PENGARUH KECEMASAN MAHASISWA DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PROSES PENYUSUNAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI

  • Harwanti Noviandari Universitas PGRI Banyuwangi
  • Raup Padillah Universitas PGRI Banyuwangi
  • Dody Nugroho Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: Anxiety,family support and thesis

Abstract

The aims of this study are 1. To measure anxiety that can affect students in the process of writing a thesis at PGRI Banyuwangi University. 2. To measure family support can influence students in the process of writing a thesis at PGRI Banyuwangi University. 3. To measure anxiety and family support can affect students in the process of writing a thesis at PGRI Banyuwangi University. This study uses descriptive quantitative data collection using observation and questionnaires. The population in this study were all final year students at PGRI Banyuwangi University and a sample of 30 students. In taking the sample using the Proportional Sampling technique. The data analysis technique in this study uses the product moment correlation technique. The results showed that the effective contribution of the anxiety variable and family support to the thesis preparation process was 84.2%. So that there are 15.8% of other variables that affect the preparation of the thesis other than the two X variables studied. Variables that may influence the preparation of the thesis are emotional, individual/group conflicts, communication and so on.

References

Alex., S. (2016). Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.
Annisa, I. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). KONSELOR, 94.
Arumsari:, H. (2015). PENGARUH TERAPI HIPNOTIS LIMA JARI UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI STIKES MUHAMMADIYAH KLATEN. 26 MOTORIK, VOL .10 NOMOR 21, 26-27.
Asad, M. (2012). Psikologi Industri. Yogjakarta: Liberty.
Asiyah. (2016). REINVENTING KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DALAM MENCIPTAKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. NUANSA Vol. IX, No. 2,, 154.
Barnawi, A. &. (2015). Micro teaching. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Beta:, A. (2018). MOTIVASI MAHASISWA dan DUKUNGAN KELUARGA TERDAPAT KECEMASAN MAHASISWA dalam PENYUSUNAN TUGAS AKHIR. Multi Science Kesehatan. Vol. 09.
Dalman, H. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
DWIGITA. (2018). PERBEDAAN DUKUNGAN ORANG TUA DITINJAU DARI STATUS EKONOMI PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS MEDAN AREA STAMBUK 2016 . Universitas Medan Area, 15-18.
Etrawati, M. Y. (2018). ASPEK INOVASI YANG MEMENGARUHI KOMUNIKASI KESEHATAN REPRODUKSI PADA MAHASISWA DI KOTA PALEMBANG TAHUN 2018. Majalah Ilmiah Sriwijaya, Volume XXX, No.17, 61.
Filer, E. D. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR DI STIKES PAYUNG NEGERI PEKANBARU. Jurnal Ners Indonesia, Vol. 8, No. 2,, 124-125.
Ghufron, R. (2018). HUBUNGAN ANTARA ORIENTASI RELIGIUSITAS DENGAN KEPUASAN HIDUP. TAZKIYA Journal of Psychology Vol.6 No. 1, 145-146.
Mulya, a. E. (2016). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Jurnal EMPATI, vol. 5, no. 2,, 296-302.
Haiya, A. G. (2018). MOTIVASI MAHASISWA BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI TUGAS AKHIR. Jurnal SMART KeperawatanSekolah Tinggi IlmuKesehatan (STIKes) KaryaHusada Semarang, 41-42.
Hartaji. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orang Tua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma, Jakarta, 6.
Hawari, D. (2013). Stress management Mental Disorder Stress. Jakarta: Badan Penerbit FKUI,.
Hayat. (2014). KECEMASAN DAN METODE PENGENDALIANYA. KHAZANAH: Vol. XII. No. 01, 53-54.
lasri, p. (2014). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG. Jurnal CARE, Vol. 2, No. 2,, 12-13.
Lubis. (2019). Kecemasan Menyusun Skripsi Ditinjau Dari Perfeksionisme Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Prima. Psikologi Prima.Vol. 02. No.02., 30.
Luthfiani, A. (2020). Tingkat Kecemasan Dengan Mekanisme Koping Pada Pasien Efusi Pleura Dengan Tindakan Evakuasi Cairan Pleura Di Ruang Pulmonary Center RSUD Dr. Iskak Tulungagung. Jurnal Of Health Science Community, 5.
Mahdi, M. (2014). Panduan Penelitian Praktis untuk Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung : Alfabeta.
Mardjan, H. (2016). Pengaruh Kecemasan Pada Kehamilan Primipara Remaja. Pontianak: AG Litera.
Nasution, W. (2019). PENGARUH PENGUASAAN PENGUKURAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN. Jurnal Education and development, 176.
Ramadhan, A. F., Sukohar, A., & Saftarina, F. (Juli 2019). Perbedaan Derajat Kecemasan Antara Mahasiswa Tahap Akademik Tingkat Awal dengan Tingkat Akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Volume 9 Medula, 78-80.
Safaria, (2012). Manajemen Emosi, Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif Dalam Hidup Anda. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Santosa, (2020). PENGARUH KULIAH MELALUI WHATSAPPS TERHADAP KEPUASAAN MAHASISWA D3 MANAJEMEN PAJAK UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA (UBSI) CABANG SALEMBA 22 JAKARTA. Belum diterbitkan, 6.
Simanjuntak, (2020). REGULASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DARI KELUARGA PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 . Jurnal Experentia Volume 8, Nomor 2, 122-123.
Stuart, S. (2016). Principles and Practice of Psychiatric Nursing 10th edition. USA: Mosby Company.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian KOMBINASI (Mixed Methos). Jakarta: FKUI.
Triwantoro. (2017). PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR ANTARA MAHASISWA PEKERJADENGAN MAHASISWA AKTIVIS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS1945 MAHASISWA AKTIVIS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS1945. Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 15.
Widigda, S. (2018). Kecemasan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepulauan Dalam Menghadapi Skripsi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, VI (2),, 190-199.
Winata, F. S. (2018). Regulasi diri (pengaturan diri) sebagai determinan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN Vol. 3 No. 1, 1-6.
Yusuf LN, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2022-03-11