Analisis Pemahaman Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Terkait Teorema Pythagoras

  • Risa Farroh Maulida Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi
  • Puguh Darmawan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi
  • Novi Prayekti Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Pemahaman matematika merupakan tujuan penting dalam pembelajaran matematika. Konsep pembelajaran matematika yang abstrak membuat siswa merasa kesulitan dalam memahami materi dan menyelesaikan soal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang untuk mendeskripsikan pemahaman calon subjek dalam menyelesaikan soal cerita terkait teorema Pythagoras. Pemahaman yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan indikator menurut Ruseffendi yaitu pemahaman translasi (translation), pemahaman interpolasi (interpretation) dan pemahaman ekstrapolasi (extrapolation). Penelitian ini menggunakan tes tulis dan wawancara. Tes tulis bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa setelah itu dilakukan wawancara terhadap subjek yang terpilih. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 3 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Siswa berkemampuan matematika tinggi menunjukkan siswa cenderung memiliki pemahaman yang baik ditinjau dari pemahaman translation, pemahaman interpretation, maupun pemahaman extrapolation. Siswa berkemampuan matematika sedang menunjukkan siswa cenderung memiliki pemahaman yang cukup baik ditinjau dari pemahaman translation dan pemahaman interpretation tetapi siswa berkemampuan sedang tidak mampu mencapai pemahaman extrapolation.Siswa berkemampuan matematika rendah menunjukkan siswa cenderung memiliki pemahaman yang kurang baik ditinjau dari pemahaman translation tetapi siswa berkemampuan rendah tidak mampu mencapai pemahaman interpretation dan pemahaman extrapolation.

Published
2019-11-29