Implementasi Rancangan Informasi Geografis Lokasi Sekolah SMA dan SMK

  • Heri Kurniawan Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Nova Mayasari Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Dina Aulia Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
Keywords: Sistem Informasi Geografis, Sekolah, Android, Google Maps

Abstract

Sistem informasi yang menyajikan informasi sekolah SMA/SMK di Desa tersebut hanya menampilkan gambar dan namanya saja yang disajikan dalam bentuk peta, media iklan surat kabar dan web yang belum menyajikan informasi pfrofil masing masing sekolah dan petunjuk langsung ke lokasi sekolah yang dituju secara jelas dan nyata. Permasalahan yang didapat dari informasi media tersebut bagi orang tua calon siswa dan siswa itu sendiri adalah tidak mendapatkan pentunjuk dan informasi profil sekolah secara jelas dan langsung lokasi sekolah letak posisi secara geografisnya. Hal ini dibutuhkan teknologi yang dapat menyajikan
infromasi sekolah yaitu Sistem informasi geografis (SIG) Seperti hal dengan informasi yang memberi penjelasan dalam informasi sekolah harus meliputi data dan gambar yang nyata dan benar. Sehingga para orang tua calon siswa dan calon siswa itu sendiri yang ingin bersekolah ke Desa Klambir V Kebun tetapi masih belum tahu lokasi atau tempat sekolah serta inforasi sekolah tersebut yang cukup untuk dikunjungi dapat diketahui oleh orang tua calon siswa dan calon siswa itu sendiri yang akan bersekolah. Untuk mengatasi
masalah tersebut penulis menggunakan pendekatan pada model pemetaan digital berupa SIG(Sistem Informasi Geografis) dengan berbasis mobile android memanfaatkan google maps sebagai peta digital. Metode yang di pakai dalam peneltian ini dengan
menggunakan UML (Unifed Modeling Language), program PHP, java dan database MySQL sebagai penyimpanan data. Sistem informasi Geografis (SIG).

Published
2023-04-11
How to Cite
Heri Kurniawan, Nova Mayasari, & Dina Aulia. (2023). Implementasi Rancangan Informasi Geografis Lokasi Sekolah SMA dan SMK. JOURNAL ZETROEM, 5(1), 68 - 71. https://doi.org/10.36526/ztr.v5i1.2708
Section
Article

Most read articles by the same author(s)