Review Literasi Digital Pembelajaran Tari: Rekomendasi Solusi Bagi Sanggar Tari di Era Pandemi

  • Nurida Finahari Prodi Teknik Mesin Universitas Widyagama
  • Gatut Rubiono Prodi Teknik Mesin Universitas PGRI Banyuwangi
  • Ida Ayu Wayan Arya Satyania Prodi Seni Tari ISI Denpasar
  • I Gusti Ngurah Sudibya Prodi Seni Tari ISI Denpasar
  • Ida Made Dwipayana Yayasan Bumi Bajra Sandi Denpasar Bali

Abstract

Pembelajaran tari di era pandemi menyebabkan sanggar-sanggar tari harus melakukan beberapa penyesuaian, baik dari segi media maupun metode pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mereview literasi digital pembelajaran tari. Review dilakukan dengan penelusuran publikasi ilmiah terkait pengembangan media dan metode pembelajaran tari di masa pandemi. Hasil penelusuran dirangkum dalam bentuk tabel untuk mendapatkan kesamaan dan perbedaan kajian-kajian yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran umumnya dalam bentuk video yang diakses menggunakan aplikasi whatsapp dan youtube. Selain itu, smartphone yang memiliki fitur android banyak digunakan dalam pengembangan media pembelajaran tari.

