Perancangan Keamanan Kendaraan Tanpa Kunci Dengan Menggunakan ESP32 dan Aplikasi BLYNK Berbasis IOT

  • Muhamad Juliarto Akademi Komunitas Toyota Indonesia
  • Raihan Amru Nityasa Akademi Komunitas Toyota Indonesia
  • Ahmad Dani Fajar Aditama Akademi Komunitas Toyota Indonesia

Abstract

Perkembangan teknologi Internet of Things (IoT) telah membawa transformasi signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang keamanan kendaraan. Salah satu inovasi terbaru adalah perancangan keamanan kendaraan tanpa kunci berbasis IoT menggunakan perangkat ESP32 dan aplikasi Blynk. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem keamanan yang efektif dan efisien untuk kendaraan dengan memanfaatkan potensi konektivitas IoT.

Metodologi yang digunakan melibatkan pengembangan perangkat keras menggunakan modul ESP32 sebagai otak utama, yang berfungsi untuk mengendalikan berbagai aspek keamanan kendaraan. Selain itu, aplikasi Blynk digunakan sebagai antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengendalikan sistem keamanan kendaraan melalui perangkat pintar mereka.

Dalam pengujian sistem, berbagai skenario keamanan telah diuji, termasuk deteksi intrusi, penguncian dan membuka kunci kendaraan secara otomatis, serta pemantauan kondisi kendaraan secara real-time melalui koneksi internet. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini mampu memberikan tingkat keamanan yang tinggi dan responsif, dengan kemampuan untuk memberikan pemberitahuan kepada pemilik kendaraan melalui aplikasi Blynk.

Implikasi dari penelitian ini adalah adopsi teknologi keamanan kendaraan berbasis IoT dapat memberikan solusi yang lebih cerdas dan terhubung secara digital untuk meningkatkan keamanan kendaraan. Selain itu, integrasi teknologi ini dengan aplikasi Blynk membuka peluang untuk pengembangan sistem keamanan yang lebih kompleks dan adaptif di masa depan.

Kata kunci: Internet of Things (IoT), ESP32, Blynk, keamanan kendaraan

Published
2024-03-28
How to Cite
JuliartoM., Amru NityasaR., & Fajar AditamaA. D. (2024). Perancangan Keamanan Kendaraan Tanpa Kunci Dengan Menggunakan ESP32 dan Aplikasi BLYNK Berbasis IOT. V-MAC (Virtual of Mechanical Engineering Article), 9(1), 47-53. https://doi.org/10.36526/v-mac.v9i1.3653
Section
Artikel