EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan tujuan mengetahui efektivitas penggunaan metode Problem Based Intruction (PBI) terhadap ketuntasan hasil belajar peserta didik pada materi SPLTV di kelas X. Dengan penggunaan metode Problem Based Intruction (PBI) di harapkan di jadikan inovasi yang baru.
Penentuan responden dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, dan angket. Data yang di peroleh kemudian di analisis secara kualitatif dengan menggunakan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Problem Based Intruction (PBI) pada materi SPLTV kelas XTKJ di SMK NU Rogojampi dapat di laksanakan dengan baik. Bahwa hasil tes siswa memperoleh persentase sebesar 92% yang artinya dalam kriteria sangat baik dan hasil observasi siswa memperoleh persentase sebesar 66,75% yang artinya masuk dalam kriteria baik. Artinya penggunaan metode Problem Based Intruction (PBI) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi SPLTV kelas XTKJ di SMK NU Rogojampi.
References
Amalia, F., & Saukani, S. (2018).Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI DI SMP AR-RAHMAN PERCUT.Farina Amalia : Penerapan Model Pembelajaran problem based intruction (PBI), 2.
Anhar, A., & dkk.(2014). Studi Kelayakan Bahan Ajar Berupa Modul Berbasis Problem Based Instruction (PBI) Pada Pokok Bahasan Kondisi Fisi Wilayah Indonesia Di SMP Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Ahmad Anhar / Edu Geography 3 (1) (2014), 12.
Diani, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Model Problem Based Instruction. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Model Problem Based Instruction, 241-242.
Febrina, T. (2016). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Bua. Prosiding Seminar Nasional Volume 03, Nomor 1, 1.
Indrawati, C. (2018). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Bag Siswa Yang Di Beri Model PBI dan Core Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ampel Kabupaten Boyolali. Cici Indarwati/JMP Online Vol. 2 No. 1 Januari (2018) 11-22, 13
Khanafiyah, S., & Yulianti, D. (2013). Model Problem Based Instruction pada Perkuliahan Fisika Lingkungan untuk Mengembangkan Sikap Kepedulian Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 9 (2013) 35-42, 36.
Muah, T. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9B. Scholaria, Vol. 6, No. 1, Januari 2016: 41 - 53, 44-45..
Pardomuan N. J. M, S. M. (2010). Faktor-Faktor Penentu Keefektifan Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Intruction). Generasi Kampus. Volume 1. nomor 2, September , 74.
Savira Putri, I., & Agustyaningrum, N. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction dan Snowball Throwing Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 51 Batam. Jurnal Mercumatika Vol. 1 No. 2 April 2017, 98.
Sony Bahrudin, M. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada Pokok Bahasan Perbandingan di Kelas VIII C SMP R. Rahmat Balongbendo Sidoarjo. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 200.
Sugiyono, D. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
SUGIYONO, P. D. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development /R&D). Bandung: 370.
Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1, No. 1, 42.
N, H. (2013). Keefektifan Metode Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Hasil belajar. N Hidayah/Chemistry in Education 3 (1) (2014), 20.
Zuliana, E., Bamoris, S., & Diyarko. (2016). Matematika Kelompok Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.