References

[1] S. Rodliyah, R. S. Sundari, dan P. Arisyanto, Analisis kegiatan belajar seni tari anak-anak desa Sendangagung pada masa pandemi Covid-19, Majalah Lontar Universitas PGRI Palembang vol. 32 no. 2: pp. 26-35, November 2020
[2] K. M. Sari, Metode pelatihan di sanggar Swargaloka dalam mengembangkan prestasi siswa, Jurnal Pendidikan Tari vol. no. 01: pp. 76-89, 2021
[3] L. A. Resi, S. Haryono, dan S. Subiyantoro, Pendidikan seni tari sanggar seni Sarwi Retno budaya Surakarta sebagai pengembangan karakter anak, Mudra Jurnal Seni Budaya vol. 34 no. 3: pp. 402-410, 2019
[4] G. D. K. Dewi, Sarjiwo, dan A. Indrawati, Metode pembelajaran tari Rumeksa di sanggar Dharmo Yuwono Purwokerto, Indonesian Journal of Performing Arts Education vol. 1 no. 1: pp. 40-47, 2021
[5] Q. D. Voneline; Susmiarti; dan Indrayuda, Faktor-faktor penghambat minat siswa Kelas X pada pembelajaran seni budaya (tari) di SMK Negeri 9 Padang, e-jurnal Sendratasik vol. 10 no. 2: pp. 124-133, 2021
[6] P. Indriyanti, dan D. I. P. Sari, Eksplorasi minat belajar siswa dalam mata pelajaran seni tari di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta, Sosiohumaniora Jurnal LP3M - Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta vol. 3 no. 1: pp. 47-61, April 2017
[7] Y. T. Astuti, W. Lestari, dan A. Cahyono, Sikap siswa terhadap pembelajaran seni tari di masa pandemi Covid-19, Jurnal Kajian Ilmiah vol. 21 no. 1: pp. 101-110, 2021
[8] N. N. K. K. Putri, dan Trisakti, Pembelajaran seni tari kelas XI di SMKN 12 Surabaya pada masa pandemi Covid-19, Jurnal Pendidikan Sendratasik vol. 10 no. 2: pp. 1-18, 2021
[9] N. M. D. Widiastuti, Inovasi aplikasi media pembelajaran tari Bali berbasis android, Mudra Jurnal Seni Budaya vol. 33 no. 2: pp. 128-136, 2018
[10] Widiatry, Perancangan media pembelajaran tari tradisional Kalimantan Tengah berbasis android, Jurnal Teknologi Informasi, Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika vol. 13 no. 2: pp. 74-82, Agustus 2019
[11] M. Zulkarnain, S. Wendhaningsih dan I W. Mustika, Pembelajaran tari Bedana melalui media audio visual di SMA Negeri 4 Metro, Jurnal Penelitian: pp. 1-12, Pendidikan Seni Tari, Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, 2014
[12] K. A. Wjaya dan M. Hasan. B, Pembelajaran seni tari dengan menggunakan media audio-visual dalam mata pelajaran seni budaya kelas XI di SMA Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal, Jurnal Seni Tari vol. 5 no. 1: pp. 1-10, Maret 2016
[13] T. Maetasari, Pengaruh media audio visual dengan metode demonstrasi dalam pembelajaran tari Sigeh Penguten pada siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Palembang, Sitakara vol. 3 no. 2: pp. 13-20, 2018
[14] D. P. Umbara, dan A. Apriani, Pengaruh penggunaan media audio visual dalam pembelajaran tari Kijang untuk meningkatkan kemampuan menari bagi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ciamis, Magelaran Jurnal Pendidikan Seni, vol 3. no. 2: pp. 25-37, Desember 2020
[15] A. Zaini, Respon siswa terhadap pembelajaran seni tari nusantara berbantuan media audio visual di SMA Negeri 2 Ciamis, Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara vol. 12 no. 2: pp. 145-155, Januari 2021
[16] M. S. Dewi, Sequential exploratory: pembelajaran seni tari bagi calon guru Madrasah Ibtidaiyah di masa pandemi Covid-19, Elementers: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam vol. 2 no. 1: pp. 18-32, 2020
[17] M. Ilhaq, dan Y. Fadhilah, Pelajaran seni budaya pada pelaksanaan PPL masa pandemi Covid-19 di SMP 35 Negeri Palembang, Besaung, Jurnal Seni Desain dan Budaya vol. 6 no. 1: pp. 36-41, 2021
[18] M. Sangadah, E. Yetti, dan Nursilah, Motivasi belajar praktik tari tradisional dalam jaringan, Jurnal Pendidikan Tari vol. 2 no. 01: pp. 37-49, 2021
[19] G. K. P. Asri, Pemanfaatan smartphone sebagai media pembelajaran mata kuliah koreografi dan komposisi tari I, Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan vol. 14 no. 2: pp. 65-74, Juli – Desember 2019
[20] K. F. Sulistianingsih, M. R. K. Desiana, K. P. Suartini, dan K. Suranata, Meningkatkan keterampilan menari Bali siswa tunarungu dengan media kamus tari Rejang Dewa, JPDN Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara vol. vol. 5 no. 1: pp. 47-57, Juli 2019
[21] D. A. Fauziah, E. Supraptono, dan R. Kartono, Pengembangan ensiklopedi digital tari daerah Jawa Tengah berbasis android dengan metode linear sequential model, Iptek-Kom vol. 20 no. 1: pp. 77-91, Juni 2018
[22] K. S. Wahyuni, A. Kusdiana, dan O. H. Pranata, Rancangan multimedia tari kreasi anak “Oray-orayan” untuk pembelajaran SBDP di sekolah dasar, Joged vol 15 no. 1: pp. 36-52, April 2020
[23] D. Elyandra, R. Q. Aini, dan A. Safitri, Pengembangan video pembelajaran seni budaya pada pokok bahasan seni tari dan sastra budaya kelas VII di SMPN 4 Sumbawa Besar, Prosiding Seminar Nasional IPPeMas 2020 Inovasi Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam Menunjang Era Industri 4.0: pp. 591-593, 2020
[24] S. Rustiyanti, W. Listiani, F. D. Sari, I. B. G. S. Peradantha, Literasi tubuh virtual dalam aplikasi teknologi Augmented Reality PASUA PA, Jurnal Panggung vol. 30 no. 2: pp. 455-464, 2020
[25] R. Giyartini, Puzzle sebagai media pembelajaran pendidikan seni tari di sekolah dasar, Indonesian Journal of Primary Education vol. 4 no. 2: pp. 232-237, 2020
[26] F. Sekarningsih, A. Budiman, dan H. Rohayani, Model wisata pendidikan seni tari berbasis literasi website, JDDES: Journal of Dance and Dance Education Studies vol. 1 no. 1: pp. 18-27, Maret 2021
[27] S. N. Tesa, H. Komalasari, dan A. Budiman, Studi kasus pembelajaran tari melalui daring di sekolah Indonesia kota Kinabalu Malaysia, Ringkang vol. 1 no. 1: pp. 35-44, Februari 2021
[28] H. Komalasari, A. Budiman, J. Masunah, dan A. Sunaryo, Desain multimedia pembelajaran tari rakyat berbasis android sebagai self directed learning mahasiswa dalam perkuliahan, Mudra Jurnal Seni Budaya vol. 36 no. 1: pp. 96-105, Februari 2021
[29] F. Y. Pangestika dan S. Yanuartuti, Pembelajaran mandiri seni tari melalui konten youtube sebagai inovasi pembelajaran masa kini, Gondang, Jurnal Seni dan Budaya vol. 4, no. 2: pp. 144-151, 2020
[30] S. N. Anggraeni dan E. W. Handayani, Youtube sebagai media pembelajaran seni tari secara daring di kelas XI SMAN 1 Kademangan Blitar, Jurnal Pendidikan Sendratasik vol. 10 no. 2: pp. 1-15, 2021
Published
2021-11-09
How to Cite
Nurida Finahari, Gatut Rubiono, Ida Ayu Wayan Arya Satyania, I Gusti Ngurah Sudibya, & Ida Made Dwipayana. (2021). Review Literasi Digital Pembelajaran Tari: Rekomendasi Solusi Bagi Sanggar Tari di Era Pandemi. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 4(1), Pembelajaran 1-5. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/1531