KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG BERBASIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 1 SEMPU KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter merupakan inti dari tujuan Pendidikan Nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui wawasan guru PKn mengenai pendidikan karakter serta kemampuan guru dalam menyusun RPP yang berbasis nilai-nilai pendidikan karakter. Metode ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan instrumen peneliti, pedoman wawancara, dan panduan catatan lapangan. Hasil penelitian adalah: guru PKn di SMP Negeri 1 Sempu masih belum mengerti betul mengenai pendidikan karakter serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya, mereka juga belum dapat menyusun RPP yang berbasis nilai pendidikan karakter sendiri, dan menggunakan RPP berkarakter yang terdapat pada buku LKS PKn.
References
Hamid, Ahmad. 2008. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta
Hamid, Said. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional
Kesuma, Dharma. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sahlan, Asmaun. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Samani, Muchlas. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sudjana, N & Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Sugiyono . 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Laporan Penelitian Edisi keempat. Malang: Biro Administrasi Akademik, Perencanaan dan Sistem Informasi bekerjasama dengan Penerbit Universitas Negeri Malang.