ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR

  • Marchtina Theresa Sitompul Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kiki Nia Sania Effendi Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Analisis, Aljabar, Kesalahan, Konseptual

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal aljabar yaitu kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan operasi, sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang serupa pada penyelesaian selanjutnya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek sebanyak 3 siswa yang dipilih dari 30 siswa kelas VII pada salah satu SMP Negeri di Kabupaten Karawang. Penentuan subjek menggunakan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian memuat tiga soal pada materi aljabar. Jawaban siswa selanjutnya dikelompokkan dalam kategori siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah serta dianalisis berdasarkan jenis kesalahan. Terdapat tiga jenis kesalahan dalam penelitian ini yaitu : (1) kesalahan menggunakan konsep-konsep yang terkait dengan materi, (2) kesalahan menggunakan prinsip, aturan atau rumus matematika, dan (3) kesalahan melakukan operasi atau perhitungan, baik penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian.

References

Cahyani, C. A., & Sutriyono. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 26. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.257

Dewi, S. N., Wijaya, T. T., Budianti, A., & Rohaeti, E. E. (2018). Pengaruh Model Teams Games Tournament terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Kelas XI SMK di Kota Cimahi pada Materi Fungsi Eksponen. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 99. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2570

Effendi, K. N. S., Zulkardi, Putri, R. I. I., & Yaniawati, P. (2019). Developing Mathematics Worksheet Using Futsal Context for School Literacy Movement. Journal on Mathematics Education, 10(2), 203–214. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.7307.203-214

Fadzillah, N. (2016). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 20(2).

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073

Hidayati, F. (2010). Kajian Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta dalam Mempelajari Aljabar. Skripsi. : Universitas Negeri Yogyakarta.

Kulsum, S. I., Wijaya, T. T., Hidayat, W., & Kumala, J. (2019). Analysis on High School Students’ Mathematical Creative Thinking Skills on The Topic of Sets. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 431–436. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.128

Marpaung, N. Q. R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika di MTs Swasta Aisyiyah Sumatera Utara. In Computers and Industrial Engineering (Vol. 2, Nomor January).

Maslakhah, U. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Aljabar. 13–14.

Mulyati, S. (2019). Analisis Kesalahan Matematika Dilihat dari Motivasi Belajar Siswa pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas VII SMP Negeri 17 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017.

Rahman, I. M., Darmawan, P., Prayekti, N., (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. 50–57.

Salido, A., Misu, L., & Salam, M. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Materi Pokok Limit Fungsi pada Siswa Kelas Xi IPA 2 SMA Negeri 5 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 99–113.

Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439–450.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, I. T. M., Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Materi Operasi Bentuk Aljabar Berdasarkan Tahapan Newman di Kelas VII SMP NU Bululawang. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(1), 25–33. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i1.3058

Widyaningsih, E., Septena, V. A., Daniati, D. W., Ani, R., Utami, N., & Dessy, V. (2020). Pada Materi Himpunan Berdasarkan Teori Newman. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 95–102.

Yuliyani, R. (2018). Analisa Kesalahan Siswa Kelas VII Sekolah X dalam Mengerjakan Soal-Soal Aljabar. 423–428.

Published
2021-11-19
How to Cite
SitompulM. T., & EffendiK. N. S. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 553-565. https://doi.org/10.36526/tr.v5i2.1310