PERSEPSI SISWA KELAS VIII TERHADAP PERAN GURU BK DALAM MEMBERIKAN LAYANAN INFORMASI DI SMPN 1 SEMPU

  • Icha Febrianing Sari Bimbingan dan konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwnagi
  • Miftahul Arifin Bimbingan dan konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwnagi
  • Ratna Wulandari Bimbingan dan konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwnagi
Keywords: Perception, the role of the BK teacher, information service

Abstract

This study aims to determine the relationship between students' perceptions of the role of BK teachers in providing information services at SMPN 1 SEMPU. This type of research is descriptive quantitative. The research population is class VIII students and uses proportional random sampling technique. The results showed that the results showed that the effective contribution of the variable perception of class VIII students to the role of BK teachers in providing information services at SMPN 1 SEMPU was 57.5%. So that there are 42.5% related to student perceptions not examined in this study. It can be concluded that there is a significant positive relationship between the perceptions of class VIII students on the role of BK teachers in providing information services at SMPN 1 SEMPU. This means that the higher the role of the BK teacher in providing information services, the higher the student's perception will be. On the other hand, if the role of the counseling teacher in providing information services is low, the student's perception will also be low

References

Salistrama. 2020. Persepsi Siswa Terhadap Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah SMA Negeri 2 Paju Epat. Jurnal Inovasi BK, 2(2), 50-51.
Larasati, Umi. 2016. Peran Guru Sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan Konseling Dalam Membangun Sikap Disiplin Siswa di SD Negeri Keputran 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Trihayu: Jurnal pendidikan ke-SD an, 3(1),45.
Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Waktu, Jarak dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi khusus PGSD), 20(2), 153. https://e-journal.usd.ac.id.
Busmayaril,& Heldayani. (2016). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Karya Penggawa Kabupaten Pesisir Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 113-116. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli.
Hasibuan, A.D. (2018). Peran Guru BK Masa Kini : Sebuah Kajian Tentang Fenomena Pendidikan Indonesia. Al-Irsyad: Jurnal pendidikan dan konseling, 8(1), 60.
Jayanti, E. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Layanan Bimbingan Konseling di MAN Indrapuri Aceh Besar.Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Ranry Darussalam-Banda Aceh.
Rizki, A.M. (2019). Upaya Meminimalisir Persepsi Negatif Peserta Didik Melalui Layanan Informasi Terhadap Keberadaan Guru BK. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kartika, T.A.T. (2021). Hubungan Media Sosial Terkait Informasi Pandemi Covid-19 dengan Tingkat Kecemasan Ibu-ibu Rumah Tangga Tahun 2020-2021 Perum Sutri RT 06/ RW 03 Sobo, Banyuwangi. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwangi.
Sobur, A. 2016. Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah cetakan ke-2. Bandung. CV Pustaka Setia.
Jayanti, F.,& Arista, N.T. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Kompetensi, 12(2), 213. https://journal.trunojoyo.ac.id.
Sudarsono, A., & Suharsono, Y. (2016). Hubungan Persepsi terhadap Kesehatan dengan Kesadaran(Mindfulness) Menyetor Sampah Anggota Klinik Asuransi Sampah di Indonesia Medika. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(1), 37. https://ejournal.umm.ac.id.
Meliza., Wanto, D., & Asha, L. (2020). Persepsi Masyarakat Sukaraja, Rejang Lebong Terhadap Edaran Menteri Agama Nomor: SE. 6. Tahun 2020 Mengenai Tata Cara beribadah Saat Pandemi. Jurnal penelitian dan pengabdian masyarakat, 9(1), 6. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id.
Benu, P. F., & Benu, P. A. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif Ekonomi, Sosiologi, Komunikasi, Administrasi, Pertanian, dan lainnya. Jakarta: Prenadamedia Group (Divisi Kencana).
Shauma, A., & A, Z. A. (2015). Efektifitas Iklan Politik di Media Televisi (Studi Deskriptif Kuantitatif Efektifitas Iklan Politik Aburizal Bakrie Versi Motivasi Anak Indonesia Pada Pemilih Pemula di Surabaya). Jurnal Ilmu Komunikasi, 3. 33.
Ginanjar, G., & Kusmawati, L. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Melalui PendekatanPembelajaran Konstruktivisme Pembelajaran Matematika di Kelas3 SDN Cibaduyut 4. Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(2), 266. http://journal.stkipsubang.ac.id. Diakses Minggu, 20 Maret 2022.
Muttaqin, R., Wagimin., & Tadjri, I. (2017). Keefektifan Layanan Informasi Karier Berbantuan Video Interaktif dan Live Modeling untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling. 6(2), 177. https://journal.unnes.ac.id. Diakses Sabtu,26 Maret 2022.
Listianah. (2013). Penerapan Layanan Informasi dengan Menggunakan Media Movie Maker untuk Meningkatkan Pemahaman Memilih Studi Lanjut Pada Siswa Kelas XII di SMA Negeri 3 Lamongan. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling. 1(1), 160-161. https://media.neliti.com. Diakses Rabu, 30 Maret 2022.
Hayati, R. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Cerdas Format Klasikal (PKC-KA) dalam Layanan Informasi. AL-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling. 9(1), 91-92. http://jurnal.uinsu.ac.id. Diakses Rabu, 30 Maret 2022.
Hidayati, A., & Ismail. (2018). Layanan Informasi Belajar Berbasis Multimedia. Jurnal Kependidikan. 2(2), 236. https://journal.uny.ac.id. Diakses Kamis, 31 Maret 2022.
Yadi, R. (2015). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menangani Peserta Didik. JMBK. 2(1), 108. https://ojs.uniska-bjm.ac.id. Diakses Kamis, 7 April 2022.
Fitriyanti, I., Ferdiansyah, M., & Arizona. (2019). Peran Guru BK Dalam Mengidentifikasi Kesulitan Belajar Siswa di SMA Bina Jaya Palembang. JUANG: Jurnal Wahana Konseling. 2(2), 105. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id. Diakses Kamis, 7 April 2022.
Prayitno, H., & Amti, E. 2015. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta. Rineke Cipta.
Juwanto. (2020). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Penggunaan Handphone Oleh Siswa di SMA II Pembangunan Kota Padang. Jurnal Psikodidaktika. 5(1), 88-89. https://journals.unihaz.ac.id. Diakses Kamis, 14 April 2022.
Putro, G.R.H. (2016). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kompensasi dengan Motivasi Kerja Pada Guru SLB Negeri 01 Bantul Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Psikologi Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. https://repository.usd.ac.id. Diakses Senin, 18 April 2022.
Nurtjahjanti, H. (2012). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Harga dan Kualitas dengan Minat Membeli Produk Fashion Onlineshop di Facebook pada Mahasiswa Politeknik X Semarang. 2 Jurnal Psikologi Undip. 11(2). https://ejournal.undip.ac.id. Diaskes Senin, 18 April 2022.
Noviandari, H., & Kawakib, J. Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Self Efficacy Belajar Siswa. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan. 3(2), 76-86. https://jurnal.yudharta.ac.id. Diakses Minggu, 22 Mei 2022.
Published
2022-11-22