GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MAN 3 BANYUWANGI
Abstract
Profesi kependidikan khususnya profesi keguruan, tugas utamanya adalah melayani peserta didik dalam dunia pendidikan. Sistem pengelolaan sekolah yang rumit dan kompleks, berakibat pada sulitnya menemukan kandidat yang bersedia mengambil posisi sebagai menejer (kepala sekolah) dan atau kepemimpinan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Menganalisis gaya kepemimpinan yang demokratis yang dilakukan kepala sekolah MAN 3 Banyuwangi sehingga dapat meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan tehnik Triangulasi dan Snawball Sampling.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa kepala sekolah MAN 3 Banyuwangi sesuai dengan beberapa ciri-ciri kepemimpinan demokratis seperti beban kerja organisasi menjadi tanggung jawab bersama personalia, guru dan karyawan dianggap sebagai komponen pelaksana serta secara integral harus diberi tugas dan tanggung jawab, disiplin tetapi tidak kaku dan memecahkan masalah secara bersama, kepercayaan tinggi kepada bawahan dengan tidak melepaskan tanggung jawab pengawasan, serta komunikasi dengan bawahan bersifat terbuka. Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa kepala sekolah MAN 3 Banyuwangi lebih dominan dengan gaya kepemimpinan yang demokratis.
References
Agus Mursidi.2016. Wacana Kuasa dan Hemogemoni : Kiai pada Sekolah Menengah Atas Negeri Kolabirasi dan Pondok Pesantren. Diunduh dari http://fkip.umetro.ac.id/journal/index.php/sejarah/article/view/543. Pada tanggal 7 Juni 2018 pada pukul 16.00.
Alben Ambarita.2012.Kepemimpinan Kepala Sekolah.Yogyakarta.Graha Ilmu.
Andriana.2007.Teori Kepemimpinan.diunduh https://borobudurtraining.com/30-kumpulan-artikel/161-3-teori-kepemimpinan-menurut-para-ahli.pada tanggal 09 Maret 2018 pada pukul 07.45.
Djakasaputra.2017.Pengaruh Gaya Kepemimpinan Delegatif, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT BANK Mandiri KCP Jakarta. Dikutip dari Jurnal Ekonomi Volume XXII. Jakarta.
Djam’an Satori.2016.Profesi Keguruan. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Herlinda Maya Kumala.2016.Pengaruh Gaya Kepemimpinan Otoriter Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Kerja dan Stres Kerja Karyawan Perusahaan X di Blitar. Diunduh http://eprints.umsida.ac.id/72/. Pada tanggal 28 Mei 2018 pada pukul 19.24.
Imam Tauhid. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Center for Society Studies (CSS) : Jember.
Jamal Ma’mur Asmani.2012.Tips Sakti Membangun Organisasi Sekolah. Jogjakarta : Diva Pers.
Kusmanto.2013.Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Berbasis Ketamansiswaan.diunduh https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/hendle/11617/3181/3.%20B%20Kusumanto.pdf?sequence=1.Pada tanggal 28 Mei 2018 pada pukul 20.25.
Megawati Sitohang.2016.Pengaru Gaya Kepemimpinan.Diunduh dari https://library.giciku.ac.id/tugas_akhir/11003534.pdf. Pada tanggal 16 Juli 2018 pada pukul 18.29.
Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah.
Radar Pos Banyuwangi 27 Februari 2018.
Ramayulis & Mulyadi.2017.Manajemen & Kepemimpinan Pendidikan Islam.Jakarta : Kalam Mulia.
Rudi Salam Sinuligga.2014.Gaya Kepemimpinan.Diunduh dari https://www.kompasnia.com/rudisalamsinulingga/gaya-kepemimpinan/article/index/54f9ceca3311df1d8b4583. Pada tanggal 12 Juni 2018 pada pukul 14.00.
Saptono. 2013.Teori Hegemoni Sebuah Teori Kebudayaan Kontemporer.Diunduh http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paradigma/aticle/view/3370. Pada tanggal 7 Juni 2018 pada pukul 15.25.
Siti Hartinah.2017.Konsep Dasar Bimbingan Kelompok.Bandung.PT Refika Aditama
Sugiono, 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Universitas PGRI Banyuwangi. 2018. Panduan Penulisan Skripsi. Banyuwangi : Universitas PGRI Banyuwangi.