PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PKN TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK PGRI 1 BANYUWANGI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
PKn merupakan materi yang penting dalam pelajaran sekolah karena mengandung materi kedisiplinan, ketaatan, sikap, dan lain-lain. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Adakah pengaruh penerapan pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKn terhadap perilaku siswa kelas XI Akuntansi SMK PGRI 1 Banyuwangi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018?, Tujuan yang ingin yang dicapai ialah ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKn terhadap perilaku siswa kelas XI Akuntansi SMK PGRI 1 Banyuwangi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, untuk mengumpulkan data yang digunakan beberapa metode diantaranya interview, angket, observasi, dokumentasi.Hal ini dimaksudkan untuk melengkapi kekurangan data dari masing-masing metode. Analisa data menggunakan regresi ganda dua prediktor. Dari hasil analisa data minor pertama diperolehFreg=13,47 Ftabel 5% = 4,14. Dari hasil analisa data minor kedua diperoleh Freg=4,81 Ftabel 5% = 4,14. Dari hasil analisa data mayor diperoleh Freg=6,04 Ftabel 5% = 3,29. Dari perhitungan analisa data minor pertama (X1) mempunyai sumbangan efektif sebesar 88,72 % dan minor kedua (X2) mempunyai sumbangan efektif sebesar 11,02 %.Sehingga kesimpulan penelitian ini adalah Ada Pengaruh Penerapan Pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKn terhadap perilaku siswa kelas XI Akuntansi SMK PGRI 1 Banyuwangi semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Dengan demikian Penerapan pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKn terhadap perilaku siswa di sekolah lebih dominan dari Penerapan pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKn terhadap perilaku siswa di masyarakat kelas XI Akuntansi SMK PGRI 1 Banyuwangi semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018.
References
Anggrianto Nugra AP (2010), Hubungan Karakter Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (Titl) di SMK Negeri 2 Yogyakarta, Jurnal Inspirasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakart, hal. 1-76
Arikunto, Suharsimi (2006), Penelitian Kuantitatif. PT Rineka Cipta, Jakarta
Chotimah, Nia Khusnul (2010), Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas 6 SDN Kajen 02 Kec. Kajen, Kab. Pekalongan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
Departemen Pendidikan Nasional (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003,Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas
Djahiri, A Kosasih (1985), Strategi Pengajaran Afektif Nilai-Moral VCT dan Games dalam VCT, Penerbit Granesia, Bandung
Hadi, Sutrisno. 2003. Analisis Regresi. Yogyakarta:Andi Offset
Ouska, Whellan (1997), Pengertian Pendidikan Moral. PT Gramedia, Jakarta
Siswoyo, Dwi (2007), Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press