https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/vmac/issue/feed V-MAC (Virtual of Mechanical Engineering Article) 2024-03-28T08:23:01+00:00 Anas Mukhtar anasmukhtar@unibabwi.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Jurnal V-MAC (Virtual of Mechanical Engineering Article) merupakan kumpulan dari jurnal hasil-hasil penelitian, kajian pustaka dan karya ilmiah dalam bidang Ilmu Teknik Mesin, Otomotif dan Teknologi Tepat Guna. Diterbitkan secara berkala dua kali per tahun pada Bulan April dan Oktober oleh Jurusan (Program Studi) Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas PGRI Banyuwangi.</p> https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/vmac/article/view/3437 Perancangan Mesin Bubur Sampah Organik dan Pemilah Sampah Plastik Kapasitas 180 Kg/Jam 2024-03-28T08:21:33+00:00 Rony Kurniawan kunokawan1@gmail.com Angga Setiawan kunokawan1@gmail.com Rahmat Wijaya kunokawan1@gmail.com <p>Sampah adalah limbah atau buangan yang dihasilkan dari proses produksi baik domestik ( rumah tangga ) maupun industri, dalam pengolahan sampah harus di pisah terlebih dahulu berdasarkan jenisnya, yaitu sampah organik dan sampah an organik. Dalam proses pemilahan sampah akan memakan waktu dan tempat. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang mesin pencacah sampah organik dan pemilah sampah plastik. Dan dengan perancangan ini diharapkan proses pengolahan sampah lebih cepat , tidak memakan tempat. Sedangkan hasil cacahan sampah organik ini bisa dimanfaatkan untuk pakan magot, briket sampah, pupuk kompos dll. Berdasarkan pengumpulan data dan perhitungan mesin ini terdiri dari pisau pencacah , pisau penumbuk, dan blade pendorong plastik , dengan bahan poros S45c dan penggerak utama mesin diesel . Dengan Rancangan mesin ini mampu mengolah 180 kg/jam sehingga proses pengolahan sampah lebih cepat . tidak memakan tempat dan efisien.</p> 2024-03-23T14:39:50+00:00 Copyright (c) 2024 V-MAC (Virtual of Mechanical Engineering Article) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/vmac/article/view/3439 Pembuatan Dan Pengujian Mesin Pencacah Sampah Organik Dan Pemilah Sampah Plastik Dengan Kapasitas 180 Kg/Jam 2024-03-28T08:21:46+00:00 Murdiyanto murdiyanto931@gmail.com Angga Setiawan murdiyanto931@gmail.com Rahmat Wijaya murdiyanto931@gmail.com <p>Sampah adalah hasil atau sisa dari barang dalam berbagai bentuk yang dihasilkan manusia, hewan dan tumbuhan. Manusia cenderung membuang sampah sembarangan masih bercampur antara sampah organik dan sampah anorganik. Pengolahan sampah dengan proses pencacahan dapat memperkecil ukuran sampah dan memisahkan jenis sampah organik dan sampah plastik dengan <em>screening</em>. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk menentukan kapasitas, konsumsi bahan bakar dan waktu yang dibutuhkan saat proses produksi. Analisa dilakukan dengan cara merubah rpm mesin untuk mencari putaran poros pisau pencacah di 747 rpm, 1000 rpm dan 1265 rpm kemudian mencatat waktu yang dibutuhkan untuk menghabiskan 6 kg sampah organik dan sampah plastik. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa hasil pencacahan menggunakan kecepatan poros pisau pencacah 747 rpm membutuhkan waktu 93 detik, untuk kecepatan putaran poros 1000 rpm membutuhkan waktu 76 detik dan kecepatan putaran poros pisau pencacah 1265 rpm membutuhkan waktu 63 detik untuk mencacah sampah organik dan sampah plastik dengan berat 6 kg. Sementara kapsitas mesin di putaran poros pisau pencacah 747 rpm adalah 141.17 kg/jam, untuk kecepatan putaran poros 1000 rpm adalah 158.76 Kg/jam dan kecepatan puataran poros pisau pencacah 1265 rpm adalah 175.6 kg/jam.