PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PERKEMBANGAN SOSIAL PPKN SISWA KELAS XI TATA NIAGA 2 SEMESTER GENAP SMK NEGERI 1 BANYUWANGI

  • Hepi Setiawan SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi
  • Bayu Indra Permana SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi

Abstract

Pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang mendorong anak untuk melakukan keterampilan-keterampilan ilmiah seperti mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Pendekatan ini menuntut siswa yang aktif dalam melakukan keterampilan ilmiah di atas (bukan gurunya). Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif, untuk mengumpulkan data yang digunakan beberapa metode di antaranya interview, angket, dan observasi. Dalam menganalisa data menggunakan analisis data regresi linier ganda dua prediktor. Dari hasil perhitungan diketahui hasil belajar PPKn diperoleh F reg = 7,599 ≥ Ftabel 5%= 4,14. Dari hasil perhitungan diketahui perkembangan sosial PPKn diperoleh F reg = 6,359 ≥ Ftabel 5% = 4,14. Dari hasil perhitungan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 terhadap hasil belajar dan perkembangan sosial PPKn siswa diperoleh F reg = 8,914 ≥ Ftabel 5% = 3,29. Dari hasil perhitungan analisia data, diketahui Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar PPKn (X1) mempunyai sumbangan efektif sebesar 0,108% dan Perkembangan Sosial PPKn (X2) mempunyai simbangan efektif sebesar 0,093%.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara

Asrori, Ahmad. 2009. Hubungan Kecerdasan Emosil dan Interaksi Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa Kelas VIII Program Akselerasi di SMP Negeri 9 Surakarta. Surakarta.

Dr. Juliansyah Noor, SE., M.M. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertsi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group

Dr. Rusman, M.Pd. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Dantes, N. 2013. Profesionalisme Guru dan Kebijakan Pengembangan Kurikulum. (Makalah). disampaikan pada Seminar Kajian Persekolahan.

Gunawan, Iman. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

http://indrayadinur.blogspot.co.id/2014/03/apa-itu-tugas-terstruktur-dan-tugas.html 30 Mei 2017

H. Sunarto, Ny. B. Agung Hartono. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Margono S. Drs. 2007. Metologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiyono. 2013. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Jakarta: Prenada

Slameto. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Tim redaksi. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia

Usman, Basyirudin. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta selatan: Ciputat Press.

Wartini, Ida Ayu Km Mirah, dkk. 2014. Jurnal penelitian Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar PKn Di Kelas VI SD Jembatan Budaya, Kuta 119.25.161.254/ejournal/index,php/jurnal_prndas/article/view/1466

Published
2017-12-22
How to Cite
SetiawanH., & PermanaB. I. (2017). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PERKEMBANGAN SOSIAL PPKN SISWA KELAS XI TATA NIAGA 2 SEMESTER GENAP SMK NEGERI 1 BANYUWANGI. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/134
Section
Articles