PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PERKEMBANGAN SOSIAL PPKN SISWA KELAS XI TATA NIAGA 2 SEMESTER GENAP SMK NEGERI 1 BANYUWANGI
Abstract
Pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang mendorong anak untuk melakukan keterampilan-keterampilan ilmiah seperti mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Pendekatan ini menuntut siswa yang aktif dalam melakukan keterampilan ilmiah di atas (bukan gurunya). Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif, untuk mengumpulkan data yang digunakan beberapa metode di antaranya interview, angket, dan observasi. Dalam menganalisa data menggunakan analisis data regresi linier ganda dua prediktor. Dari hasil perhitungan diketahui hasil belajar PPKn diperoleh F reg = 7,599 ≥ Ftabel 5%= 4,14. Dari hasil perhitungan diketahui perkembangan sosial PPKn diperoleh F reg = 6,359 ≥ Ftabel 5% = 4,14. Dari hasil perhitungan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 terhadap hasil belajar dan perkembangan sosial PPKn siswa diperoleh F reg = 8,914 ≥ Ftabel 5% = 3,29. Dari hasil perhitungan analisia data, diketahui Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar PPKn (X1) mempunyai sumbangan efektif sebesar 0,108% dan Perkembangan Sosial PPKn (X2) mempunyai simbangan efektif sebesar 0,093%.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara
Asrori, Ahmad. 2009. Hubungan Kecerdasan Emosil dan Interaksi Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa Kelas VIII Program Akselerasi di SMP Negeri 9 Surakarta. Surakarta.
Dr. Juliansyah Noor, SE., M.M. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertsi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group
Dr. Rusman, M.Pd. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Dantes, N. 2013. Profesionalisme Guru dan Kebijakan Pengembangan Kurikulum. (Makalah). disampaikan pada Seminar Kajian Persekolahan.
Gunawan, Iman. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara
http://indrayadinur.blogspot.co.id/2014/03/apa-itu-tugas-terstruktur-dan-tugas.html 30 Mei 2017
H. Sunarto, Ny. B. Agung Hartono. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Margono S. Drs. 2007. Metologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sugiyono. 2013. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, Wina. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Jakarta: Prenada
Slameto. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Tim redaksi. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia
Usman, Basyirudin. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta selatan: Ciputat Press.
Wartini, Ida Ayu Km Mirah, dkk. 2014. Jurnal penelitian Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar PKn Di Kelas VI SD Jembatan Budaya, Kuta 119.25.161.254/ejournal/index,php/jurnal_prndas/article/view/1466