CORRIGENDUM TO “PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA MELALUI KOMPETISI SAINS” [Transformasi 4(2) 2020, 361-373]
Abstract
Kualitas pendidikan dalam pembelajaran Matematika menjadi salah satu acuan persaingan intelektualitas antar Negara. Salah satu upaya pemerintah dalam peningkatan intelektualitas adalah dengan mengadakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Berbagai upaya dilakukan guru terhadap peningkatan kompetensi mtematika siswa melalui KSM, salah satunya dengan pembinaan KSM di sekolah-sekolah. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pembinaan KSM di Indonesia sebagai upaya meningkatkan kompetensi siswa. Metodologi yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah penelitian lapangan (field reserch) di MTsN 2 Tulungagung dan studi kepustakaan (field research) yang diperoleh dari jurnal penelitian tentang pembinaan olimpiade di Indonesia. Hasil studi ini menemukan berbagai bentuk metode pembinaan yang variatif, lebih menyenangkan dan dapat diserap oleh siswa serta menunjang peningkatan kompetensi di bidang Matematika, diantaranya bentuk pembinaan intensif mandiri, pretest-treatment-postest, kelompok (study club) rutin, dan kelas olimpiade serta pengembangan bahan ajar yang lebih berkualitas.
References
Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity Journal 1(2). https://doi.org/10.22460/infinity.v1i2.19. 192-202.
Ariyanti, G., Rahajeng, R., & Sumadji, A. R. (2019). Pembinaan Olimpiade Sains Melalui Pemberdayaan Klub Matematika dan IPA Bagi Siswa SMP di Kota Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2). https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5667. 350-358.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam RI. 2014. Petunjuk Teknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM).
Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). Pengaruh Habits of Mind terhadap Kemampuan generalisasi Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3757.
Fahrurrozi & Hamdi, S.. 2017. Metode Pembelajaran Matematika, Selong: Universi-tas Hamzanwandi Press.
Fathurrohman, Muhammad. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi, dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca.
Gita, I. N., Suryawan, P. P., & Artawan, I. G. N. Y. (2017). Pembinaan Olimpiade Matematika bagi Siswa dan Guru di Desa Sambangan. International Journal of Community Service Learning. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11905
Jana, P. (2018). Peningkatan Kompetensi Siswa SMP di Kota Bengkulu melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika (MPM-SMP). J-Dinamika, 2(2). https://doi.org/10.31186/jpmr.v2i1.3102. 46–62.
Kemendikbud. (2013). UU SISDIKNAS Nomor 20 Tahun 2003. KEMENDIKBUD.
Permendikbud No.35 Tahun 2018 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, Jakarta.
Purbonuswanto, W. (2016). Pengelolaan Kelas Olimpiade Di SMA Semesta Semarang. Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Sebelas Maret, 4(2). 119-138.
Tohir, M. (2019). Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade Matematika Berdasarkan Level Metakognisi. Jurnal Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1). 1-14. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.1-14.
Wiyoko, T., Megawati, M., Aprizan, A., & Avana, N. (2019). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pembinaan Olimpiade Sains (OSN). Warta LPM, 22(2). https://doi.org/10.23917/warta.v22i2.8619. 67–75.
Zaini, Muhammad. 2009. Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Penerbit Teras.