KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASA-LAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DI MASA PANDEMI

  • Suharsono Universitas Bhinneka PGRI
  • Rijalush Sholikhin Universitas Bhinneka PGRI
  • Achmad B. Santoso Universitas Bhinneka PGRI
  • Dian S. N. Afifah Universitas Bhinneka PGRI
  • Abdul Manab Universitas Bhinneka PGRI
Keywords: Berpikir Kreatif, Kemandirian Belajar, Pandemi Covid-19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam menentukan luas lingkaran ditinjau dari kemandirian belajar di masa pandemi covid-19. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Kedungwaru sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan meliputi angket kemandirian belajar, soal tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan dalam penelitian dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik yang memiliki kemandirian tinggi memiliki kemampuan berpikir kreatif yang baik karena mampu memenuhi indikator keterampilan fluency (kelancaran), flexibility (keluwesan), originality (orisinil), dan elaboration (memperinci). Sedangkan siswa yang memiliki kemandirian sedang dan rendah memiliki kemampuan berpikir kreatif kurang karena hanya mampu memenuhi indikator keterampilan fluency (kelancaran), dan flexibility (keluwesan).

References

Agustina, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Daring di Era Pandemi Covid-19 Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. ResearchGate.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Mitra Karya.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176. Semarang: Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Febrianti, Y., Djahir, Y., & Fatimah, S. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dengan Memanfaatkan Lingkungan pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit, 3(1), 121–127.

Firdausi, Y. N., Asikin, M., & Wuryanto, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA). Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 239–247. Semarang: Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Hanipah, N., Yuliani, A., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs Pada Materi Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 80–86.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157–169. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Kemdikbud. (2020). SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Kusumaningrum, M., & Saefudin, A. A. (2012). Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika melalui Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Kontribusi Pendidikan Matematika Dan Matematika Dalam Membangun Karakter Guru Dan Siswa, 571–580. Yogyakarta: Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta.

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 672–688. Semarang: Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. REFLEKSI EDUKATIKA, 6(2), 145–157. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613

Putri, C. A., Munzir, S., & Abidin, Z. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Brain-Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 13–28. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.9608

Ritter, S. M., Gu Id, X., Crijns, M., & Biekens, P. (2020). Fostering students’ creative thinking skills by means of a one-year creativity training program. PLoS ONE, 15(3), 1–8. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0229773

Sulaiman. (2018). Pembelajaran Matematika Realistik Tentang Luas Lingkaran Di Kelas VIII SMP. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 26–39.

Sunhaji, S. (2014). Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30–46. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551

Supardi, U. (2012). Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Formatif, 2(3), 248–262. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i3.107

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48. https://doi.org/10.30998/FJIK.V7I1.5328

Yanwar, A., & Fadila, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis : Dampak Pendekatan Saintifik ditinjau dari Kemandirian Belajar. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 9–22. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3204

Published
2021-06-24
How to Cite
Suharsono, SholikhinR., SantosoA. B., AfifahD. S. N., & ManabA. (2021). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASA-LAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DI MASA PANDEMI . Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 523-537. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1261