PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME ANDROID DEBIT AIR BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media game android berbasis articulate storyline pada pembelajaran debit air untuk siswa kelas V SD. Penelitian pengembangan model DDDE ini melalui 4 tahap, yaitu Decide (memutuskan), Design (merancang), Develop (mengembangkan) dan Evaluate (mengevaluasi). Penelitian dikatakan layak apabila memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil validasi ahli media dan materi menunjukkan skor kelayakan media sebesar 4 (layak), kelayakan materi dan perangkat sebesar 5 (sangat layak). Skor aktifitas guru sebesar 5 (sangat baik), persentase aktivitas siswa sebesar 83,33%, dan hasil belajar secara klasikal diperoleh N-gain 0,71 dengan kategori tinggi dengan ketuntasan klasikal sebesar 86%. Hasil pretes-postes diuji normalitas dan uji-t dan didapat skor sig (2-tailed) < 0,05. Hal ini memperkuat bahwa ada peningkatan hasil belajar yang signifikan. Sehingga disimpulkan media game android berbasis articulate storyline valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD pada materi Debit Air. Media game android ini dapat dikembangkan untuk mata pelajaran tematik dengan soal yang lebih bervariasi.
References
Amiroh. (2019). Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline (3rd ed.). Pustaka Ananda Srva.
Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 80, 135–144.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.
Farida, N., & Ferdiani, R. D. (2018). Perbedaan Pembelajaran Melalui Multimedia Interaktif dan Melalui Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan. Jurnal TRANSFORMASI-Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(1), 47–56.
Farida, Suherman, & Zulfikar, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Himpunan Melalui Pembelajaran Matematika dengan Media Articulate Studio ’13. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 20–28. https://doi.org/https://doi.org/10.32487/jshp.v3i1.536
Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Math Educator Nusantara, 6(2), 179–189. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813
Ivers, K. S., & Barron, A. E. (2002). Multimedia Project in Education: Designing, Producing And Assesing. Libraries Unlimited.
Khusnah, N., Sulasteri, S., Suhartini, & Nur, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Jimat Menggunakan Articulate Storyline. Jurnal Analisis, 6(2), 197–208. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9603
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1), 15–20. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 115–125. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Leztiyani, I. (2021). Optimalisasi Penggunaan Articulate Storyline 3 dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 24–35. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.63
Muttaqin, M. Z., Siswono, T, Y, E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Multimedia Lectora Inspire untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 495–511. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.259
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan Antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal BIOEDUKATIKA, 3(2), 15–20.
Silalahi, T. M., & Hartono, S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19 : Studi Kasus pada Siswa SD Islam Terpadu Prima Mandiri. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 5(2), 24–30.
Siswono, T. Y. E. (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan (Pengembangan Aplikasi Pendidikan Matematika). PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan) (Edisi 3 Ce). PT. Alfabeta.
Suyono, & Hariyanto. (2017). Belajar dan Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Utama, C., & Masfufah, A. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Articulate Studio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Sains, 3(1), 21–29. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/jps.v3i1.1297
Wahyuni, R., Efuansyah, & Sukasno. (2020). Developing Student Worksheet Based On Think-Talk-Write Strategy Of Class VIII. Infinity Journal of Mathematics Education, 9(1), 81–92. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p81-92
Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. 6(2), 125–132. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132
Wulan, D. R., Rosita, C. D., & Nopriana, T. (2021). Kondisi Psikologi Siswa SMP dalam Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 Pembelajaran. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 51–65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4392