PEMBERDAYAAN GURU MATEMATIKA SMP DALAM MENGEMBANGKAN NUMERASI SISWA KONTEKS PANDEMI COVID-19
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kegiatan pemberdayaan guru matematika SMP dalam mengembangkan tugas numerasi siswa menggunakan konteks pandemi Covid-19 untuk pembelajaran matematika menggunakan google classroom. Penelitian deskriptif ini melibatkan 18 guru matematika SMP di kabupaten Nganjuk sebagai sasaran. Instrumen penelitian berupa tugas pembuatan soal, tugas mengembangan desain pembelajaran dalam google classroom, angket pemahaman guru tentang numerasi dan angket respon guru setelah pemberdayaan guru. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif dari semua data. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pemberdayaan guru dapat meningkatkan pemahaman guru dalam numerasi, keterampilan dalam membuat tugas numerasi dan melakukan penilaian.
References
Adit, A. (2020). Ini Peran dan Tuntutan Kompetensi Guru di Masa Pandemi. https://www.kompas.com/edu/read/2020/10/08/113530671/ini-peran-dan-tuntutan-kompetensi-guru-di-masa-pandemi?page=all.
Callingham, R., Beswick, K., & Ferme, E. (2015). An initial exploration of teachers’ numeracy in the context of professional capital. ZDM - International Journal of Math. Education, vol. 47, no. 4, pp. 549–560.
CNNIndonesia. (2021). Positif Covid Bertambah 6.731, Kematian Melonjak 427 Jiwa. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210404143509-20-625783/positif-covid-bertambah-6731-kematian-melonjak-427-jiwa.
Craig, J. (2018). The promises of numeracy. Education Studies of Mathematics, 99(1), 57-71.
Dewayani, S., Retnaningdyah, P., Susanto, D., Ikhwanudin, T., Fianto, F., Muldian, W., . . . Antoro, B. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hadi, A. P. (2010). Konsep pemberdayaan, partisipasi dan kelembagaan dalam pem-bangunan. Yayasan Agribisnis/Pusat Pengembangan Masyarakat Agri-karya (PPMA).http://suniscome.50webs.com/32%20Konsep%20Pemberdayaan%20Partisipasi%20Kelembagaan.pdf.
Hui, D. S., Azhar, E. I., Madani, T. A., Ntoumi, F., & Kock, R. D. (2020). The continuing 2019-nCoV epidemic threat of novel coronaviruses to global health—The lat-est 2019 novel coronavirus outbreak in Wuhan, China. International Journal of Infectious Diseases, 91, 264-266.
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. "KALAMATIKA" Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 4, No. 1, pp. 69–88, 2019.
Prijono, O. S., & Pranarka, A. M. (1996). Pemberdayaan: Konsep, kebijakan, dan im-plementasi. Jakarta: Centre for Strategic and International Studies.
Siswono, T., Wijayanti, P., Rosyidi, A., Kohar, A. W., & Hartono, S. (2019). Model pro-fesionalisme Guru: Berpikir Kreatif dan Literasi Matematika. Lamongan: Pagan Press.
Soetomo, P. (2009). Merangkai Sebuah Kerangka. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suparjan, & Suyatna, H. (2003). Pengembangan Masyarakat dari Pembangunan Sampai Pemberdayaan. Yogyakarta: Aditya Media.
Taskin, N., & Tugrul, B. (2014). Investigating preschool teacher candidates ’ ma-thematics literacy self-sufficiency beliefs on various variables. Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 116, pp. 3067–3071.
Westwood, P. (2000). More on children’s learning. Numeracy and Learning Difficul-ties: Approaches to Teaching and Assessment, 17-29.
Winarni, T. (1998). Memahami Pemberdayaan Masyarakat Desa Partisipatif dalam Orientasi Pembangunan Masyarakat Desa Menyongsong Abad 21: Menuju Pemberdayaan Pelayanan Masyarakat. Yogyakarta: Aditya Media.