Strategi Siswa dalam Memecahkan Masalah Statistika
Abstract
Strategi merupakan cara yang dapat dilakukan untuk menyelesaiakan masalah. Strategi ini juga dapat diterapkan siswa untuk memecahkan masalah pada pembelajaran matematika. Pemecahan masalah dapat mendorong dan memberi kesempatan seseorang untuk mampu berpikir sistematis dalam menghadapi masalah dengan menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari. Beberapa strategi yang dapat digunakan siswa dalam memecahkan masalah matematika antara lain: 1) Mencoba-coba; 2) Menemukan pola; 3) Mengabaikan hal-hal yang tidak mungkin; 4) Memandang hal khusus; 5) Menggambar suatu diagram; 6) Mempertimbangkan setiap kemungkinan; 7) Bekerja dengan langkah mundur; 8) Membuat table; 9) Berpikir logis; 10) Mencobakan pada soal yang lebih sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami masalah dan strategi apa yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah yang ada pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis study kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII. Diambil 2 siswa sebagai subjek yang memenuhi indikator penelitian. Pada proses pelaksanaan penelitian terdapat 7 prosedur yang dilakukan. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan wawancara. Soal tes yang diberikan berupa soal cerita pada materi statistika sebayak satu soal. Wawancara dilakukan untuk menambah informasi dan kepentingan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa hanya bisa menggunakan satu strategi yang diajarkan oleh gurunya. Strategi yang digunakan siswa yaitu stategi berpikir logis. Strategi siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi statisrika masih rendah. Siswa mengerjakan terpacu pada proses yang pernah dialami atau sesuai dengan yang dajarkan gurunya.