Pengaruh Kualitas Air Minum Isi Ulang Dengan Menggunakan Teknologi Reverse Osmosis (RO)

  • G Gusnawati Universitas Muslim Indonesia

Abstract

Abstrak

Air bersih adalah kebutuhan dasar yang sangat penting bagi seluruh lapisan masyarakat. Meningkatnya kesadaran akan konsumsi air yang berkualitas, sehat, dan aman telah mendorong permintaan akan air minum yang berkualitas, sehat, dan terjangkau. Salah satu produk yang memenuhi kebutuhan ini adalah air minum isi ulang. Kualitas air minum isi ulang harus mematuhi persyaratan kesehatan yang telah diatur dalam peraturan kesehatan, termasuk persyaratan fisika, mikrobiologis, kimiawi, dan radioaktif.

Meskipun ada masyarakat yang lebih memilih metode alternatif seperti memasak air atau menggunakan filter dispenser, depot air minum isi ulang telah menjadi industri yang populer. Sayangnya, banyak depot air minum yang tidak memenuhi standar kebersihan dan keamanan yang ditetapkan, dengan minimnya pengawasan dari pihak yang berwenang.

Teknologi pengolahan air yang beragam telah dikembangkan, termasuk teknologi Reverse Osmosis (RO), yang dianggap salah satu yang terbaik. RO melibatkan tekanan tinggi untuk memisahkan air dari komponen-komponen yang tidak diinginkan melalui membran semipermeabel. Teknologi ini tidak memerlukan penambahan bahan kimia dan memproses air pada suhu rendah.

Artikel ini mengkaji peran teknologi RO dalam pengolahan air minum isi ulang. Dengan semakin meningkatnya permintaan akan air minum berkualitas, teknologi ini dapat menjadi solusi yang penting untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami dampak teknologi ini dalam memastikan penyediaan air minum isi ulang yang sehat dan aman bagi konsumen.

 

Kata kunci: kualitas, air minum isi ulang, reverse osmosis.

Published
2023-10-23
How to Cite
GusnawatiG. (2023). Pengaruh Kualitas Air Minum Isi Ulang Dengan Menggunakan Teknologi Reverse Osmosis (RO). V-MAC (Virtual of Mechanical Engineering Article), 8(2), 66 - 70. https://doi.org/10.36526/v-mac.v8i2.3168
Section
Artikel