnal …, 1, 1–12. http://journal2.um.ac.id/index.php/promotif/article/view/17514
Majalengka, U., Abdul, J. K. H., No, H., Barat, J., Majalengka, U., Abdul, J. K. H., No, H., & Barat, J. (2021). Research Physical Education and Sports Research Physical Education and Sports. 3(1), 34–37.
Olahraga, P. P., & Darma, U. B. (2020). TRADISIONAL DI SUMATERA SELATAN. 4(1).
Sukirno. (2020). Belajar pembelajaran pendidikan jasamani berbasis permainan kecil dan tradisional (Maryati (ed.)).
Sumarsono, A. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Atletik Melalui Permainan Berbasis Alam. Magistra, 4, 70–83. http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/magistra
Copyright (c) 2022 GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.