Studi Prototipe Pengaruh Sudut Kemiringan Poros Baling-Baling Terhadap Daya Dorong Kapal Laut

  • Ahmad Munawir Prodi Teknik Mesin Universitas PGRI Banyuwangi
  • Gatut Rubiono Prodi Teknik Mesin Universitas PGRI Banyuwangi
  • Haris Mujianto Prodi Teknik Mesin Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Banyuwangi has 18.738 fishermen that use wood boats with diesel engine. This research is aimed to get the effect of shaft angle inclination due to boat speed. The research is done by prototype experiment. A small scale boat with 25 cm length, 7,75 wide and 2 meter motion water field. The shaft angle inclination is vary as 0o, 5o, 10o,15 o, 20o, 25o dan 30o. The number of blade propeller is vary as 2 and 4 blades. Motion time is measured by a stopwatch. The data are analyzed to get boat speed. The result shows that the shaft angle inclination has effect due to boat speed. The angle of 15o has the best performance with 2 blades propeller.

References

Adji, Suryo W. 2005. Engine Propeller Matching (online)

http://www.google

.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved

=0CC8QFjAA&url=http%3A%2F%2Fml.scribd.com%2Fd oc%2F38994571%2F4-195-Suryo-Adji-ENGINE-

Propeller-Matching&ei=og-WUcecJ4rlrAe0zoBQ&

usg=AFQjCNELIzHyP3j5PhGF_dohVdCU8xZAGw&sig2

=9iJR-ediN9 ea-R9aZN3dsQ&bvm=bv.46751780,d.bmk

Diakses pada 21 April 2013

Admin. 2012. Kapal Nelayan Banyuwangi Tak Punya Pass Berlayar (online). http://rokhmindahuri.info/2012/12/05/kapal-nelayan- banyuwangi-tak-punya-pass-berlayar/ Diakses pada 21

April 2013

Adminda. 2011. Stabiltas Kapal (online)

http://pelayaran.net/stabiltas-kapal/ Diakses pada 8 Mei

Amelwi. 2011. Penerapan Prinsip Bernauli Pada Kapal Layar (online) http://amaliandini.wordpress.com/2011/03/08/penerapa n-prinsip-berna bernoulli -pada-kapal-layar/ Diakses pada 8 Mei 2013

Daryanto. 2008. Teknik Merawat Auto Mobil Lengkap.

Bandung: Yrama Widya

Daud, Kilmanun Anthon. 2012. Tinjauan Pustaka. Institut Pertanian Bogor (Online) http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/5660

/

adk_BAB%20II%20Tinjauan%20Pustaka.pdf?sequenc e=6 Diakses pada 21 April 2013

Dewi, Kemala. 2012. Keadaan Umum. Institut Pertanian

Bogor (Online)

http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/4710

/Bab%20IV%20Keadaan%20umum%20C11sdb-

pdf?sequence=8 Diakses pada 21 April 2013

Elyas. 2008. Nelayan Muncar. (online) http://elyas- bwi.blogspot.com/2008/12/ nelayan-muncar.html. Diakses pada 21 April 20013.

Farhan, Ibnu Almer. 2012. Koefisien Drag CD Terhadap Pola Aliran (Online) http://almer- farhan.blogspot.com/2012/05/koefisien-drag-cd-terhadap- pola -aliran.html. Diakses pada 12 Juni 2013

Fisikastudycenter. 2012. Fluida Dinamis. (Online) http://fisikastudycenter.com/ fisika-xi-sma/38-fluida- dinamis. Diakses pada 30 April 2013

Handayani. 2011. Penggunaan Azimut Podded terhadap Kemampuan Manuver Kapal. (Online). http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/

/File%20Skripsi_Handayani_D33107016.pdf?sequence

=2 Diakses pa-da 21 April 2013

Harnita. 2012. Studi Pengaruh Bentuk Bulbous BOW Terhadap Tahanan Kapal Layar Motor Tradisional Melalui Uji Model (online) http://repository.un has

.ac.id/handle/123456789/1342

Istiyono, Edi. 2006. Fisika Kelas X Semester 1. Klaten: Intan Pariwara

Julianto Sasono Eko. 2009. Pemakaian Baling-Baling

Bebas Putar (Free Rotaring Propeller) Pada Kapal. (Online). http://www.scribd.com/ doc/77822665/EKO- JULIANTO-S Diakses pada 21 April 2013

Julianto Sasono Eko. 2013. Pengaruh Bentuk dan Berat

Dalam Perancangan Kapal Barang Cepat (Online). http://www.google.com/url?sa=t&rct

=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CC8QFjAA&ur l=http%3A%2F%2Fwww.animalproduction.net%2Findex.p

hp%2FJAP%2Farticle%2Fdownload%2F163%2F152&ei=

ChCWUbHXA8ujrQeCk4HwDg&usg=AFQjCNGhKfgDm MuJVq4T8F5vdUkthZOopg&sig2=EfqwW2JD5CnQ3w7g YjrRpw&bvm=bv.46751780,d.bmk Diakses pada 21 April

Lendri. 2010. Penangkapan Ikan, Kapal Perikanan (online). Http://Learnysyafira. blogspot.com/2010/09/kapal- perikanan.html?m=1 Diakses pada 29 April 2013

Marine. 2011. Analisa Teknis Perencanaan Sistem Propulsi Ferry Cepat 200 Penumpang Rute Padangbai– Lembar (online). http://pmahatrisna.word press.com

/2011/04/27/analisa-teknis-perencanaan-sistem-propulsi- ferry-ce pat-200-penumpang-rute-padangbai-lembar/ Diakses pada 25 April 2013

Moses. 2011. Stabilitas Pada Kapal (Online) http://www.maritimeword.web.id/ 2011/03/stabilitas-pada- kapal-bag-1.html#ixzz2N1o9HvTA. Diakses pada 8 Mei

Purwiyanto, Didik. 2012. Tekanan Air Laut yang Bekerja pada Kapal (online) http://www.slideshare.net/ jibrinaddifia/3-tekanan-air-laut-yang-bekerja-pa da-kapal-i-

wayan-punduh

Syambirin, M. 2012. Repowering Kapal Ikan dari Outboard ke Inboard Untuk meningkatkan Efisiensi Kapal. (Online). http://pkpp.ristek.go.id/_assets/ upload/feval/F2_121_Presentasi_Evaluasi.pdf diakses pada

April 2013

Utomo, Budi. 2010. Analisa Kinerja Kemudi Kapal “MV SIRENA” pada Pelayaran Percobaan Kapal Baru. Undip: Semarang

Wahyuddin, Mohamad. 2011. Pengenalan Mesin

Penggerak Kapal (online) http://kapal- cargo.blogspot.com/2011/02/ pengenalan-mesin-penggerak- ka pal.html Diakses pada 21 April 2013

Wahyuddin, Mohamad. 2011. Teori Desain Propeller kapal (online) http://kapal-cargo.blogspot.com/2011/02/ pengenalan-mesin-penggerak-kapal.html Di-akses pada 23

Juli 2013

Wikipedia. 2013. Fluida Newtonian (online) http://id.wikipedia.org/wiki/ Fluida_ Newtonian. Diakses pada 23 Juli 2013

Published
2017-10-19
How to Cite
MunawirA., RubionoG., & MujiantoH. (2017). Studi Prototipe Pengaruh Sudut Kemiringan Poros Baling-Baling Terhadap Daya Dorong Kapal Laut. V-MAC (Virtual of Mechanical Engineering Article), 2(1). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/vmac/article/view/113
Section
Artikel