Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi MyIndiHome di Wilayah Jakarta Utara Dengan Metode EUCS
Abstract
Kepuasan pengguna aplikasi dapat menjadi faktor penting dalam menentukan keberhasilan dalam pengembangan suatu aplikasi. Pengguna yang puas diharapkan akan terus menggunakan aplikasi tersebut. MyIndiHome merupakan aplikasi yang dibuat bagi pelanggan layanan IndiHome dari Telkom untuk menerima informasi dan penawaran layanan, maupun menyampaikan keluhan terhadap layanan IndiHome yang dilanggan. Untuk mendapatkan gambaran tingkat kepuasan pengguna MyIndiHome khususnya di wilayah Jakarta Utara, digunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Dengan metode ini variabel content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness akan diuji pengaruhnya terhadap tingkat kepuasan pengguna. Pengujian validitas dan reliabilitas statistik juga dilakukan dengan menggunakan software SPSS 25, untuk melihat tingkat korelasi dari kelima variabel. Dari hasil pengujian ditemukan pengaruh signifikan kelima variabel tersebut terhadap kepuasan pengguna, dimana content merupakan variabel yang memiliki pengaruh tertinggi dalam menentukan kepuasan pengguna. Sedangkan format menjadi variabel terendah yang mempengaruhi kepuasan pengguna. Untuk itu dapat direkomendasikan perbaikan berkelanjutan atau peningkatan pada aplikasi MyIndiHome, terutama pada aspek kelengkapan dan menariknya tampilan, serta kejelasan informasi yang ditampilkan pada aplikasi. Hal ini karena peningkatan pada aspek tersebut, akan lebih meningkatkan tingkat kepuasan pengguna aplikasi.
Copyright (c) 2025 zetroem

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.