ANALISIS KANDUNGAN BORAKS PADA CAMILAN RINGAN DI KAMPUS UNIBA MENGGUNAKAN EKSTRAK BUNGA TELANG (CLITORIA TERNATEA L.)

ANALISIS KANDUNGAN BORAKS PADA CAMILAN RINGAN DI KAMPUS UNIBA MENGGUNAKAN EKSTRAK BUNGA TELANG (CLITORIA TERNATEA L.)

  • Rika Safitri Universitas PGRI Banyuwangi
  • Reny Eka Evi Susanti Prodi Kimia, Fakutas MIPA, universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: Bunga Telang, Boraks, camilan

Abstract

Bleng banyak digunakan dalam insudtri makanan seperti halnya bakso, kerupuk, dan mie. Penggunaan bleng bertujuan sebagai pengembang sekaligus pengenyal makanan. Bleng merupakan campuran garam mineral konsentrasi tinggi yang mengandung senyawa Natrium Tetraborat atau lebih dekenal dengan sebutan garam boraks. Pada penelitian ini, peneliti bertujuan melakukan analisis kandungan boraks pada camilan yang berada di kantin Universitas PGRI Banyuwangi (UNIBA) dengan menggunakan ekstrak bunga telang sebagai komparator warna. Proses pembuatan ekstrak bunga telang menggunakan teknik penghancuran dan marinasi dalam pelarut aquades menghasilkan larutan berwarna ungu pekat. Analisis Natrium borat menggunakan teknik komparator warna dari senyawa antosianin yang terkandung pada ekstrak bunga telang, didapatkan perubahan yang cukup mencolok. Berdasarkan pengukuran konsentrasi Natrium Borat yang terdapat dalam sampel menggunakan metode spektrofotometri pada panjang gelombang 536 nm didapatkan hasil konsentrasi Natrium borat yang cukup tinggi pada ketiga sampel camilan. Nilai tertinggi diperoleh pada sampel camilan B. Hal ini masih perlu uji lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang pasti dengan membandingkannya dengan metode dasar penentuan natrium borat dalam sampel makanan.

References

Ajeng Nastiti, A., Ayun, Q. and Malis, E. (2020) ‘Analisis Borak Dengan Menggunakan Metode Komparator Warna Dari Kulit Buah Naga Merah’, Jurnal Crystal : Publikasi Penelitian Kimia dan Terapannya, 2(2), pp. 28–40. doi: 10.36526/jc.v2i2.1197.
Alodokter (2021) Waspada Makanan Mengandung Boraks dan Efeknya bagi Kesehatan. Available at: https://www.alodokter.com/makanan-mengandung-boraks-ini-efeknya.
detikfood (2012) Bleng, Bahan Kimia Mirip Boraks Biasa Dipakai untuk Kerupuk. Available at: https://food.detik.com/info-kuliner/d-1950663/bleng-bahan-kimia-mirip-boraks-biasa-dipakai-untuk-kerupuk#:~:text=Bleng (natrium biborat%2C natrium piroborat,banyak dikenal dengan nama boraks. (Accessed: 5 April 2022).
Rifqi, M. (2021) ‘EKSTRAKSI ANTOSIANIN PADA BUNGA TELANG ( CLITORIA TERNATEA L . ) : SEBUAH ULASAN’, Pasundan Food Technology Journal (PFTJ), 8(2), pp. 45–50.
Wahyuningsih, S. et al. (2017) ‘The Effect of pH and Color Stability of Anthocyanin on Food Colorant’, IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 193(1). doi: 10.1088/1757-899X/193/1/012047.
Yuliantini, A. and Rahmawati, W. (2019) ‘Analisis Kualitatif Boraks dalam Bakso dengan Indikator Alami Ekstrak Bunga Telang ( Clitoria ternatea L .) Qualitative Analysis of Borax in Meatballs with Butterfly Pea Flower ( Clitoria ternatea L . )’, sainstech farma : Jurnal Ilmu Kefarmasian, 12(754), pp. 13–16.
Published
2023-03-31
How to Cite
SafitriR., & Eka Evi SusantiR. (2023). ANALISIS KANDUNGAN BORAKS PADA CAMILAN RINGAN DI KAMPUS UNIBA MENGGUNAKAN EKSTRAK BUNGA TELANG (CLITORIA TERNATEA L.): ANALISIS KANDUNGAN BORAKS PADA CAMILAN RINGAN DI KAMPUS UNIBA MENGGUNAKAN EKSTRAK BUNGA TELANG (CLITORIA TERNATEA L.). Jurnal Crystal : Publikasi Penelitian Kimia Dan Terapannya, 5(1), 40 -44. https://doi.org/10.36526/jc.v5i1.2598