Studi Perbandingan Tingkat Kebugaran Siswa Sekolah Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Kegiatan Sanggar Tari Di Daerah Banyuwangi

  • Puji Setyaningsih Universitas PGRI Banyuwangi
  • Rofik Yuliandi Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Tingkat kebugaran fisik siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah aktivitas fisik yang dilakukan.Kebugaran fisik siswa dapat ditingkatkan salah satunya dengan kegiatan ekstrakulikuler. Kegiatan ekstrakulikuler tari, ditinjau dari aspek jadual dan bentuk latihan, dapat membuat penari mempunyai aktifitas fisik yang berat dan disamakan dengan atlet. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perbandingan tingkat kebugaran siswa sekolah yang mengikuti dan tidak mengikuti kegiatan sanggar tari daerah di Banyuwangi. Sampel penelitian yaitu siswa putra dan putri kelas 4, 5 dan 6 Sekolah Dasar (SD) atau sederajat yang mengikuti dan tidak mengikuti sanggar tari. Usia sumber data ditentukan pada umur 10-12 tahun. Data diambil dengan metode pengukuran langsung menggunakan jenis Tes Kesegaran Jasmani Indonesia atau TKJI. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistik data deskriptif. Perhitungan hasil tes tingkat kesegaran jasmani dianalisis menggunakan deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan siswa putri yang tidak mengikuti sanggar tari 20% ketegori krang sekali, 60% kategori kurang, dan 20% kategori baik. Sedangkan siswa putri yang mengikuti sanggar tari 100% kategori baik sekali. Pada siswa putra yang tidak mengikuti sanggar tari 40% kategori kurang, 40% kategori sedang, dan 20% kategori baik. Sedangkan siswa putra yang mengikuti sanggar tari 100% dalam kategori baik sekali. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti sanggar tari lebih baik daripada tidak mengikuti sanggar tari pada tingkat kebugarannya.

Published
2018-11-21
How to Cite
Setyaningsih, P., & Yuliandi, R. (2018). Studi Perbandingan Tingkat Kebugaran Siswa Sekolah Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Kegiatan Sanggar Tari Di Daerah Banyuwangi. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 1(1), KEP-OR 45. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/173