“Implementasi Teori Behavior Respon Stres Pada Mahasiswa Baru Universitas PGRI Banyuwangi Prodi Bimbingan dan Konseling A 2022”
Abstract
Perbedaan proses pembelajaran antara sekolah menengah dengan perguruan tinggi menuntut mahasiswa baru untuk beradaptasi. Mahasiswa baru yang gagal dalam beradaptasi terhadap tuntutan di perkuliahan dapat mengalami stres. Stres merupakan suatu respon negatif yang disebabkan oleh tekanan yang dialami. Tujuan dari analisis artikel ini adalah untuk mengkaji perubahan perilaku Mahasiswa di Unviersitas PGRI Banyuwangi Prodi Bimbingan dan Konseling 2022, dimana stres dapat menyebabkan rasa cemas pada mahasiswa baru. Analisis ini menggunakan meotde penelitian analitik kualitatif. Data analisis secara deskriptif kualitatif. Jadi adanya layanan bimbingan dan konseling tentang respon stres pada mahasiswa baru yang mengarah pada hasil baru, diharapakan terjadinya perubahan yang sebelumnya tidak diketahui dapat diterapkan selama masa belajar atau bekerja dimana berbagai perubahan lingkungan sudah diketahui.