PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PEMERINTAHAN DESA BOMO KECAMATAN BLIMBINGSARI KABUPATEN BANYUWANGI (Studi Deskriptif pada Masyarakat desa Bomo Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kinerja pemerintahan desa Bomo kecamatan blimbingsari kabupaten banyuwangi. Yang selama ini belum diketahui, menyangkut kinerja pemerintahan desa Bomo. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan responden terdiri dari pegawai desa dan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bawah persepsi masyarakat terhadap kinerja pemerintahan desa Bomo kecamatan blimbingsari kabupaten banyuwangi cukup baik, hal ini dibuktikan dengan pelayanan yang diberikan pegawai desa kepada masyarakat. Kinerja pemerintahan desa Bomo cukup baik. Masyarakat sangat puas dengan layanan yang diberikan pegawai desa. Pegawai desa dalam memberikan layanan kepada masyarakat cepat dan tepat waktu.
References
Agus Dwiyanto (ed). (2010). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Facheza, S. M. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan dan Dampaknya Pada Kinerja Bank Aceh Syariah di Kota Bandah Aceh. Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis unsyiah, Volumen 2015/ 181, 6.
Heriyanto, (2015). Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Pemerintahan Kabupaten Gunungkidul. Falkultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Hal 5
Ni matul huda, s. (2015). Hukum Pemerintan Desa. Malang: Setara Press.
Moch. Solekhan, M. (2014). Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Malang: Setara Press.
mardiyasari, d. p. (2015). Persepsi Masyarkat Mengenai Kinerja Aparat Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik di Kelurahan Bangunharjo Sewon Bantul. citizenship, vol.2 januari 2015|181 , 6.
musnadi, s. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan dan Dampak Pada Kinerja Bank Aceh Syariah di Kota Banda Aceh. Magister manajemen fakultas ekonomi dan bisnis unsyiah , 5.
Masyarakat dan Transparansi Kebijakan Publik Dalam Penyusunan Rahayu, S. (2010). Persepsi Pemerintahan Daerah Kota Jambi Terhadap Partisipasi Anggaran Pendapatan dab Belanja Daerah Partisipasi Masyarakat, Vol 12. Nomor 2, hal 29-34
Ridwan Novandy. (2009). Analisis persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik pada bagian administrasi kemasyarakatan dan kesejahteraan rakyat pemerintah kabupaten simalugun. Tesis. Universitas Sumatera Utara
sari, d. l. (2016). Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Desa Bumi Agung Marga Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara. kKnerja Aparatur Desa , 15.