Perancangan Keamanan Kendaraan Tanpa Kunci Dengan Menggunakan ESP32 dan Aplikasi BLYNK Berbasis IOT
Abstract
Perkembangan teknologi Internet of Things (IoT) telah membawa transformasi signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang keamanan kendaraan. Salah satu inovasi terbaru adalah perancangan keamanan kendaraan tanpa kunci berbasis IoT menggunakan perangkat ESP32 dan aplikasi Blynk. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem keamanan yang efektif dan efisien untuk kendaraan dengan memanfaatkan potensi konektivitas IoT.
Metodologi yang digunakan melibatkan pengembangan perangkat keras menggunakan modul ESP32 sebagai otak utama, yang berfungsi untuk mengendalikan berbagai aspek keamanan kendaraan. Selain itu, aplikasi Blynk digunakan sebagai antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengendalikan sistem keamanan kendaraan melalui perangkat pintar mereka.
Dalam pengujian sistem, berbagai skenario keamanan telah diuji, termasuk deteksi intrusi, penguncian dan membuka kunci kendaraan secara otomatis, serta pemantauan kondisi kendaraan secara real-time melalui koneksi internet. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini mampu memberikan tingkat keamanan yang tinggi dan responsif, dengan kemampuan untuk memberikan pemberitahuan kepada pemilik kendaraan melalui aplikasi Blynk.
Implikasi dari penelitian ini adalah adopsi teknologi keamanan kendaraan berbasis IoT dapat memberikan solusi yang lebih cerdas dan terhubung secara digital untuk meningkatkan keamanan kendaraan. Selain itu, integrasi teknologi ini dengan aplikasi Blynk membuka peluang untuk pengembangan sistem keamanan yang lebih kompleks dan adaptif di masa depan.
Kata kunci: Internet of Things (IoT), ESP32, Blynk, keamanan kendaraan
uthors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Commons Attribution 4.0 International License.