ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SPLDV

  • Yosy Agustin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kiki Nia Sania Effendi Universitas Singaperbangsa Kerawang
Keywords: Analisis, berpikir kritis matematis, SPLDV

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP dalam mengerjakan soal SPLDV. Pendekatan kualitatif dan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Subjek dipilih menggunakan metode purposive sampling dan terdapat 3 siswa yang dipilih dari 22 siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri di Kabupaten Purwakarta. Instrumen tes yang digunakan berbentuk soal uraian sebanyak 3 soal. Jawaban siswa selanjutnya dikelompokkan ke dalam kategori tinggi, sedang dan rendah lalu dianalisis jawabannya berdasarkan indidkator kemampuan berpikir kritis matematis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP di Kabupaten Purwakarta termasuk pada kategori rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari penyelesaian soal tes intrumen tidak mampu memenuhi beberapa indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Selain itu, tingkat kemampuan berpikir kritis matematispada kategori tinggi (9,09%), kategori sedang (86,36%) kategori rendah (4,55%).

References

Akrom, M., Triyanto., & Nurhasanah, F. (2020). The Level of Students’ Critical Thinking Skills and Mathematical Reasoning. International Proceedings Confe-rences Series, 44-50. https://doi.org/10.22236/ie.vi.244.

Angelina, M., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas IX. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 383-394. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.p%25p.

Apriliani, S. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X di MA Nurul Jannah NW Ampenan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Mataram. Mataram

Aprilianti, A., Fani, A. A. D., & Effendi, K. N. S. (2021). Kemampuan Koneksi Mate-matis Siswa Ditinjau dari Kecemasan Belajar pada Siswa SMP pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 137-148. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.p%25p .

Daniarti, E., &Nursangaji, A. (2015). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Analogi Siswa dalam Materi Aljabar di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pem-belajaran Khatulistiwa, 4(4). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i4.9979.

Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., &Marlina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Uncertainty and Data. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1034-1043. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306.

Feriyanto. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Ditinjau dari Perbedaan Gender. Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNIM. Mojokerto: Universitas Islam Majapahit.

Hapsari, S. (2016). A Descriptive Study of the Critical Thinking Skills of Social Science at Junior High School. Journal of Educational and Learning, 10(3), 228-234. https://doi.org/10.11591/edulearn.v10i3.3791.

Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Ma-tematis Siswa SMA Kelas XI. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1093-1104. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.p1093-1104.

Hasanah, E. N., & I. N. Aini. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SmpPada Materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV). MAJU: Jur-nal Ilmiah Pendidikan, 8(2):159–167.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Mutia., Effendi, K. N. S., &Sutirna (2021, February). PISA-LIKE: Uncertainty and Data Content in Statistics Subject with Futsal Context. In Journal of Physics: Conference Series. 1778(1). 10.1088/1742-6596/1778/1/012028.

Nurjanah, S., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa SMP Kelas VIII ditinjau dari Perbedaan Gender. Journal on Education, 1(2), 372-381. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.77.

Prihartini, E., Lestari, P., &Saputri, S. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 58-64. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21427.

Risah, Y., Sutirna., & Hakim, D. L. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Trigonometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika In-ovatif), 4(2), 307-316. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.p%25p.

Sartika, N. S., Sujana, A., &Fitriyani, G. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan. SJME (Supremum Journal of Mathe-matics Education), 6(2), 203-209. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5702.

Suliani, S., & Ahmad, A. M. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Pembelajaran Jarak Jauh di MTs Negeri 6 HSS di Masa Pandemik Covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education). 5(2), 179-188. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5155.

Syifa, N. R. (2019). Pengaruh strategi I-Think terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Wahyuni, Z., Roza, Y., &Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ma-tematika Siswa Kelas X pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 81-92. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.920.

Yolanda, F., &Wahyuni, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Ma-cro-media Flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 170-177. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3612.

Published
2022-12-31
How to Cite
AgustinY., & EffendiK. N. S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SPLDV. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 121-132. https://doi.org/10.36526/tr.v6i2.2222