KEPUASAN SISWA DENGAN MINAT KOMPETENSI KEAHLIHAN NAUTIKA KAPAL PENANGKAP IKAN PADA KELAS X DI SMK NEGERI 1 GLAGAH BANYUWANGI

  • nanang S Bimbingan dan konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwnagi
  • Achmad Sulthoni Bimbingan dan konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwnagi
  • Siti Napisah Bimbingan dan konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwnagi
Keywords: Kepuasan, Minat Bakat, Kopetensi

Abstract

kepuasan siswa dalam pelajaran merupakan komponen yang sangat penting bagi mereka untuk memperoleh pengetahuan atau keterampulan. Seorang siswa  dianggap merasa puas jika memenuhi kebutuhan dan harapan. sehingga adanya peran guru BK untuk mengembangkan Minat siswa untuk mengasah pengetahuan dan ketrampilan siswa kelas X Nautika Kapal Penangkap Ikan di SMKN 1 Glagah Banyuwangi sehingga siswa merasa Puas masuk di jurusan NKPI sehingga bisa menjadi generasi penerus sebagai pelaut yang handal dan berprestasi. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui hubungan Kepuasan siswa dengan minat kompetensi keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan di SMKN 1 Glagah Banyuwangi. Penelitian ini berjenis Kuantitatif dengan pendekatan deskriptif ,menggunakan metode kuesioner atau angket sebagai alat pengumpulan data. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling  dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian., sehingga sampel yang digunakan khusus siswa kelas X NKPI 1 dan 2 yang berjumlah 59 Responden. Dan untuk mengukur hasil penelitian ini menggunakan uji Validitas, Reliabilitas, dan Regresi Linier dengan menggunakan bantuan Software IBM SPSS 21 For Windows. asil uji koefisien regresi koefisien regresi X sebesar 0,869  menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai kepuasan maka bertambah sebesar 0,869. Koefisien regresi tersebut bernilai positif. Dan dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif, sedangkan nilai signifikan sebesar 0,025 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Kepuasan (X) berpengaruh terhadap variabel Minat (Y). Sehingga dapat dinyatakan bahwa hasil hipotesis yang berbunyi “ ada pengaruh kepuasan siswa dengan kompetensi keahlian Nautika Kapal Penangkap ikan di SMKN 1 Glagah Banyuwangi”.

