IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PERSATUAN PADA PELAKSANAAN UPACARA HARI RAYA GALUNGAN DALAM PERSPEKTIF BHINEKA TUNGGAL IKA DI DESA BAGOREJO KECAMATAN SRONO

  • Yogi Ari Purnami UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI
  • Bayu Indra Permana UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI
Keywords: IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PERSATUAN, UPACARA HARI RAYA GALUNGAN, PERSPEKTIF, BHINEKA TUNGGAL IKA

Abstract

Bangsa Indonesia sangatlah heterogen dan pluralis, yang bermacam-macam agama, suku, ras, budaya, adat istiadat dan ideologi yang berbeda-beda dari masing-masing agama, atau budaya bahkan suku tersebut. Keberadaan masyarakat di Desa Bagorejo dalam sosial keagamaan terjalin dengan harmonis. Pelaksanaan Hari Raya Galungan adalah sebagai momentum bagi umat Hindu untuk menunjukan kebersamaan dalam pelaksanaan keagamaan. Kehidupan sehari-hari masyarakat di Desa Bagorejo hidup berdampingan sebagai wujud dari keharmonisan dalam beragama. Sosial relegius masyarakat di Desa Bagorejo, menunjukan eksistensi kebhinekaan yang sangat beradab.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1).Bagaimanakah konsep keberagamaan di Desa Bagorejo dalam pelaksanaan Hari Raya Galungan Perspektif Bhineka Tunggal Ika.2).Implementasi apa saja yang dilakukan umat Hindu di Desa Bagorejo Kecamatan Srono dalam mewujudkan sikap ke-Bhinekaan pada saat Hari Raya Galungan.3).Bagaimanakah perspektif Upacara Hari Raya Galungan di pandang dari Bhineka Tunggal Ika.

Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan phenomologis dengan jumlah responden sebanyak 10 orang.Analisa data menggunakan deskriktif kualitatif.Hasil penelitian Implentasi yang terapkan umat Hindu dalam memujudkan sikap Bhineka Tunggal Ika adalah memahami dan melaksanakan konsep dan paham multikulturalisme dalam setiap perbedaanKonsep multikultur ini diterapkan dimasyarakat Desa Bagorejo, karena masyarakat Desa Bagorejo sangat pluralis dan heterogen. Kerukunan umat beragama di Desa Bagorejo menjadi contoh dan panutan bagi masyarakat luas. Kerukunan antar umat beragama di Desa Bagorejo dapat dilaksanakan dengan baik.

References

Ali, Sayuti. 2003. Metodologi Penelitian Agama (Pendekatan Teori dan Praktek). PT. Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suata Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
H. Jalauddin. 2005. Psikologi Agama Memahami Perilaku Keagamaan dengan Mengaplikasikan.
Iqbal, Hasan. 2002. Pokok – Pokok Metodelogi Penelitian Dan Aplikasi. Indonesia: Ghalia.
Jalaludin, H. 2010. Psikologi Agama. Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Naim, Ngainun dan Ahmad Sauqi. 2008. Pendidikan Multikultural Konsep Dan Aplikasi. Jogyakarta: AR-Ruz Media Group.
Riduwan. 2004. Metode Dan Tekhnik Penyusunan Tesis. Bandung: Alfa Beta. Cetakan Pertama.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun. 2002. Kamus Istilah Agama Hindu. Denpasar: Pemda Tk. I Bali.
Tim Penyusun. 2005. Hasil-hasilPesamuhanAgungParisadaHinduDharma Indonesia. Bandar Lampung. Parisada Hindu Dharma Pusat.
Tim Penyusun. 2007. Pedoman Kerukunan Umat Beraga Hindu. Jakarta: Mitra Abadi Press.
Zuriah, Nurul. 2007. Metode Penelitian Sosial Dan Pendidikan (Teori-Aplikasi). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Published
2019-10-25
How to Cite
Yogi Ari Purnami, & Bayu Indra Permana. (2019). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PERSATUAN PADA PELAKSANAAN UPACARA HARI RAYA GALUNGAN DALAM PERSPEKTIF BHINEKA TUNGGAL IKA DI DESA BAGOREJO KECAMATAN SRONO. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 4(1), 7-14. https://doi.org/10.36526/jppkn.v4i2.672
Section
Articles