Sistem Monitoring Kosentrasi Amonia (NH3) Pada Kawasan PT. Petrokimia Gresik Berbasis IoT

  • Nur Kurnia Fibiani mahasiswa
  • Rini puji astutik
Keywords: konsentrasi Amonia, MQ137, sensor GP2Y1014AU0F, Internet of Think.

Abstract

Abstrak—. Gresik merupakan kota industri dikarenakan banyak pabrik-pabrik yang berdiri dikota Gresik, pesatnya industri kota gresik berdampak juga terhadap lingkungan dan polusi udaranya. Salah satu dampak polusi udara yang sangat berbahaya adalah gas beracun, yang diakibatkan adanya penggunaan bahan kimia berbahaya dari proses produksi. Salah satu dari emisi tersebut adalah Amonia (NH3) merupakan salah satu jenis gas beracun, yang apabila limbah ini tidak diolah secara baik dan benar maka akan berdampak buruk bagi kesehatan manusia.
Pada penelitian kali ini akan menghasilkan dari alat pendeteksi kosentrasi gas ammonia pada kawasan PT. Petrokimia Gresik. Dengan menggunakan sensor MQ137 sebagai pendeteksi gas ammonia (NH3) dan sensor GP2Y1014AU0F (sensor pendeteksi debu). Hasil dari sensor tersebut akan diproses melalui ESP32 sebagai (unit process) dan akan ditampilkan melalui panel LED P5 sebagai pusat informasi dari hasil pengambilan data. Jika kosentrasi gas Ammonia lebih dari 200 ppm, maka area / kawasan tersebut terindikasi sebagai kawasan dengan kadar ammonia cukup tinggi dan hal tersebut Sangat Tidak Sehat bagi masyarakat jika terus terpapar dengan waktu yang cukup lama.

Published
2023-10-24
How to Cite
Nur Kurnia Fibiani, & Rini puji astutik. (2023). Sistem Monitoring Kosentrasi Amonia (NH3) Pada Kawasan PT. Petrokimia Gresik Berbasis IoT. JOURNAL ZETROEM, 5(2), 203 - 205. https://doi.org/10.36526/ztr.v5i2.3142
Section
Article

Most read articles by the same author(s)