About the Journal

Journal of Educational Enginering and Enviroment atau disingkat JEEE merupakan jurnal berkala dua bulan (Mei dan Desember) yang memuat berbagai artikel berupa penelitian, tinjauan sistematis, dan studi kasus di bidang teknik industri, Teknik mesin, Teknik elektro, Teknik lingkungan, Teknik sipil , dan Pendidikan Teknik. Publikasi jurnal penelitian JEEE bertujuan untuk mendistribusikan hasil pemikiran, gagasan konseptual, studi kasus dan hasil penelitian.Penulis yang ingin mengirimkan naskahnya ke redaksi JEEE harus mematuhi pedoman penulisan. Jika naskah yang dikirimkan tidak sesuai dengan pedoman atau ditulis dalam format yang berbeda, maka naskah akan DITOLAK oleh editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Editor hanya akan menerima naskah yang memenuhi format yang ditentukan. Semua naskah yang dikirimkan harus bersifat original dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan tidak sedang dikirimkan untuk diterbitkan di tempat lain. Semua pengirim naskah harus membaca dan menyetujui isi naskah, selain itu setiap naskah hasil studi eksperimental yang dilaporkan telah dilakukan dengan persetujuan komite etik dan tidak berbau sara. Artikel yang telah diterima oleh redaksi akan diproses sesuai tahapan pengelola jurnal.

Artikel akan dinilai untuk diuji kelayakan oleh anggota dewan redaksi dan kemudian dikirim untuk reviewer eksternal dan internal. Pemilihan artikel yang dipublikasikan di JEEE menggunakan sistem peer-review double blind. Proses review dilakukan dalam waktu maksimal 1 bulan untuk satu kali review. Naskah dikirimkan ke  peer-review sesuai dengan bidang penelitian, dan dewan redaksi membuat keputusan berdasarkan ulasan para peer-review. Keputusan oleh dewan redaksi dapat diklasifikasikan menjadi 4 kategori, artikel diterima tanpa perbaikan (Accepted Submission), artikel perlu revisi dari penulis sebelum diterima (Required Revision), penulis harus melakukan perbaikan mendasar dan artikel akan melalui proses review lagi (Resubmit for Review ), dan artikel tidak dapat diterima untuk diterbitkan (Decline Submission).

Penulis memiliki waktu satu bulan untuk memperbaiki artikel jika melampaui batas tersebut secara otomatis dianggap gugur dan membatalkan publikasi. Pengembalian artikel kepada penulis untuk perbaikan tidak berarti bahwa artikel tersebut telah diterima untuk diterbitkan. Setelah teks yang direvisi diterima, keputusan dibuat oleh dewan redaksi. Penulis harus mengembalikan teks yang diperbaiki, bersama dengan tanggapan atas semua komentar dari reviewer. Koreksi sederhana pada teks, gambar, atau tabel tidak diperbolehkan pada tahap review akhir.