PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP IPS MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN SELAMA PANDEMI COVID-19

  • Rifky Aisyatul Faroh Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Islam Lamongan
Keywords: Pembelajaran Online, Pandemi Covid-19, Motivasi Belajar

Abstract

Latar Belakang: Pandemi Covid-19 telah mengubah kehidupan masyarakat di segala aspek, termasuk pendidikan. Sistem pembelajaran yang digunakan berubah dari tatap muka menjadi jarak jauh. Hal ini sangat berdampak baik bagi pendidik maupun peserta didik. Oleh karena itu, media e-learning dan motivasi belajar saat ini sangat dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran online dan motivasi belajar terhadap IPK mahasiswa Teknik Elektro. Metode: Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengisian kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada mahasiswa Teknik Elektro di akhir jam perkuliahan. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Variabel yang digunakan adalah dua variabel bebas (Pembelajaran Online dan Motivasi Belajar), dan satu variabel terikat (Indeks Prestasi Semester).
Hasil: Nilai korelasi antara variabel terikat dan variabel bebas masing-masing diperoleh -0,549 dan 0,288. Dari analisis korelasi yang telah dilakukan, Pembelajaran Online dan Motivasi Belajar masing-masing memiliki peranan yang berbeda dalam mendapatkan IPS yang diinginkan mahasiswa. Sedangkan model regresi yang diperoleh adalah:

References

Kaup, S., Jain, R., Shivalli, S., Pandey, S., & Kaup, S. (2020). Sustaining academics during COVID-19 pandemic: The role of online teaching-learning. Indian Journal of Ophthalmology (Vol. 68, Issue 6, pp. 1220–1221). Wolters Kluwer Medknow Publications. https://doi.org/10.4103/ijo.IJO_1241_20
Lausepa, M. R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi di IAIN Ambon. Skripsi tidak dipublikasikan. Ambon: Institut Agama Islam Negeri Ambon.
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same?. Internet and Higher Education, 14(2), 129–135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001
Rista, N. (2021). Pengaruh Media E-Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Ipk Akademik Mahasiswa Stkip Panca Sakti. Research and Development Journal of Education, 7(1), 126. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8409
Sahin, S., & Tuna, R. (2021). The effect of anxiety on thriving levels of university students during the COVID-19 pandemic. Collegian. https://doi.org/10.1016/j.colegn.2021.10.004
Wati, R. (2009). Hubungan Antara Motivasi Belajar Mahasiswa, Kualitas Pelayanan Dosen Dan Karyawan Serta Ketersediaan Fasilitas Belajar Dengan Prestasi Belajar. Skripsi tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Published
2022-01-29