Rancang Bangun Sistem Kontrol Dan Pemantauan Lampu Buah Naga Berbasis GPRS Dan Webpage PHP

  • Muhammad Arifin Ardi Universitas PGRI Banyuwangi
  • Untung Suryadhianto Universitas PGRI Banyuwangi
  • Razki Nalandari Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: ACS712, ZMPT101B, SIM800L, GPRS

Abstract

Pada dasarnya metode penyinaran menggunakan lampu pada kebun buah naga yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat produktifitas buah naga masih menggunanakan cara manual dan dirasa kurang efisien dalam segi waktu dan tenaga. Sehingga perlu dibuatkan alat yang dapat digunakan untuk mengontrol dan memantau proses penyinaran menggunakan teknologi terbarukan yang lebih efisien dan lebih cepat.
Pada penelitian ini dibuatlah sebuah alat yang dapat digunakan oleh petani buah naga yang dapat digunakan untuk mengontrol dan memantau proses penyinaran pada kebun buah naga menggunakan teknologi jaringan GPRS dengan akses kontrol yang berada pada webpage. Data dalam proses kontrol pada penelitian ini adalah dengan melakukan pengukuran besaran arus dan besaran tegangan. Hasil dari pengujian sistem pada tingkat ketepatan akurasi sensor arus dan tegangan yang dilakukan selama 10 kali pengambilan data. Pada jenis pengkuran daya didapatkan persetase error sebesar 0,12303% dan error sensor tengangan pada besaran 0,00776331% serta persentase error sensor arus pada nilai 0,12762%.

Hasil dari pengujian sistem berdasarkan tingkat akurasi dan kecepatan pengiriman data yang dilakukan selama 10 kali pengambilan data didapatkan hasil bahwa semua data dapat terkirim tanpa satupun kehilangan data serta dengan kecepatan pengiriman antara software ke hardware dengan kecepatan 1,4 detik dengan kacepatan akses internet sebesar 120,5kbps serta kecepatan pengiriman data dari hardware ke software berada pada 7 detik dengan kuat sinya mencapai -80dBm.

Published
2020-10-24
How to Cite
Muhammad Arifin Ardi, M. A. A., Untung Suryadhianto, U. S., & Razki Nalandari, R. N. (2020). Rancang Bangun Sistem Kontrol Dan Pemantauan Lampu Buah Naga Berbasis GPRS Dan Webpage PHP. JOURNAL ZETROEM, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/Zetroem/article/view/1018
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)