CREATIVE AND INNOVATIVE PROBLEM SOLVING (CIPS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MNR (MATEMATIKA NALARIA REALISTIK)

  • Linda Pebriani Universitas Bhinneka PGRI
  • Dwi Wulandari
  • Rahyu Setiani
  • Dian Septi Nur Afifah
Keywords: Problem Solving, Creative, Innovative, CIPS, MNR

Abstract

Permasalahan matematika sangat beragam baik dari segi siswa, guru, metode belajar, gaya belajar, maupun pemecahan masalah. Pemecahan masalah merupakan hal yang menjadi aktivitas pokok dan metode berpikir dalam menyelesaikan masalah menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Permasalahan matematika yang  diselesaikan berdasarkan nalar dan logika sehingga memunculkan berbagai solusi pemecahan yang bervariasi disebut dengan Matematika Nalaria Realistik (MNR). MNR merupakan sebuah metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran, sehingga nantinya dari hasil pengerjaan siswa dapat diketahui kreativitas serta inovasi siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Kreativitas dan Inovasi dalam pemecahan masalah bisa disebut dengan Creative and Innovative Problem Solving (CIPS) yaitu sebuah proses pemecahan masalah dengan mengembangkan daya berfikir siswa yang meliputi klarifikasi masalah, pengungkapan pendapat, membangun pengetahuan, evaluasi dan pemilihan strategi, serta implementasi. Penelitian ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan berbagai permasalahan dan persoalan matematika yang selama ini dianggap sulit oleh mayoritas siswa. Berdasarkan penelitian studi literatur yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah MNR yang diterapkan dalam pembelajaran dapat menumbuhkan CIPS.

References

Afifah. (2015). Efektivitas Metode Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Matematis Siswa SMP Negeri 1 Banguntapan.

Afriansyah, E. A. (2016). Investigasi Kemampuan Problem Solving dan Problem Posing Matematis Mahasiswa Via Pendekatan Realistic. Jurnal Mosharafa 5(3), 269–280.

Agustin, R. D. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. Jurnal Pedagogia, 5(2), 179–188.

Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–129.

Bey, A., & Asriani. (2013). Penerapan Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 224–239.

Busyairi, A., & Sinaga, P. (2015). Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berfikir Kreatif. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 133–143.

Effendi, A., & Fatimah, A. T. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Siswa Kelas Awal Sekolah Menengah Kejuruan. 4(2), 89–98.

Eftafiyana, S., Nurjanah, S. A., Armania, M., Sugandi, A. I., & Fitriani, N. (2018). Hubungan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi belajar siswa smp yang menggunakan pendekatan creative problem solving. Jurnal Teori Dan Riset Matematika, 2(2), 85–92.

Fariha, M. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kecemasan Matematika Dalam Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Solving. Jurnal Peluang, 1(2), 43–50.

Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia, Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63.

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219–228.

Ikhsan, M., Munzir, S., & Fitria, L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(2), 234–245.

Kurniawan, H. (2016). Efektifitas Pembelajaran Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematis. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, 47–56.

Kusyatin, T. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Banguntapan. 13–52.

Muhammad, G. M., Septian, A., & Sofa, M. I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal “Mosharafa” Pendidikan Matematika, 7(3), 315–326.

Nopitasari, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 103–112.

Novitasari, D. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(1), 43–56.

Nur Santi, W., & Maman Abadi, A. (2015). Keefektifan Pendekatan Problem Solving dan Problem Posing Dengan Setting Kooperatif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 121–134.

Pardimin, & Widodo, S. A. (2016). Increasing Skills of Student in Junior High School to Problem Solving in Geometry with Guided. Jurnal of Education and Learning, 10(4), 390–395.

Pasaribu, F. T., Sofnidar, Iriani, D., Rohati, & Ramalisa, Y. (2019). Pelatihan Merancang Pembelajaran Matematika Yang Inovatif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 60–66.

Patnani, M. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Pada Mahasiswa. Jurnal Psikogenesis, 1(2), 130–142.

Purnomo, E. A., & Mawarsari, V. D. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Ideal Problem Solving Berbasis Project Based Learning. 1(1), 24–31.

Putra, E. D., & Amalia, R. (2019). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 61–73.

Putra, Y. P. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 73–80.

Rahmawati, N. D. (2016). Model Pembelajaran Inovatif Matematika Pada Mahasiswa. Jurnal E-DuMath, 2(2), 179–184.

Rinata, M. V, & Mariana, N. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik di Klinik Pendidikan MIPA Cabang Surabaya. JPGSD, 7(1), 2525–2538.

Rolia, Rosmaiyadi, & Husna, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Program Linier Kelas XI SMK. 8(2).

Rosita, V. Y. (2015). Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Matematika Nalaria Realistik (MNR) dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Muhammadiyah 1 Krian-Sidoarjo.

Sagita, I., & Medriati, R. (2018). Penerapan Creative Problem Solving Model untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas XI MIA 4 MAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 1–6.

Sari, I. P., Nofrianto, A., & Amri, M. A. (2017). Creative Problem Solving: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Kreativitas Siswa? Jurnal Elemen, 3(1), 87–96.

Sholihah, U. (2018). Penggunaan Strategi Matematika Nalaria Realistik (MNR) dengan Media Macromedia Flash pada Pembelajaran Bangun Ruang Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 16 Surakarta.

Suhendri, H. (2008). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif, 3(2), 105–114.

Syazali, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Maple II Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 91–98.

Turmuzi, M., Sripatmi, Azmi, S., & Hikmah, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Matematika. J. Pijar MIPA, 13(1), 45–50. https://doi.org/10.29303/jpm.

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1), 90–96.

Utama, P. (2017). Berpikir Kreatif dan Inovasi. (024), 1–73.

Wardono, & Kurniasih, A. W. (2015). Peningkatan Literasi Matematika Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inovatif Realistik E-Learning Edmodo Bermuatan Karakter Cerdas Kreatif Mandiri. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 93–100.

Widodo, S. A. (2017). Development Of Teaching Materials Algebraic Equation To Improve Problem Solving. Jurnal of Mathematics Education, 6(1), 59–68. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i1.239

Widodo, S., & Kartikasari. (2017). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Creative Problem Solving. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, 6(1).

Zulyadaini. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMA. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 83–93.

Published
2020-12-24
How to Cite
PebrianiL., WulandariD., SetianiR., & Nur AfifahD. S. (2020). CREATIVE AND INNOVATIVE PROBLEM SOLVING (CIPS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MNR (MATEMATIKA NALARIA REALISTIK). Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 331-346. https://doi.org/10.36526/tr.v4i2.977