ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMAN 1 KLARI

  • Sintia Sintia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kiki Nia Sania Effendi Universitas Singaperbangsa Kerawang
Keywords: Kemampuan, Representasi Matematis, Program Linear

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa SMA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 di SMAN 1 Klari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan representasi matematis materi program linear sebanyak 3 soal. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan representasi siswa berada pada kategori sedang, dilihat dari persentase penilaian, terdapat 4 siswa pada kategori tinggi dengan persentase 11,76%, 26 siswa pada kategori sedang dengan persentase 76,47%, dan terdapat 4 siswa pada kategori rendah dengan persentase 11,76%.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Effendi, K. N. S., & Aini, I. N. (2018). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bagi Guru Matematika SMP di Telukjambe, Karawang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.30653/002.201831.38

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen pembelajaran dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas guru. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 69–84. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/517

Fuadiah, N. F. (2016). Miskonsepsi Sebagai Hambatan Belajar Siswa Dalam Memahami Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP, 7(2), 87–92.

Herdiana, Y., Marwan, M., & Morina Zubainur, C. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMP melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(2). https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1250

Herdiman, I., Jayanti, K., Pertiwi, K. A., & Naila N., R. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Elemen, 4(2), 216. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.539

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Maghfiroh, S., & Rohayati, A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segiempat. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 10(1), 64–79. https://doi.org/10.33592/pelita.vol10.iss1.373

Mulyadi, N. A., & Fiangga, S. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(2), 143–152. https://doi.org/10.25139/smj.v9i2.3938

Nurpadilah, E., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Representasi Matematik Pada Materi Segi Empat Siswa Smp Kelas Vii. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 765. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p765-772

Panduwinata, B., Tuzzahra, R., Berlinda, K., & Widada, W. (2019). Analisis Kesulitan Representasi Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 202–210. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/9819/4855

Rahmadian, N., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan representasi matematis dalam model pembelajaran somatic, auditory, visualization, intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28940

Ramadhan, M. I., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bangun Ruang. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 975–984. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.975-984

Sabirin, M., Islam, U., & Antasari, N. (2019). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. (July). https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Salahudin, Akos, M., & Hermawan, A. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Sumber Daya Manusia dan Sarana Prasarana di MTsN Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 2(1), 1–13. Retrieved from https://ejournal.stiabinabanuabjm.ac.id/index.php/administraus/article/download/18/9

Wulandari, S. D. (2019). Profil Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Media Screencast O Matic. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2). https://doi.org/10.32665/james.v2i2.98

Published
2022-12-31
How to Cite
SintiaS., & EffendiK. N. S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMAN 1 KLARI. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 143-153. https://doi.org/10.36526/tr.v6i2.2225