MEMAHAMI KONSEP DIRI TENTANG SEKSUAL PELECEHAN PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 SEMPU

  • Shofiyah Rizqi Lafensa Bimbingan dan konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwnagi
Keywords: understanding self-concept, Sexual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan pelecehan seksual pada siswa kelas VII SMPN 1 Sempu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah 60 siswa yang dipilih dengan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan pelecehan seksual. Hal ini terlihat dari hasil uji F yang dilakukan, hasil uji F menunjukkan nilai signifikan yang diperoleh lebih kecil dari 0,05, (<0,01 < 0,05)

References

Aini, Jumratul. 2021. “The Role of Teachers in Utilizing the Library at SDN Manggelewa District for the 2020/2021 Academic Year” (thesis). Mataram: Muhammadiyah Universitas Mataram.

Amir, M Taufik. 2017. Merancang Kuesioner: Konsep dan Pedoman Sikap, Penelitian Kepribadian, dan Perilaku. Edisi kedua. Jakarta : Kencana.

Anggraeni, Vilma Dewi. 2019. Etika pribadi. Edisi pertama. Bogor : PT Penerbit IPB Press.

Kirzin, Muhammad. 2018. Kapita Selecta Pendidikan Mencermati Fenomena Pendidikan di Indonesia dari Berbagai Disiplin Ilmu. Edisi pertama. Surabaya: Mitra Mandiri Persada.

Clara, Evie. Wardani, Ajeng Angrita Dwikasih. 2020. Sosiologi keluarga. Edisi pertama. Jakarta Timur : UNJ Press.

Darwin, M. Mamondol, M R. Sormin, S A. Nurhayati, Y. Tambunan, H. Sylvia, D. Adnyana, IMD M. Prasetiyo, B. Vianitati, P. Gebang, A A. 2021. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif .Edisi pertama. Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.

Djali. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Edisi pertama. Jakarta : PT. Bumi literatur

Fahmeyzan, Dodiy. Soraya, Siti. Emmy, Desventry. 2018. “Uji Normalitas Data Perputaran Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro di Desa Senggigi Menggunakan Skew”. Jurnal Varian. 02:32. Farida. Musyarofah, A. 2021. “Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir”. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. 1-41.

Fithriyana, R. (2019). “Hubungan Fungsi Afektif Keluarga dengan Pergaulan Bebas Remaja di MTs

Swasta Nurul Hasanah Tenggayun”. Jurnal ilmu pendidikan. 1:73-77.

Hayuningtyas, Anis Restu. 2018. “Hadrah Sebagai Media Dakwah Dalam Meningkatkan Semangat Kegiatan Keagamaan Remaja Di Desa Sidodadi Kecamatan Pardasuka Pringsewu” (tesis). Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Idayati, Nur. (2020). “Produksi Pengetahuan Seksualitas: Representasi Pelecehan Seksual Remaja di Puger” (tesis). Jember : Universitas Jember.

Kompas.com. 10 September 2021. Ibu yang membuang janinnya ke dalam sumur ternyata menjadi korban pelecehan seksual oleh tetangganya. Diakses pada tanggal 7 April 2022 dari https:// regional.kompas.com/read/2021/09/10/201752678/ibu pembuangjanin di-sumur-ternyata- korban-pencabulan-tetangganya.

Kompas.com. 22 Februari 2022. Pasal yang mengatur kekerasan seksual. Diakses pada 7 April, 2022, dari Pasal Mengatur Kekerasan Seksual Halaman 2 – Kompas.com.

Manalu, H A. Wibowo, D H. 2021. “Konsep diri dan kenakalan remaja pada anak jalanan”. Jurnal Ilmiah PSYCHE. 15:125-134.

Mayasari, Ade Tyas. Febryanti, Helen. Primadevi, Inggit (2021). Kesehatan Reproduksi Wanita Sepanjang Siklus Kehidupan. Edisi pertama. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala Press. Mukhid, Abd. 2019. Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Edisi pertama. Surabaya : CV. Penerbitan Jakad Media.

Mutiarani, Wilhar. 2020. “Ketahanan Korban Pelecehan Seksual” (tesis). Kendari: Institut Agama Islam Negeri Kendari. Ni'matuzahro. Prasetyaningrum, Susanti. 2018. Observasi: Teori dan Aplikasi dalam Psikologi. Edisi pertama. Malang : UMM Press. Noor, Triana R. 2018. “Remaja dan Pemahaman Keagamaan”. Jurnal Pendidikan Islam. 3:56.

Noviandari, Harwanti. Miyaningrum. 2018. “Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa”. Jurnal Sosioeducational. 7:65.

Nurachma, Fungki F. 2017. “Hubungan Antara Pemahaman Bakteri Dengan Sikap Menjaga Kebersihan Mahasiswa” (tesis). Bandung: Universitas Pasundan Bandung.

Respati. Yulianto. Widiana (2006) “Perbedaan Konsep Diri Antara Remaja Akhir Persepsi Pola Asuh Otoriter, Permisif dan Otoritatif”. Jurnal Psikologi. 4:122-123. Rismawanti, V. 2021. “Tinjauan Sikap Remaja Terhadap Pelecehan

Seksual di SMAN 2 Rengat Tahun 2019”. Jurnal Riset dan Kajian Ilmiah. 01:104- 111.

Riyanto, S. Hatmawan, A A. 2020. Metode Penelitian Penelitian Kuantitatif Penelitian Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Edisi pertama. Yogyakarta : CV. Budi Utama.

Sayekti, Widya N L. 2019. “Kontribusi Uji Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi, dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kompetensi Profesional Guru”. jurnal ustjogja. 02:126.

Sukendra, I Km. Atmaja, I Kd Surya. 2020. Instrumen Penelitian. Edisi pertama. Denpasar : Mahameru Press.

Khawatir. Aziz. 2020. “Pelecehan Seksual Wartawan Perempuan di Indonesia”. Jurnal Studi Gender. 13:414-415.

Ulfaningrum, Hayu. Fitriansari, Rizki. Mar'ah Eka Misbahatul. (2021) “Studi literatur determinan perilaku pencegahan pelecehan seksual pada remaja”. Jurnal ilmu kesehatan. 2,:198.

Wahyuni, Putri. Irma, Ade. Arifin, Syamsul. 2021. Perempuan : perempuan dan media vol 2. Edisi Pertama. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala Press.

Wijaya, Putri. 2019. “Sumber Informasi, Peran Keluarga, Pengetahuan dan Konsep Diri Pencegahan Kekerasan Dalam Perilaku Pacaran”. Jurnal Pendidikan Keperawatan. 2:95-108.

Wirenviona, R and Riris, AAIDC 2020. Pendidikan kesehatan reproduksi remaja. Pertama Edisi. Surabaya : Universitas Airlangga Press.

Wirman. Sari. Hardianti. Roberto. 2021. “Dimensi Konsep Diri Korban Pelecehan Seksual Cyber di Kota Pekanbaru”. Jurnal Ilmu Komunikasi. 9:79-92.

Yusup, F. 2018. “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif”. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 7:18

Published
2022-11-22