</p> 2024-03-23T14:40:44+00:00 Copyright (c) 2024 V-MAC (Virtual of Mechanical Engineering Article) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/vmac/article/view/3533 Analisis kavitasi dan karakteristik aliran bukaan katup globe valve menggunakan simulasi solidworks 2024-03-28T08:22:00+00:00 Ais Saiful nfinahari@widyagama.ac.id Gatot Soebiyakto soebiyakto@widyagama.ac.id Nurida Finahari nfinahari@widyagama.ac.id <p style="text-align: justify;">Proses analisa karakteristik aliran fluida pada valve tidaklah mudah untuk dilakukan. Selain karena katup dan rangkaiannya merupakan ruang tertutup, geometri katup termasuk dalam kategori kompleks untuk analisis persamaan matematika. Simulasi berbasis aplikasi komputer merupakan jalan keluar yang mudah dan murah. Aplikasi simulasi khusus untuk aliran fluida juga telah dikembangkan. SolidWorks 2020 merupakan aplikasi desain berbasis komputer yang menawarkan metode operasional sederhana dan mudah dengan akurasi tinggi. Penelitian berbasis simulasi aliran fluida pada katup telah dilakukan oleh beberapa peneliti dengan menggunakan aplikasi yang berbeda-beda. Variabel bebas yang digunakan adalah lebar bukaan katup, sedangkan variabel terikatnya adalah head loss, koefisien tahanan dan koefisien aliran. Penelitian ini menambahkan kajian karakteristik kavitasi dan aliran untuk melihat proses terbentuknya pusaran, dengan objek kajiannya adalah kontrol globe valve yang dipandu trim cage. Hasil penelitian ini menunjukkan kesamaan dengan penelitian sebelumnya, dengan adanya penambahan identifikasi batas kavitasi dan peristiwa pusaran dalam rangkaiannya.</p> 2024-03-28T04:45:54+00:00 Copyright (c) 2024 V-MAC (Virtual of Mechanical Engineering Article) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/vmac/article/view/3544 Analisis Temperatur Pendingin Air Pada Proses Pendinginan dan Pengaruh Jenis Elektoda Terhadap Kekuatan Impak Hasil Pengelasan Las Listrik Plat Baja ST 37 2024-03-28T08:22:15+00:00 Alif Ihza Nugraha alifihzanugraha10@gmail.com Ikhwanul Qiram ikhwanulqiram@gmail.com Gatut Rubiono g.rubionov@unibabwi.ac.id <p>Pengelasan adalah bagian penting dari perkembangan modern karena melibatkan bagian penting yang sedang dikerjakan dan diperbaiki dalam dunia Industri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak hasil las listrik terhadap variasi pendinginan media air bersuhu 20<sup>o</sup> C, 24<sup>o</sup> C, 28<sup>o</sup> C pada baja ST 37 dengan ukuran 200 mm × 20 mm × 4 mm sebanyak 12 buah. Tipe sambungan las adalah <em>butt joint</em>-<em>single</em> <em>V-groove </em>dengan sudut kampuh sebesar 60° dan menggunakan alur pengelasan <em>zig-zag</em> yang mengacu pada ISO 9692. Elektroda las yang dipakai adalah RD-E6013, LB-E7016. Hasil penelitian menunjukkan semakin tinggi suhu pendinginan maka prosentase mikropori pada kedua sampel juga meningkat. Prosentase pori tertinggi terjadi pada jenis plat LB-E7016 dengan variasi pendinginan suhu hangat sebesar 14,76 %. Semakin meningkatnya suhu pendinginan, kekuatan impak juga akan meningkat. Kekuatan impak puncak terjadi pada jenis plat E.6013 dengan variasi pendinginan pada air dingin sebesar 14,01 J/mm<sup>2</sup>.</p> <p><em>kata kunci: Las SMAW, Baja</em><em> ST 37, Pendinginan</em><em>..</em></p> 2024-03-28T05:34:55+00:00 Copyright (c) 2024 V-MAC (Virtual of Mechanical Engineering Article) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/vmac/article/view/3574 Analisa Cacat Permukaan Akibat Proses Permesinan Friction Drilling Dengan Pahat Tungsten 2024-03-28T08:22:28+00:00 Henry Widya Prasetya henry@ppi.ac.id Nurul Fitria Apriliani fitria@ppi.ac.id <p>Salah satu bagian komponen utama kereta api adalah dinding kereta (<em>side wall</em>). Salah satu proses pembuatan lubang yang digunakan untuk penyambungan komponen <em>carbody</em> kereta api dengan proses pengeboran (<em>drilling</em>). Pada pengeboran konvensional mempunyai kekurangan, salah satunya yaitu&nbsp; pengeboran konvensional menggunakan mata pahat yang memiliki mata sayat sering mengalami keretakan. Pada penelitian ini inovasi yang menggantikan pengeboran konvensional dengan pengeboran <em>thermal</em> <em>(friction drilling)</em> yang digunakan pada <em>carbody</em> kereta api. Pengeboran gesek ini memiliki kelebihan yaitu pada proses pengeboran yang menggunakan suhu tinggi akan membentuk kembali semua material sehingga tidak ada material yang hilang.&nbsp; Pada penelitian ini digunakan metode <em>friction drilling</em>&nbsp; dengan menentukan variasi diameter mata pahat yaitu, 4 mm, 5 mm, 6 mm, dan ketebalan pelat <em>stainless steel</em> yang digunakan yaitu 2 mm. Material pahat yang digunakan pada proses <em>friction drilling</em> yaitu material <em>tungsten</em> dikarenakan material <em>tungsten</em> sifat tahan panas yang tinggi. Dilakukan pengujian <em>penetrant</em> dan pengamatan pada struktur makro dan mikro untuk mengetahui cacat permukaan, setelah pengujian akan diambil data dari bahan yang sudah diuji yang kemudian data dari mikroskopis akan diolah menggunakan <em>software ImageJ.