References

Arikunto, Suharsini. (2016). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta.
As’ad, S.A, Noermijati. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Aplikasi Management. Vol 11 (No 03). hlm 400
Atikah (2014) Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Melalui Total Quality Education Sebagai Mediator. Economic Education Analysis Journal. EEAJ 6 (3) pp. 877-891
Fauziah, ivo dkk. Analisis Karakteristik Dan Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Tingkat Hunian Pada Wisma Balai Produksi Dan Informasi Audio Visual Surabaya. Journal Of Civil Engineering. Vol 33 (No 02).hlm 68
Anonim. (2011). Pedoman Mutu Unit Kerja Kesiswaan tentang Penerimaan Siswa Baru SMA dan SMK Marsudi Luhur I Yogyakarta. Diakses dari http://www.smkmarsudiluhur1yk.sch.id
Atmojo,T. (2010). Mengukur Kepuasan Pelanggan. Diakses dari wordpress.com/200609/24/ Balitbang diknas. Model Pengembangan Diri
Bungin, Burhan. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Edisi Kedua). Jakarta: Cet Ke-III. Jakarta : Balai Pustaka
Danim. (2015) Mengukur kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pendidikan. Yogyakarta: UII Pres
Gybers, N. C., Herderson P. (2012). Developing dan Managing Your School Guidancedan Counseling Program, American Counseling Association. Diakses dari https://www.counseling.org/publications/frontmatter/72915-fm.pdf
Gusnardi, S,Y.M. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Dan Motivasi Dalam Pembelajaran Kelompok (Cooperative Learning) Dan Kaitannya Dengan Hasil Belajar Akuntansi Di Smklabor Binaan Fkip Unri Pekanbaru. Pekbis Jurnal. Vol 09 (No 02). hlm 79
J. Supranto, prof. M.A.,APU (2006). Pengukuran tingkat kepuasan untuk menaikkan pangsa pasar. Jakarta : Rineka cipta
Kasiram. (2008). Metodelogi Penelitian : Kualitatif-Kuantitatif. Malang : UIN -Maliki Press Pendidikan.
Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller, 2008, Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Indeks : Jakarta
Kurniasih, Sani. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan, Surabaya: Kata Pena
Komariah, Triatna. (2014) Visionary Leadershp Menuju Sekolah Efektif. Bandung. Bumi Aksara.
Lupiyoadi. (2013) Pengembangan Sumberdaya Manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan, Depdikbud, Jakarta
Mulyasa, H.E. (2013). Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Naser Ibrahim Saif MD, 2014, The Effect of Service Quality on Student Satisfaction: A Field Study for Health Services Administration Students, International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 4, No. 8; June 2014
Nofiatin. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Memilih Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Di Smk Bopkri 1 Yogyakarta. (Skripsi) Program studi pendidikan administrasi perkantoran jurusan pendidikan administrasi Fakultas ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Prayitno dan Erman Amti. (2009). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta.
Prayitno dan Erman Amti. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta.
Prayitno. (2004). Layanan Penempatan dan Penyaluran. Padang : FKIP Universitas Negeri Padang.
Qolbina, F.Y. (2017). Tingkat Kepuasan Siswa Dalam Pelayanan Arah Minat pada Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol.06 (No.02). hlm 01.
Rangkuti. (2014), Mengukur Meningkatkan Kepuasan siswa terhadap layanan di sekolahan. Jakarta: SMKN 1 JAKARTA UTARA
Sangadji, Mamang Etta dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsemen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : ANDI Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 2011. Metodelogi Penelitian Survei. Lampung : LP3ES. 59
Sari, Bida (2018). Korelasi, Determinasi, dan Regresi Sederhana. By Bida Sari di akses pada
https://dosen.yai.ac.id/v5/dokumen/materi/030013/103_20211228095209_Pertemuan%2013_Korelasi%20dan%20Regresi%20Sederhana.pdf
Sudjana, N. (2009). Tuntunan penyusunan karya ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sudirman. (2016) , Pengaruh kepuasan Siswa terhadap layanan Manajemaen sekolah. Jurnal Maker: Jurnal Manajemen
Sopiatin, popi.2015. manajemen belajar berbasis kepuasan siswa. Bogor : Ghalia indonesia
Subagio, H. Pranoto, G,R (2008) Analisa Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer Satisfaction Pada Konsumen Di Rosetta’s Cafe & Resto Surabaya. Jurnal Manajemen pemasaran Petra.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta
Sukardi, Dewa Ketut. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program BimbinganKonseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu
Suprapto. (2013). Metodelogi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta : CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Supriyo, Lestari Dina. (2016). Kontribusi Minat Jurusan, Kualitas Layanan Informasi Karir, Dan Pemahaman Karir Terhadap KemampuanMengambil Keputusan Karir. Jurnal Bimbingan Konseling, Vol 05 (No 01). hlm 01
Susilowati, Any . (2014). Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Smkn 1 Badegan Ponorogo. Jurnal Hisbah, Vol. 1+1, No. 151
Tjala. A, (2016) Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Konseling Individu. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol 05 (No 01). hlm 89
Tjiptono, Fandy, (2008). Strategi Pemasaran, Edisi 3, Andi: Yogyakarta
Tohirin (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta : RajaGrafindo Persada.
Tohirin. (2008). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Tri, Retno Hariastuti. (2008). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Surabaya : Unesa University Press
Triatna (2014) Panduan Praktis Pengelolaan Sekolah. Yogyakarta : Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta dan Adicita Karya Nusa
Yanuar Fitron, Q. (2017). Tingkat Kepuasan Siswa Dalam Playanan Arah Minat Pada Implmentasi Kurikulum 2013. Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counsling; Theory and Applicaion.
Published
2022-11-22