Application of the Home Room Technique in Improving Learning Discipline of PGRI Banyuwangi Middle School Students

Penerapan Teknik Home Room Dalam Meningkatkan Kedisplinan Belajar Siswa SMP PGRI Banyuwangi

  • putri wulandari Universitas PGRI Banyuwangi
  • Siti Napisah Universitas PGRI Banyuwangi
  • Fajar Wahyu Prasetyo Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: bimbingan kelompok teknik home room, kedisiplinan belajar siswa

Abstract

This research was conducted to determine the application of the home room technique in improving the learning discipline of PGRI Banyuwangi Middle School students. This research uses a quantitative method, equivalent control group design. This research sample used purposive sampling. The sample selection obtained was 12 students from a total of 40 students who were included in the low learning discipline category. Research results (Hernia, 2023) if tcount > t table, then Ho is rejected and Ha is accepted. This means that the significance obtained is smaller than 0.05, because of the sig testing method. (2-tailed) < 0.05 then Ho is rejected and Ha is accepted. Which means 0.000 < 0.05, thus Ho is rejected and Ha is accepted, where Ha reads "Home Room Engineering group guidance is effective in improving learning discipline at PGRI Banyuwangi Middle School." accepted

References

Adytia, Ogan wahyu. (2021). Efektivitas Bimbingan kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan, 2(1), 16. https://doi.org/10.24014/japkp.v2i1.10181
Aminah, Yuline, & Astuti, I. (2018). Analisis Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pontianaridwak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7 (9), 3.
Ansel, M. F., & Pawe, N. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar Orangtua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 301– 312. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1209

Andrianie, S. (2022). Teknik Homeroom sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 739–749. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2009
Choerul, A. (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Harnisa. (2018). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. In Jurnal Cendekia (Vol. 10, Issue 02). https://doi.org/10.37850/cendekia.v10i02.66

Hartanti, J. (2022). Bimbingan Kelompok. In Book (pp. 9–29).

Hamza B. uno NInan lamatenggo, Tugas guru dalam pembelajaran aspek yang mempengaruhi, Jakarta: Bumi Aksara, 2016, h,35.
Halim, (2017). a. Bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioral teknik latihan asertif berpengaruh untuk meminimalisir perilaku membolos pada siswa kelas X TKR 4, 5, dan 6 SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi Tahun Ajaran 2017/2018.. Bimbingan dan Konseling
Humida, N. F. (2019). Bimbingan kelompok dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VII MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. In Rabit : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab (Vol. 1, Issue 1). http://www.ghbook.ir/index.php?name=فرهنگ و رسانه های نوین&option=com_dbook&task=readonline&book_id=13650&page=73&chkhashk=ED9C9491B4&Itemid=218&lang=fa&tmpl=component%0Ahttp://www.albayan.ae%0Ahttps://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&q=APLIKASI+PENGENA

Khafifah, S. (2017). Pengaruh kedisipinan belajar terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VIII DI MTs Darul Ma’ Arif Natar Lampung Selatan tahun pelajaran 2016 / 2017 Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan INSTITUT, 1–124.

Kusuma, K. H. (2016). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room Dalam Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri2 Gurah KAB. Kediri tahun 2015 / 2016. Jurnal Kesehatan, 1–8.
Lailani, T., & Wibowo, M. E. (2019). Keefektifan Layanan Penguasaan Konten Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi siswa Skripsi. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(1), 1–87. https://doi.org/10.15294/ijgc.v8i1.25961
Namora, L. L. H. (2016). Konseling Kelompok. Perpustakaan Nasional: Katalog dalam terbitan (KDT) in book.
Ma’sumah, S. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan II Kecamatan Pertahanan Kabupaten Kebumen. Skripsi, 29.
Mahmud, A & Sunarti, K (2012). Mengenal Teknik -Teknik Bimbingan dan Konseling. Makasar: Badan penerbit Universitas Negeri Makasar, 2012 in book 138 hal, 21 cm
MIS Junanah, 2017. (2020). Metode Penelitian Universitas IslamIndonesia. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Issue 2017, pp. 5–24).
Milatunikmah. (2021). Pengaruh Pola ASuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika di SDN Mojorayung 03 Wungu Madiun tahun ajaran 2020/2021 (Issue April).
Rusmana, N. (2019). Bimbingan dan Konseling Kelompok Di Sekolah: Metode, Teknik, dan Aplikasi. Bandung, Jawa Barat. UPT Penerbitan dan Percetakan - Universitas Pendidian Indonesia
Rinda Nur Baita dan Elisabeth Christiana. (2021). “Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 2 Balongbendo”. Jurnal Hasil Riset, 1(1):1-6.
Pebriani, & N. (2023). Identifikasi Penyebab Siswa Tidak Disiplin Dalam Menaati Tata Tertib Sekolah Di Sma Negeri 10 Kota Jambi.
Putri, R. (2021). Analisis Disiplin Belajar Sisea Selama Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri $ Pekanbaru tahun Ajaran 2020/2021. (Vol. 3, Issue 2). https://repository.uir.ac.id/11525/1/166510837.pdf

Safithry, E. A., & Anita, N. (2019). Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 33–41. https://doi.org/10.33084/suluh.v4i2.624

Sahwono, O. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Kelas IV C MI Nurul Islami Sekarbela Mataram. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699.

Selawati, N. (2020). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Token Economy Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Disik Kelas SMK Negeri 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 14, Issue 2). http://www.unpcdc.org/media/15782/sustainable procurement practice.pdf%0Ahttps://europa.eu/capacity4dev/unep/document/briefing-note-sustainable-public procurement%0Ahttp://www.hpw.qld.gov.au/SiteCollectionDocuments/ProcurementGuideIntegratingSustainabilit
Suriani, Y. (2023). Penggunaan Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Disiplin Waktu Pada Siswa MTsS Ar-Risalah Aceh Jaya. Bimbingan Dan Konseling Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, 1–62. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/


Santoso, S. Mahir (2018) Multivariat dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Santoso (2018) Metodelogi penelitian dan teknik penyusunan skripsi ; jakarta :rineka cipta, 2011
Sastrohadiwirjo, S. Manajaemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasi dan operasional, Jakarta: Bumi Aksara, 2002, h,290.
Sabila, R. F., & Isroah. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar Kompetensi Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 1–13.

Fratiwi, M. E., & Padillah, R. (2018). Efektivitas Konseling Kelompok Rational Emotive Behaviour Therapy Untuk Meminimalisir Tingkat Pergaulan Bebas Siswa Kelas Xi Akutansi Smk 17 Agustus 1945 Muncar. Fkip Universitas Pgri Banyuwangi, 86–97. https://doi.org/10.31227/osf.io
Published
2024-12-04