</em> Dari hasil pengujian yang dilakukan dengan variasi diameter. Semakin besar diameter pahat yang digunakan maka semakin besar cacat yang didapatkan. Hasil dari pengujian foto mikro menunjukan beberapa kecacatan yang terjadi pada material, yaitu cacat titik dan cacat garis. Pada pelat dengan tebal 2 mm yang di bor dengan diameter pahat 6 mm saat dilakukan pengujian foto mikro menghasilkan pemadatan permukaan yang cukup merata dan mengalami kecacatan yang dominan.</p> 2024-03-28T06:44:43+00:00 Copyright (c) 2024 V-MAC (Virtual of Mechanical Engineering Article) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/vmac/article/view/3638 PEMANFAATAN LIMBAH BIOMASSA SEBAGAI BAHAN BAKAR RAMAH LINGKUNGAN 2024-03-28T08:22:48+00:00 Arif Hidayat Purwono arifsnatw@gmail.com Suhartoyo arifhidayatpurwono@gmail.com Roedy Kristiono arifhidayatpurwono@gmail.com Dhimas Hardiawan Putra Pradhana arifhidayatpurwono@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan inovasi penggunaan limbah yang belum digunakan secara maksimal dirubah menjadi bahan bakar yang bisa digunakan sekala rumah tangga. Limbah biomassa diolah menjadi pellet dengan variasi yang telah ditentukan dengan bahan dasar gergajian kayu jati dan sekam padi. Dari pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pellet variasi A dengan bahan baku berasal gergajian kayu jati membutuhkan bahan bakar paling sedikit dan lama pendidihan air 1 liter paling cepat. variasi F dengan bahan baku berasal sekam padi membutuhkan bahan bakar paling banyak dan lama pendidihan air 1 liter paling lama, karena nilai kalor kayu jati lebih tinggi yaitu&nbsp; 4158,58 kal/gram nilai kalor sekam padi sebesar 3278,10 kal/gram. variasi A yaitu gergajian kayu jati waktu yang dibutuhkan mendidihkan air selama 8 menit 32 detik dan membutuhkan pellet sebanyak 135 gram.</p> 2024-03-28T07:33:47+00:00 Copyright (c) 2024 V-MAC (Virtual of Mechanical Engineering Article) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/vmac/article/view/3653 Perancangan Keamanan Kendaraan Tanpa Kunci Dengan Menggunakan ESP32 dan Aplikasi BLYNK Berbasis IOT 2024-03-28T08:23:01+00:00 Muhamad Juliarto muhamadjuliarto@gmail.com Raihan Amru Nityasa Muhamadjuliarto@gmail.com Ahmad Dani Fajar Aditama Muhamadjuliarto@gmail.com <p>Perkembangan teknologi Internet of Things (IoT) telah membawa transformasi signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang keamanan kendaraan. Salah satu inovasi terbaru adalah perancangan keamanan kendaraan tanpa kunci berbasis IoT menggunakan perangkat ESP32 dan aplikasi Blynk. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem keamanan yang efektif dan efisien untuk kendaraan dengan memanfaatkan potensi konektivitas IoT.</p> <p>Metodologi yang digunakan melibatkan pengembangan perangkat keras menggunakan modul ESP32 sebagai otak utama, yang berfungsi untuk mengendalikan berbagai aspek keamanan kendaraan. Selain itu, aplikasi Blynk digunakan sebagai antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengendalikan sistem keamanan kendaraan melalui perangkat pintar mereka.</p> <p>Dalam pengujian sistem, berbagai skenario keamanan telah diuji, termasuk deteksi intrusi, penguncian dan membuka kunci kendaraan secara otomatis, serta pemantauan kondisi kendaraan secara real-time melalui koneksi internet. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini mampu memberikan tingkat keamanan yang tinggi dan responsif, dengan kemampuan untuk memberikan pemberitahuan kepada pemilik kendaraan melalui aplikasi Blynk.</p> <p>Implikasi dari penelitian ini adalah adopsi teknologi keamanan kendaraan berbasis IoT dapat memberikan solusi yang lebih cerdas dan terhubung secara digital untuk meningkatkan keamanan kendaraan. Selain itu, integrasi teknologi ini dengan aplikasi Blynk membuka peluang untuk pengembangan sistem keamanan yang lebih kompleks dan adaptif di masa depan.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: <em>Internet of Things (IoT), ESP32, Blynk, keamanan kendaraan</em></p> 2024-03-28T08:20:13+00:00 Copyright (c) 2024 V-MAC (Virtual of Mechanical Engineering Article)